Resolusi 2014

Ma sebenernya bukan tipe yang bikin resolusi tahunan sih. Soalnya suka depresi sendiri kalo udah nulis seru-seru tapi ternyataa gak berhasil dijalani~ Semacam sedih aja rasanya. Juga kalo nulis resolusi yang kesannya normatif, kalo dibaca sendiri kok ya agak geli gitu. Terus Ma juga bingung indikator pencapaiannya apa ya? Ah Ma, you think too much! Kerjain aja, kenapa? 😆

Let's start!

Let’s start!

Tahun lalu resolusi Ma dirangkum dalam satu kalimat, ‘Menjadi Kartini‘. Resolusi itu dibikin setelah Ma dimarahin seorang teman tentang kebodohan Ma di tahun 2012. Jadi, beberapa keputusan dan kejadian di hidup Ma di taun 2013 ini bener-bener berlandaskan dengan satu kalimat itu, dan mungkin belum 100% terlaksana, tapi kalo diitung-itung, kurang lebih lebih dari 50% resolusi 2013 Ma tercapai. Ma juga lumayan suka dengan 2013 Ma, soalnya cukup banyak pencapaian dan kebahagiaan yang didapat. Not too shabby, rite? Udah, iya-in aja!

Nah, gimana dengan tahun ini?

Ma lupa redaksional persisnya, tapi sekitar awal tahun lalu waktu Ma nonton ‘Switched at Birth’ season 1 ep 7, ada kalimat yang isinya kita itu seringkali sulit menepati janji yang kita bikin dengan diri sendiri, oleh karena itu kita perlu membuat janji dengan orang lain supaya bisa lebih accountable.

Waktu pertama kali Ma nontonnya, Ma pikir, ah iya ya? Mungkin juga. Tapi masa sih kita segitunya mesti perlu diingetin orang lain banget untuk mengubah pola hidup kita? Segitu gak kuatnya motivasi dalam diri kita sendiri? Mungkin itu cuma dalam kasus adiksi aja kali~ Macem macem deh pikirannya, tapi kurang lebih intinya Ma semacam gak mau mengakui, alias in denial, atau juga mungkin sombong, bahwa ada kemungkinan kita butuh orang lain untuk memotivasi diri kita untuk berubah.

Soalnya Ma itu selama ini tipe yang gak bisa, atau mungkin sangat sulit, untuk berubah hanya karena omongan orang. Kecuali sebelumnya Ma sendiri udah ada niat untuk ngerjainnya. Contohnya aja masalah Ma dan olahraga. Mau dikatain macem apa juga, gak ngaruh sampe akhirnya Ma kebawa mimpi sendiri. Semacam kepala batu gitu ya? Gak ngerti juga deh. 😛

CAM02545

Nah, sekarang malah baru kerasa banget perlunya bantuan orang lain untuk mempertahankan motivasi. Jeleknya sifat Ma ini, gak gampang kepengaruh dikatain (lebih tepatnya cuma sedih doang tapi gak berubah) tapi cepet banget kepengaruh kalo dipuji. Jadi, semacam cepet puas gitu. Begitu dibilangin orang kalo Ma udah kurusan atau udah lebih fit, mulai deh yang awalnya targetnya sekitar 5-6 kg lagi untuk sampe ke IMT yang sehat, jadi mulai berpuas diri dan disiplinnya makin lama jadi makin menurun. Disana kerasa banget susahnya membangun lagi motivasi. Yang bikin emosi jiwa itu alangkah mudahnya kebiasaan baik selama 6 bulan hilang cuma dalam 1-2 bulan. Sebel beneran jadinya~ 😥

Jadi, apa kesimpulan dari omelan panjang lebar ini? I’ll start making promise to this blog. Semoga bisa lebih bisa bertanggung jawab untuk mencapainya. :mrgreen:

Mari kita mulai resolusinya! Dipisah semacam dos and don’ts-nya aja deh ya, biar lebih gampang ditulis. Hahahahaha.

Pas banget nemu ini, kurang lebih mirip banget dengan rencana Ma tahun ini. Good luck, Ma!

