Rute, Peta TransJogja, dan jalur favorit Ma.

Selama dua tahun terakhir Ma di Jogja, Trans Jogja ini udah sukses jadi kendaraan umum andalan Ma yang gak bisa naek motor, sepeda, dan mobil ini. Udah harganya murah, akses lumayan luas dan jalurnya mudah dimengerti. Yah, pasti ada sih plus-minusnya, apalagi kalo mau kita bandingin sama BRT di kota lain kayak di Jakarta, Palembang, Solo, dan kota kota lain yang mungkin ada juga tapi Ma belom pernah cobain naek.😆

Diambil dari sini.

Diambil dari sini.

Selain dalam bentuk peta, rute TransJogja juga bisa dilihat disini yang ada penjelasan tertulisnya dalam bentuk pdf.

Emang, apa plus-minusnya?

:mrgreen: Halte banyak, dan banyak di tempat wisata. Kita bisa jalan keliling Jogja dengan naek TransJogja. Terutama kalo waktunya santai ya, soalnya jalurnya rada muter.

:mrgreen: Lumayan murah, terakhir harganya 3600, kalo pake kartu jadinya 2700. Apalagi kalo hari-hari tertentu dengan kartu prepaid tertentu ada diskon khusus lagi (misalnya Flazz jadi 1500 di Senin, Rabu, Jumat dan Brizzi jadi 1500 di Selasa)

:mrgreen: Waktu operasional lumayan panjang, jam 6 pagi s/d jam 9.30 malam. Tapi kadang kalo kita dateng jam 9 lewat suka dibilangin tutup atau takut gak sampe ke halte yang kita tuju. Kalo Ma sih biasanya jawab “Ya sesampainya aja mas/mbak.”

:mrgreen: Petugas di halte yang informatif dan lumayan ramah.

mrgreen: Petugas di halte dan di bus rata-rata bisa bahasa Inggris.

😥 Suka berubah jalur kalo lagi macet, kadang gak bilang bilang.

😥 Supir sering ngebut parah dan langsung jalan sesaat sesudah orang terakhir masuk. Boro boro duduk, pegangan aja belom.

😐 Halte portabel (yang kayak podium) cuma bisa dipake naik kalo kita punya kartu prepaid apapun. (strateginya bagus sih)

😐 Jalur bolak-balik nggak sama jadi kita gak bisa sekedar naek 3A pulang 3B, karena halte gak selalu sama-sama ada di kiri-kanan jalan.

😐 Jarak tunggu paling lama Ma pernah kena 45 menit, mungkin itu lagi ekstrim kali ya. Rata rata 10-15 menit kalo normal.

😐 Belom banyak aplikasi smartphone yang okeh dan database di Google Map. Gimana caranya transportasi umum utama di Jogja gak masuk di “direction”-nya Google Maps? Masalah aplikasi, dulu Ma pernah pake aplikasi resminya yang butuh paket data, alias nggak bisa dipake offline, tapi tahun lalu Ma uninstall karena nggak bisa dibuka lagi, katanya sih waktu itu maintenance, tapi bulanan. Ya akhirnya di-uninstall. Sekarang mungkin udah ada aplikasi alternatifnya, tapi Ma belom dapet yang pas. Kalo mau coba mungkin bisa pake yang ini atau yang ini juga boleh, tapi dua duanya maenan GPS dan paket data. Jadi gak bisa dipake offline. Btw, ada lokasi halte TransJogja yang di-pin orang di Google Maps.

😦 Mungkin bukan minus-nya di busnya, tapi di penumpangnya. Nggak terlalu peka buat ngasih duduk sama yang lebih tua (di sini nenek-nenek banyak yang naik busway) dan/atau ibu dengan anaknya.

😥 Halte portabel nggak ada di peta manapun~ T_____T

😥 Jenis bus nggak standar, dan beberapa kali rusak. Bentuk kursi, kayak di 2A dan 2B ada kursi ngadep belakang-nya, di 3A dan 3B sejauh yang Ma lihat gak pernah ada. Beberapa kali AC nggak dingin, pintu nggak bisa dikunci, dan mesin bunyi ngeri banget. Untungnya begitu sampe ke halte transit atau halte yang agak besar, diminta pindah ke bus lain.

Sebenernya, kenyataan kalo halte portabel itu gak ada di peta itu jadi bikin hunting-hunting bergembira sih. Seru banget kalo tiba tiba ketemu halte portabel yang ternyata deket sama tempat makan yang Ma suka. Ma punya beberapa halte portabel favorit yang sering banget Ma pake. Eh tapi jangan lupa, harus bawak kartu ya. Flazz, e-money, Brizzi atau BNI tapcash bisa semua lho!😀

