Self reflection on 2014.

Post Ma jaman 2014 Ma kopi, dan di-review satu satu. Ma takut sih dengan kenyataan kalo dikit banget hal yang sukses Ma kerjain sesuai dengan resolusi (bahkan yang gampang sekalipun). Tapi ya harus diterima, lah itu kan apa ada-nya, Ma. Jangan denial lagi!

SR2So, here goes!

What I want to do/be/achieve:

1. Tidur lebih cepat. Jam 10 udah tidur kecuali ada kerjaan penting~ Pengecualian boleh tidur malem-nya malam minggu deh. πŸ˜›

Hasil: Crash and burn!

Mungkin ini kriteria gagal paling parah. Bukan cuma Ma gak tidur jam 10, reminder jam 10 untuk tidur pun sudah terhapus, sekarang aja Ma nulis blog ini jam 5 pagi, dan belom tidur semaleman (sempet ketiduran jam 11-1 pagi sih, abis itu gak bisa tidur lagi).

Awalnya berjalan lancar, tapi di bulan Maret-April Ma mulai dapet masalah yang Ma helpless buat menatalaksana-nya (you know what, rite?) jadinya stress yang berujung dengan jam tidur jadi kurang teratur. Awalnya jam 11 atau jam 12, lama lama jam 2 pagi baru mau tidur tapi ya gak ngapa-ngapain banget juga, toh nulis proposal pun nggak, akhirnya sekarang Ma malah ngerasa lebih segar nulis, mikir, nyari ide di tengah malam, dan berakhir dengan paginya gak segar, gak produktif dan cenderung lebih lambat.

Hal positifnya sih, karena udah keseringan masih bangun, berapa kali (dikit sih, cuma 2-3 kali) Ma pake sekalian aja sahur buat puasa bayar. Tapi tetep aja, tidur itu penting, dan Ma perlu tidur. Tapi kok ya tambah lama tambah susah tidur. 😦

2. Solat di awal waktu. Maksimal sekitar 30-45 menit dari azan!

Hasil: Gak berubah dari taun kemaren.

Tetoooot. Sama aja, ratu borderline.

3. Mulai cicil bahan untuk disertasi. Minimal 1 kali dalam 2 minggu! Lebih bagus seminggu sekali~

Hasil: Baby steps, super baby steps.

Ma gak bisa sepenuhnya bilang kalo Ma gak ngerjain disertasi, soalnya yang gak Ma kerjain itu nulisnya. Preliminary Ma udah beres satu, dan udah dipublish. Yang satu lagi lagi jalan, dan udah dua kali PTP sama pembimbing. Tapi ya itu, nulisnya itu yang Ma susah. Karena kalo masalah penelitian, Ma ini emang sangat gak suka nulisnya. Ma bener butuh bantuan buat ini~

SR14. Makan lebih sehat. Sekitar 2-4 kali masak sendiri dalam sebulan. Kalopun beli di luar, usahakan ada sayurnya!

Hasil: 40-60?

Masih ada periode masak sendiri, sekitar 4-5 bulan, tapi karena sering pergi pergi, mau beli sayur juga mikir dulu. Kalo ditinggal pergi nanti sayurnya busuk aja gak kemakan. Tapi sebenernya Ma juga ngerasain taun 2014 kemaren motivasi hidup sehat agak berkurang sih. Kayak jadwal senam atau bikin sarapan, mungkin ada pengaruhnya sama Ma yang kurang tidur dan jadi lebih gak produktif dan gak fit. 😦

5. Lebih rajin ngeblog. Sebulan 1-2 post, maybe?

Hasil: Mendingan (dikit)

Karena inget-inget ini, jadi Ma ngusahain gimana caranya ada yang diblog. Emang gak serajin yang diharapkan, tapi ya lumayan kok dibanding taun sebelomnya, untungnya juga soal ujian IKM kan dipost disini, jadi nambahin post Ma juga. :mrgreen:

6. Rutin olahraga. Usahakan ke KI setiap minggu. Cardio minimal seminggu sekali, kalo bisa seminggu dua kali!

Hasil: Another crash and burn.