Pas banget nemu ini, kurang lebih mirip banget dengan rencana Ma tahun ini. Good luck, Ma!

What I want to do/be/achieve this year (and please please please be consistent, Ma!):

1. Tidur lebih cepat. Jam 10 udah tidur kecuali ada kerjaan penting~ Pengecualian boleh tidur malem-nya malam minggu deh. 😛

Rencananya mau mulai bikin dengan target-target simpel yang gampang dicapai, dan memerlukan konsistensi. Sekarang di kalender Ma udah dibikin semacam reminder untuk tidur jam 10 malam. Tentunya gak kaku sih, kalo pas emang lagi ada kerjaan yang cito, ya diundurin waktu tidurnya. Tapi diusahakan kalo gak perlu perlu banget, ya tidurnya diusahakan lebih cepat. 😀

2. Solat di awal waktu. Maksimal sekitar 30-45 menit dari azan!

Naaaaah, ini dia bandelnya Ma. Masih aja sampe sekarang hobi solat mepet mepet. Apa coba susahnya? Emang dasar deh Ma ini! Reminder udah dipasang tapi kadang di-snooze aja. Mau jadi apa sih Ma? Ayo semangat!

3. Mulai cicil bahan untuk disertasi. Minimal 1 kali dalam 2 minggu! Lebih bagus seminggu sekali~

Awalnya Ma semangat banget. Lebih tepatnya dari sebelom Ma mulai ke Jogja, udah gegayaan banget nyiapin semua bahan dan bikin outline. Tapi semakin lama dengan mulai nambahnya kerjaan di FK, ulang tahun Azzahra yang mulai mendekat, bolak balik Palembang-Jogja yang bikin cape dijalan, juga karena emang jadi lebih males, mulai deh terbengkalai. Padahal Ma juga udah bikin reminder tiap hari Kamis untuk disertasi. Tapi masih susah juga~

4. Makan lebih sehat. Sekitar 2-4 kali masak sendiri dalam sebulan. Kalopun beli di luar, usahakan ada sayurnya!

Mulai dari bulan Juli-Agustus, Ma mulai belajar masak supaya bisa lebih banyak makan sayur. Soalnya Ma ini gak suka banget banget banget makan sayur dan buah. Tapi ya gitu, berhubung bisa masaknya itu-itu aja, jadi bawaannya bosen. Belom lagi di rumah Ma ini kayanya masakan Ma ini gak termasuk yang layak dimakan oleh orang lain, jadi yang Ma masak cuma dimakan oleh Ma sendiri. Gak terlalu enak kali ya? Hahahahaha. Tapi Ma harus bisa!

5. Lebih rajin ngeblog. Sebulan 1-2 post, maybe?

Ma ini sekarang jauh lebih jarang ngeblog dibanding dulu. Dibilang sibuk banget, nggak kok! Sebenernya ngeblog ini penting buat Ma, soalnya Ma tipe orang yang cerita, kan? Dan yang rela denger cerita Ma tanpa komplen, tanpa perlu waktu khusus, ya blog! Bisa menenangkan jiwa juga. Jadi, ayo lebih sering ngeblog!

6. Rutin olahraga. Usahakan ke KI setiap minggu. Cardio minimal seminggu sekali, kalo bisa seminggu dua kali!

Ini dia yang bikin rasanya susah banget buat mengembalikan motivasi. Kesel bener Ma karena di bulan Februari motivasinya udah tinggi banget, sampe bisa komit selama 6 bulan dan turun 16 kilo sekarang. Itu keren banget! Eh bulan puasa, lebaran, sampe sekarang dengan alasan jadwal yang gak asik, tambah kendor. Ayo Ma berjuang lagi. Minimal KI jangan sampe lepas juga!

