Budget (k-pop) travel to Seoul

Ma kayanya terlalu banyak berharap supaya bisa traveling dengan lebih hemat di Seoul deh, soalnya begitu sampe, Ma langsung sadar kalo negara ini sebenernya gak se-friendly itu sama turis, terutama turis kere budget, sampe lebih dari tiga kali sehari lebih dari frekuensi makan kesebut kalimat “dasar negara kapitalis!” Kalo ditanya ‘Ma pengen ke Seoul lagi gak?’ hari ini, minggu kemaren, atau waktu Ma lagi disana, jawaban Ma bakal sama, ‘Nggak! (Kecuali bisa ketemu YG Family~~)’ Tapi, karena udah disana, kita tetep usahain buat bisa menikmati jalan disana dengan dana sehemat mungkin. Hwaiting!

CAM09295

Ah iya, untuk bahasan tentang beberapa tempat spesifik, barang yang perlu dibeli begitu sampe, dan makanan halal bakal Ma pisah, soalnya takut kepanjangan. πŸ˜€

Lokasi tempat jalan-jalan budget.

1. Istana-istana, museum, art gallery.

Sebagian gratis, sebagian bayar dikit. Kalo mau masuk kesana gratisan, datang di hari Rabu minggu terakhir tiap bulannya!

Bisa koleksi stempel juga kalo kita jalan-jalan ke istana, museum, sampe art gallery. Tapi art gallery muahal!

Bisa koleksi stempel juga kalo kita jalan-jalan ke istana, museum, sampe art gallery. Tapi art gallery muahal!

Semacam tempat foto-foto gratisan, kesannya ada titik tradisional di tengah kota.

Semacam tempat foto-foto gratisan, kesannya ada titik tradisional di tengah kota.

2. Gedung Manajemen Artis.

Terutama buat Kpop Lover, jangan lupa buat bertandang ke gedung manajemen artis favorit kalian. Kalopun nggak naksir banget-banget, ya sekedar foto di depan SM, JYP, FNC, dan Cube yang tempatnya deketan semua, terus masuk ke cafe Cube (dan foto-foto di dalamnya) juga lumayan menyenangan kok. Kalo mau ke YG harus agak berusaha jalan jauh dikit sih, tapi kalo pas mau jalan ke Hongdae, pas juga.

Kalo kalian pengen bisa ketemu sama artisnya, rajin rajin dateng dan ngobrol sama sesama fans disana. Waktu Ma sama Sara ke SM iseng iseng, karena kenalan sama fans yang lagi berdiri disana kami jadi tau kalo hari itu, bentar lagi TVXQ dan EXO bakalan nongol. Hepi ga? Hepi banget!

3. Nge-mall lucu lucu!

Kalo kita jalan ke negara lain biasanya males banget ke mall kan? Kalo ke Korea jangan males, soalnya biasanya banyak banget pop-up store, fan meeting, sampe ada acara besar di mall itu. Banyak spot foto-foto lucu lagi~ Pas dateng kemaren, ada Klive, SM Artium dan kebetulan liat red carpet-nya SBS Entertainment Award di mall! Ada Yoochun sama Park Shinye!!! Keren bener!! Nanti tentang tiga-tiganya dipost terpisah deh, fotonya banyak bener soalnya~ πŸ˜€

A post shared by Sara (@saraazzahra) on

Jun Jihyun super deket! Dia cuma pake dress tipis di suhu sedingin ini~~

Jun Jihyun super deket! Dia cuma pake dress tipis di suhu sedingin ini~~

4. Stasiun TV

Semacam berkumpul di satu tempat khusus, dan banyak spot foto-foto. Kadang kita juga bisa liat acara radio, atau kalo pas artis lagi ada schedule, dijamin hectic.

CAM09250

5. Myeongdong!

Belanja, jalan jalan di sepanjang Myeongdong dan beli makan di pinggir jalan-nya, ngeliatin diskonan di sana, oke banget! Beli DVD Korea di sini lebih murah daripada beli di tempat resmi-nya. Di seberang toko DVD, ada toko makanan yang imo-nya ramah, dan tteokpokki-nya enak!

