2017 and a closure

Niatnya mau ditulis sebelum 2017 selesai, tapi ternyata ngantuk, jadi akhirnya ditulis sekarang. Gak penting, gak diniatin untuk ditulis panjang panjang juga. Cuma usaha untuk mempertahankan mood positif sampe awal 2018 dan sampe blogpost ini berhasil ditulis susah juga ya ternyata. 😆

Anw,  yang gak sabar banget untuk ditulis itu adalah Ma akhirnya ketemu Sora lagi setelah sekitar lima tahunan gak ketemu dan kontak. Sekarang berhasil memberanikan diri karena akhirnya udah punya muka lagi buat ketemu, karena udah berhasil, walaupun sedikit, buat ada progress terkait masalah yang Ma pernah ceritain ke Sora. Lima taun, lama juga ya sebenernya kalo dipikir-pikir. Ternyata buat sebagian hal, atau buat beberapa orang, mengubah sesuatu yang keliatannya gampang itu bisa sampe selama itu.

Masalahnya tentang apa? Kurang lebih terkait sesuatu yang sampe bikin Ma nulis “Menjadi Kartini” buat resolusi 2013 dulu. Emang sekarang udah jadi Kartini? Ya belom, dan sebenernya artinya jelas gak se-literal itu. Kalo dipikir-pikir sekarang 2013 itu tahun yang paling banyak perubahan di Ma, termasuk turun 18 kilo (yang sekarang udah naek lagi, sedih) dan masuk sekolah lagi (yang sering Ma jadiin alesan naek berat badan). Jadi kalo dipikir-pikir, usaha berubahnya itu langsung kok, nggak ditunggu tunggu 2017 dulu. Tapi berasanya dan beraninya ya di 2017 ini, karena semacam ada closure, closure-nya ya karena udah selesai sekolah. Jadi kesannya official, semacam “fix aha finally” gitu. 😆

Ah iya, Ma udah selesai sekolah! Belom official sih, karena wisudanya nanti akhir bulan ini, tapi ujian udah selesai, jadi tinggal wisuda aja, semacam formalitasnya gitu sih. Ini juga, awalnya niat sebelom 30 udah lulus (the audacity!) eh ternyata dunia ini nggak bisa ngikutin maunya kita aja ya, ya udah deh beres 2017 Agustus, eh ternyata masih ada halangannya, akhirnya November. Kena wisuda Januari deh, seminggu sebelum ulang tahun ke-32. Telat hampir dua taun deh ya. Ohwell.

Funny story, Ma baru berasa beneran jadi mahasiswa ini baru dari late 2016-awal 2017 lho, padahal kuliah udah dari 2013 akhir. Soalnya dari 2013 beneran bolak balik seminggu sekali, dan sebenernya banyakan kerjanya dibanding sekolahnya. Belom lagi Ma kerja di dua tempat, bukan satu tempat, jadi kalo lagi di Palembang, ya nggak ada jatah buat sekolah, semua jadi buat kerjaan di rumah sakit, atau di FK, atau urusan personal di rumah. Jadi begitu akhirnya bisa dapet izin buat mukim di Jogja, jadi diusahakan selesai secepetnya. Sekolah empat tahun lebih tapi berasa sekolah benerannya gak sampe setahun, if only ya, tapi ya namanya juga kondisi. It’s okay now.

Selama 2013-2016 pun jauh banget dari definisi mulus lancar jaya ya. Mungkin periode 2013 – awal 2014 masih aman jaya, karena baru mulai masuk sekolah, kerjaan masih aman bisa kehandle sambil disambi bikin proposal, bolak balik kadang Selasa-Sabtu, kadang Rabu-Sabtu, kadang seminggu full di Palembang. Akhir 2014 – tengah 2015 yang paling berat sebenernya untuk urusan sekolah dan kerjaan. BPJS udah mulai berasa di rumah sakit, pasien turun, masalah perizinan (yang ternyata berakhir dengan sesuatu yang gak bisa dituliskan) yang ribet dan bikin emosi jiwa, kasus kemalingan di rumah sakit juga, kebetulan juga sekalian Sara mulai sekolah di Jogja. Sara sekolah di Jogja gak bikin susah sih, malah Ma jadi ada temennya di sini, tapi jadinya di Azzahra kurang satu orang yang biasanya bantuin Ma ngawasin dan dobelcek hal hal kecil karena dia lebih teliti dari Ma. Belom lagi kenyataan kalo beberapa kali ada masalah nggak penting yang sangat merugikan Ma selama pembuatan proposal sampe kompre, yang akhirnya keulang lagi setelah rapat kelayakan. Kadang-kadang masalah kultur ini susah emang untuk bener-bener ilang ya. Drama deh pokoknya, sebel.