Eits, senam juga harus tetep ya~

7. Put myself first. Lebih sering mikir buat kebaikan Ma dulu, sebelom mikirin orang lain.

Bukan, Ma bukan orang yang terlalu baik dan segitunya dengan orang sampe-sampe Ma mikirin orang banget sampe Ma merusak diri sendiri. Tapi emang ada sisi dari diri Ma yang kadang bikin keputusan yang berdasarkan kepentingan orang tanpa mikirin diri sendiri. Gak tau kenapa, mungkin karena Ma seneng dibilang orang baik kali ya. Atau juga itu kebiasaan anak pertama? Atau emang dasar sok mau jadi fixer aja. Belom tentu juga orang-orang lain yang kita pikirin itu mikirin kita, kan?

Ada quote keren dari penulis favorite Ma, Paulo Coelho, tentang ini;

“When you say ‘Yes’ to others, makes sure you’re not saying “No’ to yourself”

Realistis banget kan? Beliau gak bilang buat screw others atau gimana, tapi jangan sampe kita mikirin orang sampe kita sendiri jadi susah dan sedih karena itu. That’s why you’re my fave, sir!

Masalahnya, gimana indikator keberhasilannya ya? Kalo Ma udah lebih sering mengutamakan diri Ma dalam lebih banyak kesempatan?

8. Cari pacar/suami? Hahahahahahaha.

Ma bingung sebenernya mau jadiin ini resolusi atau nggak. Kalopun dijadiin resolusi kata-katanya cari pacar atau nikah di tahun 2014? Bukan umurnya cari pacar lagi sih Ma ini sebenernya. Buat yang baca, titip cariin ya~ Tau kan tipe tipe yang Ma suka begimana? Hahahahahaha.

Apa lagi ya? 😛

What I don’t want to do/be this year (Seriously! Stop, Ma!):

1. Procrastinating! Kalo udah ada di reminder, kerjain!

Sebenernya banyak poin sebelumnya itu kejadian karena Ma banyak menunda-nunda kan? Jadi, bisa jadi banyak goals yang bisa dicapai begitu Ma mulai lebih sering mengerjakan apapun itu yang harusnya langsung dikerjakan. Ma, ayo berjuang!!

 photo procrastinate-productively-work-hacks-03.jpg

2. Multitasking. Mulai bikin kerjaan satu-satu. Kalopun gak selesai, delegasi!

Sebenernya susah juga, eh susah banget, buat gak multitasking dengan kerjaan. Karena pada dasarnya kenyataan kalo Ma kerja di dua tempat yang berbeda sambil sekolah itu udah multitasking banget. Mau berhenti dari salah satu atau salah dua-nya? Kayanya sulit ya. Hahahahahaha~

Mulai dari urusan nonton tipi sambil makan sampe nyiapin bahan kuliah mahasiswa sambil mikirin program baru di Azzahra. Ma udah kerasa banget sekarang bawaannya jadi sering lupa, makanya untuk ngurangin lupa Ma jadinya langsung tulis di reminder dan to-do list. Jadi dua kali kerja kan? Soalnya dengan Ma multitasking begitu, secara gak langsung Ma gak konsentrasi buat apapun. Seriously, multitasking is not good. Beneran deh Ma ini, udah perlu dikurangin multitasking-nya. Sebenernya kan gak mesti Ma juga buat ngerjain semuanya. Toh selama ini gak ada Ma sebenernya semuanya juga masih jalan. Jadi Ma gak perlu terlalu membebani diri.

3. Terpengaruh sama omongan yang menyakitkan hati. Tarik nafas panjang, senyum, bilang terima kasih, tinggalin, lupain!

Iya, emang Ma ini konyol banget buat hal satu ini. Sebenernya tinggal tutup telinga dan cuekin aja kan? Ma udah bisa bayangin omongan salah satu temen Ma kalo Ma cerita bahwa ada orang di dekat Ma yang ngomong nyakitin banget sampe bikin Ma sedih banget. Dia bakal bilang dengan gampang;

“Udah umur berapa sih masih ada kepengaruh sama omongan orang kayak begitu?”