Ah iya, salah satu snack enak di Seoul itu semacam roti goreng dikasih kacang merah sama madu, namanya Hotteok, dan di Myeongdong ada yang jual dan ada logo Halal-nya, jadi kalo mau lebih aman, ya bisa beli disana. πŸ˜€

Warung Hotteok halal di Myeongdong! Enak lho~

Warung Hotteok halal di Myeongdong! Enak lho~

Jalanan keren semacam Garasugil.

Tempatnya lucu lucu, kalo mau masuk juga bagus. Sepanjang jalan isinya toko lucuuuu semua~~ Kata Sara sih di Insadong juga gitu, tapi Ma kemaren gak sempet kesana. 😦

Toko lucu dan unik di sepanjang Garasu-gil ini~

Toko lucu dan unik di sepanjang Garasu-gil ini~

Kemaren sempet masuk ke salah satu cafe-nya, cafe yang ada di lantai dasar dari museum tas, keren banget!

Daerah sekolahan semacam Hongdae dan Konkuk.

Lebih lively, lebih hectic, lebih kerasa di Korea-nya. Kemaren Ma gak sempet ke Hongdae, tapi kata Sara ramenya dua kali lipat dari Konkuk. Kalo mau ke toko kosmetik atau toko toko merk Korea yang biasanya banyak diskonnya, lebih mending beli disini daripada di daerah Myeongdong. Karena disini diskonnya lebih banyak, kalo di Myeongdong lebih sering diganti dengan sampel gratisan. Kita butuh diskon dan bonus, bukan sampel! #halah

Parfum favorit Mama, diskon 50% di Konkuk!

Parfum favorit Mama, diskon 50% di Konkuk!

Nandaemun Market

Belanja oleh oleh, beli kamera, kayaknya hampir semua ada di sini. Jangan cape keliling, kita bisa dapet kaos I Love Korea 10rb KRW dapet 3, alias 1-nya 40rebu, dan sendal rumah ala Korea 2rb KRW alias 25rebu. Oleh oleh paling murah itu ya rumpul laut yang 5rb KRW sebungkus isi 28 pcs. Masalahnya cuma satu, ukurannya lumayan gede dan takut remuk. Jadi dilema bawanya gimana, gitu. πŸ˜›

Nonton Recording Acara Musik dan Fan Meeting.

Gratis sih, tapi ngantrinya lumayan lama dan kadang sering gak dapet. Jadi ya kecuali kalo niat banget, atau beruntung banget, ya mending ngabisin waktu kita jalan-jalan aja. Tapi katanya sih yang turis luar lebih mungkin masuk itu di M Countdown dan Pop In Seoul. Kalo beruntung, bisa dapet juga hadiah dari artis-nya lho! Kayak temen Ma yang ketemu di Korea ini, dia dari Bogor, panggilannya Chong, dia dapet ikut nonton recordingnya M Countdown, dapet Heat Pack dari Rap Monster-nya BTS, nyolek coat-nya Suho, eh ketemu Lovelyz juga di fan meeting-nya, keren ya?

Banyak tempat yang bisa didatengin di Seoul, tapi masalahnya yang gratisnya gak terlalu banyak. Karena Ma bawaannya sering bete kalo harus bayar duit lebih untuk benda benda yang biasanya di negara lain gratisan, jadi harus mengusahakan cari yang se-hemat mungkin. πŸ˜›

Ke cafe punya artis (dan kadang bisa ketemu sama mereka juga lho!)

Mouse Rabbit, Kamong, Viva Polo, masih banyak lagi tempat makan punya artis. Tapi Sara bilang sebagian harganya amit amit, jarang juga ketemunya. Jadi kalo kita bertiga, beli makannya satu aja buat rame-rame. Huahahahaha~~

Khusus buat Mouse Rabbit, harganya termasuk rata-rata, malah cenderung murah, dan enak! Surprise utama-nya adalah ketemu sama YESUNG!!! Foto fotonya juga dipisah deh, spesial soalnya. :mrgreen:

Yummy food @ Mouse Rabbit!