Setelah sangat banyak drama yang panjang, nyebelin, ngabisin waktu, duit, emosi, mengorbankan waktu sekolah (Ma semester 3 sama semester 5 hampir gak pernah di Jogja, juga ada yang bikin urusan proposal yang harusnya aman jaya semester 3 mundur sampe semester 4, ambil data mundur juga sampe hampir satu semester), sampe tengah 2016, akhirnya setelah diusahakan tetap ngerjain penelitian yang selesai di bulan November, it’s time for me to take care of myself for the first time over those years (dan karena beasiswa udah abis, harus bayar SPP sendiri itu wake up call banget!), balik ke Jogja awal Desember untuk nyelesaikan artikel dan disertasi. Long story short, selesai juga akhirnya. AKHIRNYA!

BTT, jadi udah selesai sekolah, juga berencana buat lebih mandiri juga, letting some things in my life go, and move on with my life right now. Kurang lebih udah lebih mendekati dengan resolusi 2013 yang lalu lah ya. Akhirnya Ma berani ketemu dan laporan sama Sora. I’m so happy, like so very happy. Rasanya kayak ada satu check-list yang bisa dicontreng setelah sekian lama nyangkut gitu. Mungkin bukan closure kali ya terminologinya, tapi gak tau apa yang pas dipake. Kurang lebih kayak gitu deh.

So, resolusi 2018-nya? Menyempurnakan dari resolusi 2013, bener bener jadi Kartini. Kalo bahasanya Sora, berhenti untuk tumbuh di bawah bayang bayang pohon yang menghambat diri sendiri. Juga untuk lebih peduli sama diri sendiri, mengutamakan diri sendiri, menghargai diri sendiri, sayang sama diri sendiri.

Percaya apa nggak, punya hobi suka sama iKON itu membantu untuk beberapa bagian, salah satunya tentang mengutamakan diri sendiri. Sekali sekali mengutamakan diri sendiri itu penting, ya iyalah penting. Having hobby is good and important for me and my sanity. Ma juga tau cara menyeimbangkannya, kerjaan jalan, hobi jalan, duit nggak hilang. Win win situation jadinya. Gak perlu izin/pamit sama orang lain, gak perlu mikirin atau malu sama orang lain dengan hobi yang dipunya. Well I’m not using other people’s money and not harming other people. so I’m doing this for myself. Buat orang lain sih ya no big deal ya, tapi buat Ma yang terlalu banyak mikirin yang bukan diri sendiri, ini big deal banget. 😀

Jadi kurang lebih laporannya kayak gitu ya. I finished my doctoral, I met Sora after all this time, I am happy and content with myself, and I love my hobby. Happy New Year, everybody. ❤

Cheers!

PS: I’m still on process, I hope I keep on changing to be a better person, please pray for me. 🙂

7 Responses to “2017 and a closure”


  1. 1 gorden rumah sakit} Februari 7, 2018 pukul 11:04 am

    Ӏ used to Ьe able to find good infoгmation from үour blog articles.

  2. 2 jual gorden rumah skait Februari 7, 2018 pukul 11:51 am

    Ι ᥙsed tо be suggested thіs blog by my cousin. I’m not sure
    ѡhether or not thiѕ publish is written by way ߋf him aѕ no one еlse realize ѕuch designated approximаtely my trouble.

    Υou’re amazing! Thanks!

  3. 3 jual gorden rumah sakit Februari 13, 2018 pukul 7:11 am

    Нellⲟ, this weekend is pleasant designed fօr me, as thіѕ moment i am reading thiѕ impressive educational piece
    οf writing һere at my home.

  4. 4 gorden rumah sakit Februari 13, 2018 pukul 7:36 am

    It’s genuinely vеry difficult іn thіs active life to listen news
    on TV, ѕo I simply usе the web fоr thɑt purpose, and takе
    thе most rеcеnt news.

  5. 5 Lutiuheh April 14, 2018 pukul 10:37 am

    Missing it, the ball landed between her back and the back of her seat.
    Latest posts by Brad Kyle (see all)Astros Keeping Eye On Carlos Correa’s Brother, JC Correa – .
    It creates intrigue for the player, which could lead to people watching more MLB if only to watch Judge play.

    simply need to step out on that ice and play their game, using their speed, depth, and scoring talent to just overpower the Blue Jackets.
    Per My NHL Trade Rumors, the interest in Vrbata dissipated when the Panthers acquired Thomas Vanek from the Detroit Red Wings.

  6. 6 bahan gorden rumah sakit November 16, 2018 pukul 7:37 am

    This paragraph will help the internet viewers f᧐r building uр
    new weblog ߋr evеn a weblog from start tߋ end.

  7. 7 model gorden untuk rumah sakit Desember 7, 2018 pukul 6:52 am

    Exceptional post һowever I was wondering if үou coulⅾ write a litte morе on tһis
    subject? I’ɗ be very grateful іf you could elaborate a littlе Ьit
    more. Tһanks!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 888.063 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?