Nah, Ma beneran udah harus sesuai sama umur Ma dan mulai gak terlalu peduliin omongan-omongan yang bikin sakit hati itu. Apalagi kalo Ma gak salah. Iya kan ya? :mrgreen:

4. Spazzing over K-Pop Artists. Unfollow 90% dari akun K-Pop artis dan fanbase-nya!

Aduh, Ma udah terlalu tua buat ini!! Ma sempet berniat buat gak bakal lagi dateng konser, soalnya konser itu terlalu efektif buat bikin galau balik ke K-Pop lagi! Ini udah dimulai kok. Instagram, Facebook dan Twitter udah mulai di sweeping, 50%an udah dihapus, kecuali akun resmi artis YG, AllKpop juga udah di-unfollow. Ma juga bakal ngurangin nontonin donlotan Sara tentang EXO. I don’t need new fandom! Hahahahaha~

5. Numpuk barang barang. Jual barang yang gak perlu lagi, duitnya pake buat beli buku dan keperluan Rumah Pintar!

Ma ini super pemalas dan hobi berantakin barang. Belom lagi kebiasaan jelek gak ngebuang barang yang udah gak kepake. Mau diapain coba? Nunggu barangnya tren lagi? Hahahahaha. Harus sering sering garage sale deh ya kayanya. Rencananya dimulai tanggal 5 ini sih. 😀

6. Emosi jiwa di kantor! Tinggalin di rumah, Ma. Tinggaliiiin~ Kalo kesel, makan, minum, maen game. Jangan kena orang lain!

Kasian kan kalo sampe yang gak ngerti apa-apa kena ngamuknya Ma? Ini udah dari 2013 dijaga-jaga banget jangan sampe kejadian. Tapi masih aja sih kadang-kadang. Harus lebih sering ngeblog apa ya? Supaya marahnya udah keburu reda dulu gitu. 😛

7. Packing lebay. Bawa seperlunya aja. Mentok mentok gak ada baju kan bisa beli aja, Ma! Travel light!

Kebiasaan jelek. Baju yang ‘should something happen‘ berakhir jadi lebih banyak daripada baju yang disiapin aslinya. Dih kayak baru sekali dua kali pergi keluar aja deh Ma ini. 😦

8. Buru buru ngerjain terlalu banyak hal. Satu satu tentuin prioritas dan goals-nya. Sabaaaar~

Parah gak Ma ini? Udah maunya banyak, pengen cepet, dikerjain sekaligus pulak? Easy, Ma. Easy~ Haduh!

Aduh mulai sakit kepala~ 😆

Ma ini kalo udah mulai bakal susah banget stopnya, soalnya sebenernya banyak banget yang pengen Ma lakukan dalam satu waktu, dan sebenernya terlalu terburu-buru itu gak bagus juga. Nanti berakhir dengan gak jadi semua. Tuh, ada di poin terakhir kan? Hahahahaha.

Yah, mudah mudahan aja akhir tahun nanti, begitu Ma baca lagi post ini, banyak yang sudah terlaksana dengan baik ya. Siapa yau aja kalo ada temen-temen Ma yang baca ini bisa sambil ngingetin Ma kalo Ma lupa, atau lagi pura pura lupa.

Eh buat yang mau nambahin ide resolusi boleh lho! Mungkin Ma sendiri juga bakal nambahin atau ngurangin ini sih, tergantung kalo tiba-tiba ada yang keinget lagi. 😛

Iklan

4 Responses to “Resolusi 2014”


  1. 1 Gusti 'ajo' Ramli Januari 3, 2014 pukul 10:12 am

    Semoga resolusiny dapat tercapai di tahun ini..

    Mari ikut kontes  Giveaway Kolaborasi : Apa Impianmu? untuk berbagi kisah inspiratif tentang proses mewujudkan impian..

    
    	
  2. 2 stephanietata Januari 22, 2014 pukul 7:37 am

    Wah keren. Baru baca sekarang tapi okelah bisa dijadikan contoh 😀 semoga berhasil yaa 🙂


  1. 1 Idol hunting dan resolusi 2015 | Just being Me. Always. Lacak balik pada Januari 7, 2015 pukul 4:51 am
  2. 2 Self reflection on 2014. | Just being Me. Always. Lacak balik pada Januari 7, 2015 pukul 5:46 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 819,886 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?