Cheap traveling in Hong Kong. Emang bisa?

Ya bisa dong, tergantung kita maunya gimana dan kemana.

Kalo emang target jalannya ke Disneyland atau ke Ocean Park, mungkin susah sih buat jalan dengan harga yang murah. Soalnya tempat tempat macem itu udah ada tiket masuknya sendiri, belom lagi tempat makannya yang mahal di dalam sana. Berhubung sebelomnya udah pernah jalan ala ngabisin duit di Hong Kong, sekarang saatnya jalan hemat. Let’s go!

1. Octopus Card! Octopus Card!!

Bisa pilih Octopus Card atau Tourist Day Pass, tergantung kebutuhan. Kalo mau lebih dari sehari ada di Hong Kong-nya, pake Octopus Card aja, nanti sisa uang yang ada di kartu bisa dibalikin lagi kok di airport~ Juga kalo kita naek bus, kembalian gak dikasih. Jadi mending tapping Octopus Card aja daripada gak dikasih kembalian kan? Sayaaaaang~

The almighty Octopus Card!

Buat yang satu hari-an, bisa pake Tourist Pass ini. kemanapun sepuasnya 50 HKD!

2. Jangan naek Airport Express!

Airport Express itu harganya 60-100 HKD, dibanding naek bus yang 20-30 HKD, beda jauh kan? Kalo mau naek MTR banget, sebelomnya naek bus S1 dulu ke Tung Chung Station (sekali naek 3,5 HKD!!), nanti tinggal naek MTR deh dari sana. Cepet juga kan? Mau ke tempat lain juga bisa dari Tung Chung, soalnya ada stasiun bus-nya juga disana.

Jalan kemana aja, belanja apa aja, tinggal tapping~ Octopus rules!

Jalan kemana aja, belanja apa aja, tinggal tapping~ Octopus rules!

Di Tung Chung Station itu juga ada mall yang nempel, namanya Citygate yang pernah Ma bahas di post lama. Intinya kalo mau beli barang branded yang diskon 70%, disini! Tapi berhubung lagi gak ada budget belanja branded, lewat! 😆

3. Gak usah beli kartu perdana, kalo –

Kalo pake XL! Kita dapet gratis roaming 3 hari, jadi manfaatkan semaksimal mungkin! Kalo udah mentok dan perlu banget, baru deh beli. Eh ternyata ada semacam kartu Kabayan yang dijual di daerah-daerah yang banyak orang Indonesia-nya. Katanya sih rate untuk nelepon ke Indonesia-nya lebih murah.

4. Arahkan pandangan ke Mirador Mansion, Golden Crown Guest House!

Ini sebenernya bukan pengalaman Ma, melainkan dari Mbak Ira. Soalnya Ma gak jadi nginep disana karena suatu dan lain hal. Tapi menurut beliau, disana oke banget dan kita bisa beli banyak tiket tempat jalan-jalan di Hong Kong disana~

5. Foto foto di Avenue of The Star dkk

Lagi lagi, sama kayak di post lama, berfoto-foto di Avenue of The Star dkk itu bikin hepi dan puas banget. Tinggal geser dikit, ada objek foto lagi~ Kalo pas ada budget lebih, kita bisa nonton balet atau opera disana. Mau gratisan? Liat ngamen keren di sekitar sana dan nontonin pameran seni-nya aja. Huemat!

HK Skyline!

HK Skyline!

6. Ferry! Bolak balik naek Ferry~

Front seat kalo kita mau menikmati pemandangan di Hong Kong ya dengan naek Ferry. Saran Ma sih, naek di jam-jam sunset dan mendekati jam 7.30, soalnya cantik banget ngeliat Symphony of The Light-nya dari Ferry. Mahal? Mana adaa~ Cuma 2,5 HKD ajah! Bisa tapping pake Octopus Card kita juga, jadi gak koleksi receh dongs.

