Seneng dan malu punya mahasiswa rajin.

Jadi ceritanya, sekarang udah gilirannya mahasiswa 2011 untuk masuk musim skripsi lagi. Kalo taun kemaren dunia bimbingan skripsi Ma gak berwarna karena cuma dapet bimbingan dua, alias spesialis koreksi-edit-ngikutin pengennya pembimbing pertama, sekarang Ma bisa punya anak bimbingan pertama, alias bimbingan substansi. Hepi! 😆

contoh-judul-skripsi-ilmu-pemerintahan

Hepinya juga, karena sekarang blok IKM (yang sekarang di blok 25) dimulai sebelom pengumpulan topik skripsi. Jadi kurang lebih mahasiswa lebih terpapar dengan topik IKM, dan Ma juga ikutan promosi supaya mereka mau bikin topik terkait IKM, terutama promosi kesehatan. Alhamdulillah berbuah manis, karena ada lebih dari 10 mahasiswa yang ambil topik IKM, walaupun gak semuanya berakhir dengan dapat pembimbing pertama dosen IKM. #uhuk

Jadi, Ma gak dapet jadi pembimbing dua? Dapet kok. Tapi untungnya Ma jadi pembimbing dua dari dosen yang IKM juga. Jadi kurang lebih satu bahasa, satu arah. Yang bikin seneng itu karena kita bisa pake penelitian kualitatif, yang biasanya di skripsi anak FK itu banyakan kuantitatif. Cuma satu orang yang pembimbing pertamanya orang klinis. Gapapa deh, we can’t have it all. 😛

Jadi, dua anak yang Ma jadiin anak bimbingan satu itu yang udah di-probing dari jaman mereka belom ngajuin topik skripsi. Ma kasih topik yang searah dengan topik disertasi Ma, dan bahan bahan Ma juga Ma kopiin sama mereka. Jadi sebenernya sih mau beres cepet-atau-nggak-nya itu tinggal dari semangat mereka sendiri, plus sedikit keberuntungan penguji. 😛

Sejauh ini sih anak bimbingan Ma masih dbn, alias dalam batas normal, tapi ada satu yang jauh nggak dalam batas normal. Untungnya, jauhnya keatas, bukan kebawah. Anaknya keren banget. Pertama, topik itu kayanya dia ajuin sendiri, alias gak ada intervensi dari Ma untuk bikin topik itu, topiknya tentang pelayanan RSMH di rawat inap dengan pasien BPJS, yang topik itu lagi hot banget. Kedua, di hari Ma minta semua anak bimbingan pertama dan kedua Ma presentasiin draft penelitian mereka, dia udah selesaiin hardcopy bab 1-3, dan presentasiin bab 1-3. Eits, gak cuma itu, dia juga udah siapin hasil observasi lapangan dia. Sampe jumlah kursi, wc, dll, juga udah nyoba bikin flowchart ala dia. Ketiga, waktu mau proposal, dalam 2 hari dia ngirimin Ma email sampe 4 kali, semuanya revisi. Jadi dia ngerevisi diri sendiri sampe 3 kali dalam dua hari. Luar biasa banget.

dimas2Tapi, biasanya anak serajin itu jalannya gak semulus yang lain. Kebetulan agak nyangkut waktu proposal, tapi dia masih semangat dan berjuang lebih keras lagi. Sampe begitu dia ambil data, dia ikut magang di tempat admisi rawat inap itu sebagai triangulasi hasil wawancara dia. Keren kan? itu anak beneran overachiever. Dia juga waktu bimbingan ada liat jurnal yang baru Ma fotokopiin buat dikasihin ke bagian. Dia nunjuk dan bilang kalo mau masuk ke jurnal juga. Ma seneng banget dan bilang kalo bikinannya oke, Ma janji ngusahain supaya masuk jurnal. :mrgreen:

Serius, seneng banget punya mahasiswa kayak begitu. Yang jadi masalah, karena Ma juga lagi sekolah, rasanya kok ya maluuuuuu banget sama diri sendiri. Ma ini gak ada setengahnya dia rajinnya. Ada juga ini udah sebulan lebih gak ke Jogja, draft penelitian gak ditambah-tambah lagi, malahan nyari terus alasan buat gak nulis. Mungkin ngepost ini juga salah satu distraksi Ma.

Moga moga ya Ma jadi lebih rajin setelah liat mahasisa Ma yang rajin rajin. Mari kita berjuang bersama!

Iklan

0 Responses to “Seneng dan malu punya mahasiswa rajin.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 793,347 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?