1. Halte 3A dan 3B Jalan Kaliurang KM 5. Seberang Hotel Vidi.

20150724_091328

Halte portabel idola! Tempatnya strategis banget, di tengah tengah jalan Kaliurang atau yang nama gaulnya Jakal. Kebetulan haltenya seberangan gitu, jadi pas banget 3A dan 3B-nya. Di kiri-kanan jalan banyak makanan, jasa print-jilid, pokoknya semua kelengkapan mahasiswa dan anak kosan lengkap ada di sini. Kebetulan sekarang kosannya Sara deket sini, jadi kalo mau kuliah langsung naik 3A aja.😀

halte1Karena di Google Map nggak nongol halte-nya, tandainnya di “Quadra Jakal” aja, karena halte 3A-nya persis di depannya.:mrgreen:

2. Halte 1B di seberang RRI, alias Halte Sushi Tei!

halte2

Ma bukannya segitu banyak duitnya sampe mau makan Sushi Tei tiap hari lho ya, hell, Ma malah ke Sushi Tei naek busway, kurang pelit apa coba? Tapi kenyataan kalo Sushi Tei itu bisa dijangkau dengan naek TransJogja itu beneran bikin hepi lho. Naiknya di jalur 1B, yang biasanya populer dinaikin orang orang yang mau ke Ambarukmo Plaza atau Lippo Mall. Masalahnya, kalo dari UGM, terutama Sardjito, kita harus naek 3B dulu ke halte transit Condong Catur baru ganti ke 1B yang biasanya bisa nunggu sampe 30 menit. Kalo hoki sih langsung dapet bisa sih, tapi Ma biasanya gak se-hoki itu.

Kalo kebetulan posisi kita di daerah IPS-nya UGM, alias di sebelah timur (daerah psiko, ekonomi, hukum, masjid UGM, atau FIB), kayanya lebih deket langsung jalan ke halte 1B dan 2B yang ada di seberang RS Panti Rapih, gak pake acara nunggu ganti bus deh. Di belakangnya Sushi Tei, alias daerah Demangan Baru, itu banyak tempat makan lucu sama factory outlet gitu. Kalo udah kenyang makan di Sushi Tei bisa juga kayanya jalan kesana buat cuci mata.😛

Nah, gimana pulangnya dari sana? Karena haltenya gak seberangan, alternatifnya dua. Kalo mau ke 1A alias ke Malioboro, kita bisa naek bus yang sama, turun di halte setelah itu, nyebrang dan naik lagi di arah seberangnya. Tapi bayar dua kali sih jadinya. Bisa juga kalo mau balik ke Condong Catur lagi, jalan kaki dikit (Ma gak tau berapa meter-nya, sekitar 200m?) ngelewatin RS Bedah dikit, ada halte yang seberangan. Bisa kita pilih sesuai arah yang kita tuju.😀

3. Halte 3B Bhayangkara. Halte pulang dari Malioboro!

halte3

Jalan ke Malioboro ini semacam tempat wajib kunjungan wisata kalo jalan ke Jogja. Yang jadi masalah, karena daerah sana macet, dan jalan satu arah (jadi haltenya gak seberangan), kalo mau pulang, kita perlu naek apa aja (1A, 2A, dan 3A) ke Ngabean dulu baru naek 3B untuk arah pulang, tapi busnya suka lambet datang, seringkali penuh (karena trayek idola #halah) dan biasanya ditolak sama petugas kalo udah jam 8-an dengan alasan takut gak sampe ke halte tujuan. Jadi jalan kaki dikit ini bisa mengurangi risiko harus naek taksi karena udah kemalaman dan gak dapet bus. Lokasi halte portabel ini persis di depan GKI Ngupasan, lumayan ngejreng kok, tapi emang kurang populer.

PS: Hati hati ya, kalo lagi musim liburan yang macet, kadang trayek 3B nggak ngelaluin jalur ini, jadi dari Ngabean mereka langsung bablas lurus aja, gak belok ke Jl Bhayangkara lagi. Saran berikutnya kalo udah mau jam 8, bus 1A, 2A dan 3A lagi MIA, minta anter becak aja dari Malioboro ke ngabean, sekitar 10 rebu deh bayarannya. Mau jalan kaki? Boleh boleh.😆

Aduh, lelah dan ngantuk ya. Sampe typo melulu. Maaf kalo ada info yang salah atau kurang lengkap. Sila tulis di komen supaya bisa diperbaiki. Makasih semuanya, see you soon! Kalo mau maen ke Jogja kabarin ya, Ma jadi guide deh.😀

3 Responses to “Rute, Peta TransJogja, dan jalur favorit Ma.”


  1. 1 Najwaa Mulya Fitrisia November 24, 2015 pukul 7:49 pm

    ma kalo mau ke lippo mal halte TJ ny itu ada nggak? kalo ada namanya apa?

  2. 2 bellaselvia Januari 19, 2016 pukul 10:35 am

    Aku mau kejogja Ma 10febr 2016 iniiiii. Ah bisakah anda menjadi tourguide saya disana ?

  3. 3 misshale Mei 11, 2016 pukul 8:01 pm

    Ma..sy mau k jogja tp agustus, agustusan d jogja keren kykx yah? Macet banget gak yah?
    Ma..jd guide sy boleh? Hehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 757,648 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?