Yummy food @ Mouse Rabbit!

Ah iya, pas ke Kamong ketemu kakak perempuannya Kai, dan di cafe Papa-nya Chanyeol, kami foto sama beliau, tapi dia bilang ‘No Internet’, jadi baiklah~ 😦

—–

Persiapan yang perlu dibawa dari Indonesia:

1. Indomie!

Indomie ini penyelamat selama perjalanan, terutama di winter. Dinginnya ya Allah luar biasa! Karena harganya murah, itu juga jadi alasan berikutnya buat nyetok. Indomie ala Korea harganya minimal 1000 KRW alias 12rebu, belom pasti halal juga~ Jadi dengan nyetok indomie, minimal kita gak perlu makan malem, kecuali sekali kali mau nyicipin makan malem pake gorengan atau tteokpokki yang banyak dijual di pinggir jalan malem hari, sekalian merasakan gaya makan pinggir jalan-nya Seoul. Kayak di K-Drama ya? #halah

2. Tempat lebih longgar di koper.

Koper? Iya, koper. Rasanya sayang banget kalo kita ke Seoul gak bawak koper. Sama sayangnya (dan nyeselnya) kayak ke Taipei gak bawak koper. Tambah dikit deh budget pesawat kita untuk beli bagasi (buat yang pake AirAsia atau LCC lainnya). Kalo mau lebih hemat, berangkatnya gak usah pakek bagasi, pulangnya aja pake bagasi. Tinggal beli duffel bag lipet dan dimasukin dalem koper kabin kita.

Ah iya, perhatiin tipe airlines kamu ya, di Korean Air misalnya, mereka hitung banyaknya bagasi yang dimasukin, gak cuma kilo. Kalo di Garuda atau AirAsia gak masalah mau cuma satu tapi gede banget atau empat tapi mini mini~

Kenapa perlu belanja di Seoul? Nanti kita bahas di bagian terpisah.

3. Sedikit ilmu Hangul dan Aegyo.

Hangul itu tulisan Korea, dan Aegyo itu semacam bergaya imut imut. Sebenernya gak ada masalah sih kalo kita gak bisa Hangul, tapi jauh lebih memudahkan kehidupan. Soalnya di bus itu tulisan nama halte-nya pakek Hangul, dan naek bus itu lumayan efektif dan menyenangkan karena sekalian bisa liat pemandangan sekitar dengan harga flat, 1050 KRW. Selain itu, sedikit kata dasar bahasa Korea juga lumayan efektif buat bikin mereka mau dengerin dan ngerespon kita.

Ini salah satu penunjuk arah bus-nya. Untuk MRT ada bahasa Inggrisnya, tapi untuk yang laiiin~~

Ini salah satu penunjuk arah bus-nya. Untuk MRT ada bahasa Inggrisnya, tapi untuk yang laiiin~~

Perlu digarisbawahi kalo Ma gak bisa baca Hangul, juga gak pinter bahasa Korea. Adek Ma, Sara, jauh lebih pinter! Jadi ini yang Ma tulis pake romaji yak beberapa kalimat dasar, yang kira-kira bermanfaat.

Kamsahamida“: Terima Kasih.

Yogiyo~” : Permisi (Kalo mau manggil mbak mbak di toko)

Imo, tteokpokki (atau makanan apapun) hana juseyo.” : Tante, tteokpokki-nya satu dong. Ngomongnya manis manis yak.

Joesonghamnida” : Maaf.

Jogeum“: Sedikit.

Naneun dwaeji gogi leul meogji mala” : Saya gak makan daging babi.