Karena orang Azzahra gak ke KI lagi, Ma juga kehilangan tebengan ke KI, tapi itu harusnya bukan alasan untuk senam atau olahraga di rumah, kan? Jadwal senam jadi molor, kemaren aja senam perdana Ma di 2014 kemaren itu bulan Februari atau Maret gitu. Sekarang juga bawaannya lebih susah bangun untuk mau senam, karena masih lemes. Kan gak tidur. Haduh sesimpel tidur banyak juga pengaruhnya, ya~~

7. Put myself first. Lebih sering mikir buat kebaikan Ma dulu, sebelom mikirin orang lain.

Hasil: Gak tau juga.

Serius, yang ini Ma gak tau. Kalo merelakan fokus di Azzahra dan FK daripada kehidupan pribadi dan sekolah Ma termasuk dalam not putting myself first, artinya ya crash and burn juga.

Sejujurnya Ma suka kerja di Azzahra, tapi intervensi yang kadang sepihak itu bikin stressful, padahal harusnya komitmen dengan yang udah dibikin, karena Ma yang jadi direkturnya, walaupun orang lain pemilik-nya, harusnya tetap Ma yang bikin keputusan terkait hal-hal yang ada. Brainstorming oke, membahas bersama baik, tapi kalo pas Ma pergi tiba tiba membuat hal yang udah jelas jelas Ma gak setuju dan cuma karena ‘itu terlihat bagus dan keren’ padahal nanti kalo ternyata duitnya masuk dikit, yang bakal ditagih kerja lebih keras nyari pasien Ma juga kan? Padahal siapa yang ngeluarin duit lebih dari budget yang diperlukan? Kalo Ma bilang gitu boleh gak? Belom lagi masalah gaji karyawan, perlunya nambah dokter spesialis obgyn lain yang susah banget karena gak semua orang mau praktek di Azzahra, juga masalah staf manajemen RS yang bisa jadi manajer juga perlu dipikirin, karena Ma kerja di tempat lain juga, ya kudu dipikirin itu. Bukan jamannya lagi lah susuran organisasi itu Ma langsung membawahi dan mem-follow up semua hal dari marketing, asuransi, perizinan, sampe beli telor dan dokter spesialis lupa dikasih sarapan. Ma juga perlu temen brainstorming, orang yang bisa mikir bareng Ma, bukan yang ngorder Ma atau cuma terima order aja dari Ma.

Ma udah bikin deadline umur 30 sih, kalo semua gak ada yang berubah sampe taun depan, Ma terpaksa harus melakukan sesuatu yang signifikan, karena Ma juga gak tambah muda, dan kalo kayaknya gak bakal ada perbaikan, mungkin udah saatnya Ma stop, dan Ma juga harus berani, karena ya umur Ma gak bertambah muda kan? Mau kayak gini terus? Nanti gak bisa tidur tidur lho tiap hari, Ma!

Mirip dengan di FK, Ma suka kerja di PHE, Ma juga suka topiknya. Tapi Ma udah mulai sadar kalo secara sistem belajar mengajar, banyak yang defensif dan ngotot gak mau berubah. Males dan helpless rasanya. Ma mungkin mikir buat keluar setelah N+1 Ma beres nanti kalo sistemnya terus terusan begini.

8. Cari pacar/suami? Hahahahahahaha.

Hasil: 0!

Pacar, gak ada. Apalagi suami. Ma ada dikenalin sih sama beberapa orang, tapi malahan frekuensinya lebih dikit dari taun 2013, yang di-follow up lebih lanjut lebih sedikit lagi. Haduh, gimana ya?

What I don’t want to do/be this year (Seriously! Stop, Ma!):

1. Procrastinating! Kalo udah ada di reminder, kerjain!

Hasil: 50%?

Untuk kerjaan kuliah, Ma jelas procras dalam nulis-nya. Tapi untuk FK dan Azzahra gak nunda apa- apa sih. πŸ˜€

2. Multitasking. Mulai bikin kerjaan satu-satu. Kalopun gak selesai, delegasi!

Hasil: Kalo belom berhenti atau lulus dari dua kerjaan dan satu sekolah, bisa dibilang berhasil multitasking nggak? Haha.

