Do you remember your first day of work?

Kenapa tiba tiba nanya begini? Biasa, baru mulai nonton kdrama baru lagi. Sekali ini judul kdrama baru-nya berjudul Black Dog. Kayanya sih Black Dog ini ga ada hubungannya dengan depresi, atau mungkin belom aja? Karena Ma baru nonton dua episode juga sih. But so far I like it.

Jadi ceritanya itu tentang kehidupan guru kontrak di Korea, dan pemeran utama-nya itu waktu sekolah pernah hampir meninggal karena kecelakaan mobil tapi diselamatkan sama gurunya. Akhirnya gurunya meninggal dan dia selamat. Dia merasa bersalah dan simpati sama keluarga gurunya yang meninggal itu karena keluarganya juga ga dapet santunan karena dia guru kontrak, alias ga dapet benefit layaknya guru tetap.

Pertanyaan yang muncul di kepala-nya adalah “Kenapa guru itu mau nolongin siswanya padahal dia juga cuma guru kontrak, kenapa merisikokan diri untuk siswanya? Apa motivasinya?”

Long story short, dia tetap berhubungan baik dengan keluarga gurunya yang meninggal itu, tiap hari datang ke toko istri guru yang meninggal itu. Dia juga berencana untuk jadi guru, dan akhirnya dia jadi guru juga.

Baru mulai kerja hari pertama udah ada masalah, karena ternyata om-nya dia semacam ketua bagian admission di sekolah itu jadi dikira dia dititip PADAHAL NGGAK! Walhasil dia disirikin sesama guru baru dan disinisin sama guru seniornya. Langsung dapet tag “guru jalur nepotisme” di jidadnya.

Sedih dong? Oh jelas!

Dia pengen banget jadi guru, udah susah susah berjuang biar jadi guru, langsung runtuh dalam satu hari (kesannya mungkin gitu ya waktu itu) dia sampai mau langsung berenti hari itu juga. Untung aja ada salah satu guru yang dengerin obrolan mereka berdua dan tau fakta bahwa dia bukannya dititip, dan menyemangati dia supaya ga berenti langsung.

Yang paling berkesan itu, ada scene dimana pemeran utamanya berdiri sendirian di depan kelas kosong di hari libur kelas. Dia berdiri sambil menggenggam tangannya dan nangis. Waduh.

Suddenly it hits me.

She really really really wants to do it, to teach, to be a teacher. But things got bad so fast and there’s nothing she can do. That feeling, I relate to it a lot.

Kebayang aja, our first day of work turned out to be the worst day. Aku setelah itu berusaha mengingat-ingat tentang pengalaman “first day of work” aku. Aku secara umum mengalami tiga kali “first day of work” sejauh ini. Di Azzahra, di FK, dan di FKM. Kalo mau dibandingkan sama kejadian di film tadi, kondisi aku kayanya ga ada se-ujung jarinya juga.

Tiga tempat kerja aku punya tantangan yang beda-beda di hari pertama-nya. Di Azzahra tantangannya adalah 0 pengalaman tapi pengetahuan dan semangat baik. Ma yudisium 14 Februari dan mulai kerja 15 Februari. Ma masih inget sampe hari ini tugasnya, disuruh bikin IGD. Kalo di FK mirip juga, kurang pengalaman dan pengetahuan malahan, karena topik yang Ma diminta ngajar itu ga sesuai dengan basic keilmuan S2 Ma. Terpaksa belajar dari 0 lagi, mana waktu itu dosen divisi yang Ma pegang semuanya lagi jadi “pejabat” kampus, jadi Ma ngisi kelas koas dan preklinik-nya sendirian.

Kalo di FKM tantangannya beda sendiri, karena posisinya udah 8 taun kerja dengan tingkat pendidikan yang lebih di banding 8 tahun yang lalu, jadi pengalaman kerja dan pendidikan formal meningkat, saatnya langsung kena drama politik kampus sedari dini.

Karena yang di FKM ini beda sendiri, Ma agak bertanya-tanya, apa Ma menurun semangat dan feel-nya setelah makan “asam garam” kehidupan? Apa value Ma berubah? Apa Ma jadi lebih permisif atau malah jadi lebih kaku? Apa Ma bisa lebih sayang sama FKM daripada FK yang almamater Ma sendiri?

Muter muter mikirnya

I really hope I won’t lose my values and faith to live my life well. I hope I can deal with those dramas and get over with it ASAP. Titip doa ya teman teman. 🙏🏼❤️

0 Responses to “Do you remember your first day of work?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 924.425 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?