Annyeonghi gasibsio“: Dadaah~ Kalo Sara ngajarinnya, bilangnya semacam ‘annyeongikaseyo‘ gitu deh. πŸ˜›

Terus kenapa kita perlu aegyo, because that shit works! Bersikap ramah dan unyu efektif untuk bikin imo dan ajhussi yang jualan buat lebih ramah sama kita, bahkan kasih diskon. Ini berlaku waktu kita lagi ke Nandaemun untuk belanja oleh oleh.

4. Barang menyangkut identitas fandom.

Kalo pengen masuk ke acara musik atau apapun yang berbau fandom tertentu, pastiin kamu bawa apapun benda official yang kamu punya. Misalnya mau nonton recording EXO, usahakan bawa album Overdose, atau lightstick TLP. Karena biasanya hidup bisa lebih mudah karena itu. πŸ˜›

5. Hadiah untuk artis kesayangan kamu!

Bawa terus, serius, bawa terus. Karena kita gak tau kapan bisa ketemu sama mereka. Adek Ma nyesel banget gak bawa hadiahnya di hari waktu kami ketemu EXO, padahal ada dua orang yang ngasih hadiah ke Xiumin di depan mata dia. Kalo nggak, ada beberapa tempat dimana kita bisa nitip buat kirimin hadiah kita ke artis favorit, kalo untuk artis YG, di Klive ada semacam kotak surat-nya, jadi kita bisa taro disana aja hadiahnya. πŸ˜€

I love you Krunk The Mailman!! :mrgreen:

I love you Krunk The Mailman!! :mrgreen:

6. Print voucher diskon.

Info diskon biasanya udah ada di website toko/mall masing masing, kadang di situs resmi Korea atau Seoul dikasih tau kalo ada event yang banyak diskonannya, tapi perlu voucher fisik. Karena kita gak bakal bawak printer pas jalan ke Seoul, jadi ya kudu print dari rumah. Lumayan lho diskon 10-20%!

7. Pakaian yang appropriate.

Sesuaiin aja, winter atau summer. Jangan sampe salah kostum dan mati kedinginan di negara orang. πŸ˜†

8. Booking wifi egg.

Boleh sewa hape sih, tapi kalo kalian ramean dan rencananya bakal jalan bareng-bareng, sewa wifi jauh lebih murah. Tapi kalo mau lebih fleksibel ya emang pake sewa hape sih. Sewanya lebih aman dari Indo, karena jarang yang bisa langsung dateng dan sewa, kalopun ada deposit-nya lumayan mahal dan pake KRW. Jadi tinggal google tempat penyewaan wifi atau hape yang kamu mau, bayar harga sewa dan deposit via kartu kredit (nanti kalo wifi/hape udah dibalikin, depositnya balik juga) terus begitu sampe di Incheon, tinggal ambil aja barangnya, langsung aktif! Korea itu emang internetnya kenceng, mau 3G ataupun LTE, tapi gak banyak yang gratisan kecuali di hotel/apartemen kita. Jangan lupa, itu negara kapitalis!!

Tips! Gak usah pake LTE, pake yang 3G aja udah kenceng kok, jauh lebih murah juga. Bisa unlimited dan pake 5 gadget. πŸ˜€

—–

Apa lagi ya? Tambah lama tambah bingung apa lagi yang perlu ditulis, soalnya kalo kepanjangan juga jadi bingung bacanya kan? Nanti kalo ada tambahan Ma bakal bikin di post yang berbeda ya. πŸ˜€

Iklan

3 Responses to “Budget (k-pop) travel to Seoul”


  1. 1 cK Februari 1, 2015 pukul 7:52 am

    Aku suka banget tulisan Ma ini, sangat informatif. Travel bareng yuk, Ma! πŸ˜„

  2. 2 Renintan (@renintann) April 2, 2015 pukul 1:50 pm

    Waaahhh kereeennn bisa ketemu sm exo >< Kita travel bareng yuk :p


  1. 1 #KONTRIP; Prelude. | Just being Me. Always. Lacak balik pada Februari 8, 2016 pukul 1:55 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 782,201 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?