3. Terpengaruh sama omongan yang menyakitkan hati. Tarik nafas panjang, senyum, bilang terima kasih, tinggalin, lupain!

Hasil: Berhasil dikit doang.

Ada sih bisa, lumayan gak dengerin. Toh kita gak bisa menyenangkan semua orang. Di FK juga Ma udah berusaha untuk gak sedih kalo ada sesama dosen atau mahasiswa gak suka sama Ma. Ya mau gimana? Kalo dia salah ya salah, dan Ma gak bisa bikin semua orang hepi kok.

4. Spazzing over K-Pop Artists. Unfollow 90% dari akun K-Pop artis dan fanbase-nya!

Hasil: Super crash and burn!!!!

Gimana mau ngurangin, Ma aja baru pulang dari Korea dan ketemu EXO, DBSK, Yesung, dan Papa YG.

Awalnya udah mau dikurangin, bulan Januari-Maret timeline Ma bersih dari fansite, akun resmi artis Kpop dan sebagainya, tiba tiba Mix and Match menyerang! Hanbin sama Junhoe ini bikin Ma panik gak karuan, dan kayaknya Papa YG gak mau tanggung bikin Ma stress, Taeyang comeback, Akmu debut, Winner debut, Mix and Match airing, ada 3 collab stages, Epik High comeback juga. Okesip, gelombang YG terlalu ngeri buat ditahan, dan berakhir dengan Ma beli goods Kpop pertama Ma, DVD Mix and Match! πŸ˜†

5. Numpuk barang barang. Jual barang yang gak perlu lagi, duitnya pake buat beli buku dan keperluan Rumah Pintar!

Hasil: 80%

Sebagian barang udah dijual, masih ada yang mau dijual lagi sih, tapi pada dasarnya lumayan banyak yang udah berhasil diungsikan. πŸ˜†

6. Emosi jiwa di kantor! Tinggalin di rumah, Ma. Tinggaliiiin~ Kalo kesel, makan, minum, maen game. Jangan kena orang lain!

Hasil: 60%

Ma ngerasa Ma gak terlalu tinggi frekuensi marah gak jelas-nya, tapi yang jadi masalah frekuensi marah marah karena karyawannya salah beneran jadi nambah, Ma paling parah ngamuk di Azzahra beberapa bulan lalu karena karyawan Ma ada yang sampe sebulan lebih bohong sama Ma kalo dia udah ngumpulin berkas yang harusnya dikirim untuk perpanjangan izin, berakhir kami kena surat peringatan. Sampe detik ini Ma gak ngerti apa alasan dia waktu itu, jadi ya terpaksa berkasnya diupdate lagi, dikirim lagi, dan dia-nya dialihkan fungsi kerja yang laen dulu setelah kena SP.

7. Packing lebay. Bawa seperlunya aja. Mentok mentok gak ada baju kan bisa beli aja, Ma! Travel light!

Hasil: Sukses! Agak kelebihan malah.

di Taiwan Ma malah hampir kurang baju 1 pc. πŸ˜›

8. Buru buru ngerjain terlalu banyak hal. Satu satu tentuin prioritas dan goals-nya. Sabaaaar~

Hasil: Hmmm, gimana ya?

Sejujurnya Ma lupa apa topiknya di poin ini, gak hectic bikin checklist terlalu banyak? Kalo emang itu artinya udah ngurang dikit emang, tapi ya karena Ma harus follow up semua sendiri, ya emang harus bikin beberapa hal sekaligus. Pengennya ada manajer yang bantuin Ma, moga moga taun ini Ma dapet staf baru atau dapet asisten untuk Ma pribadi.

—–

Hasilnya gak bagus bagus banget ya? Ya itulah adanya. Moga moga tahun ini banyak hal baik yang kejadian dan banyak hal buruk yang berubah jadi bagus. Semangat!

Cheers.

Iklan

2 Responses to “Self reflection on 2014.”


  1. 1 warm Januari 15, 2015 pukul 10:15 am

    edan progressnya keren, dan lama ga kesini tau2 sdh ngerjain disertasi aja, keren ! smoga smua targetnya terbayar di tahun ini ya πŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 782,414 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?