Liat betapa hepinya bocah dua ini foto-foto di ferry! Hahahahaha~

Liat betapa hepinya bocah dua ini foto-foto di ferry! Hahahahaha~

Ah iya, tujuan Tsim Tsa Tsui ke Wanchai ataupun ke Central bisa dipilih, kalo Ma sih milih berangkat dan pulang gak dari pelabuhan yang sama. Biar pemandangannya rada beda, gitu.

Sunset di atas ferry menuju Wanchai. Asik yak? 2,5 HKD ajah!

Sunset di atas ferry menuju Wanchai. Asik yak? 2,5 HKD ajah!

7. Ding Ding, sampe eneg sampe bosen~

Transportasi andalan warga lokal dan turis di Hong Kong Island ya si trem masa lalu yang masih berjaya ini~ Dari ujung ke ujung kita bisa kelilingin HK Island. Mahal? Serius deh masih mau nanya itu? Murah beneran, murah!

Tuh bukti! 2,3 HKD, bisa tapping pake Octopus Card juga!

Tuh bukti! 2,3 HKD, bisa tapping pake Octopus Card juga!

Masalahnya, kadang kalo lagi ada perbaikan jalan, kita bakal terpaksa terdampar di area antah berantah. Tapi tentang aja, tanya aja dimana stasiun MTR terdekat, selamat deh kita. Ini juga cocok banget buat kita yang gak terlalu suka jalan terlalu jauh, loncat aja naek tram, aman~

8. Makan

Nah, ini bakal agak rumit. Makanan halal yang ber-logo halal di HK itu nggak murah. Sekitar 40-70 HKD satu porsinya. Kalo masuk ke yang rada fine dining, tambah mahal lagi. Kemaren waktu kami kepepet tengah malam di HKIA, andalannya itu Sandwich Tuna (10 HKD) dan Mie Instan merknya Ma lupa, rasa Kimchi atau rasa Jamur (7-14 HKD), yang merupakan satu satunya mie instan yang gak ada tulisan pork atau lard sama sekali di bungkusnya. Beneran mata Ma sampe rada berkunang-kunang bacain tag mie itu satu satu~ Kalo belom malem banget, Popeye di Terminal 1 Departure bisa disamperin kok. :mrgreen:

Andalan!

Andalan!

Kalo mau makanan beneran, yang selalu bisa diandalkan rasanya ya Ebeneezeer’s Kebab yang udah banyak cabangnya di sekeliling HK. Satu porsi Biriyani-nya bisa dimakan 2 orang, harganya sekitar 50-60 HKD. Kalo mau yang bisa tahan sampe pagi, mintain dressing-nya dipisah aja.

9. Minum

Stop buying mineral water from restaurant/cafe! Kalo di airport, harga air mineral botol paling murah ada di vending machine-nya. 6-8 HKD. Begitu di mini market-nya, harganya jadi 10-12 HKD. Masuk ke cafe, jadi 17-20 HKD!! 😥

Pedih, harganya 17 HKD! :cry:

Pedih, harganya 17 HKD! 😥

Ah, kalo pas jalan ada ngelewatin toko kelontong tradisional, beli disana aja! Harganya sekitar 3-4 HKD!

10. Maen ke pantai~

Ini semacam mimpi buat Ma, soalnya pas kami sampe ke pantai-nya, hujaaaaan~ Tapi lain kali kalo pas waktunya ada, Ma bakal nyamper ke pantai ini! Tempatnya di Mui Wo, Lantai Island.

Naek ferry lagi ke Mui Wo, sayangnya begitu sampe sana keburu hujan~

Naek ferry lagi ke Mui Wo, sayangnya begitu sampe sana keburu hujan~

Eh sebenernya di Lantau Island ini, selain Disneyland atau Ngong Ping Nin (bener gak sih nulisnya?), ada Mui Wo dan Tai O yang lebih laid back dan kita bisa liat sisi lain dari HK, dan lebih murah juga~ #tetep

11. Taman. Taman. Taman.

Maen ke taman, jalan jalan, foto foto, nontonin orang lagi ngamen, liat orang jual barang KW di pinggir jalan. Gratis!

12. Jalan jalan ke Lan Kwai Fong.

Kalo mau murah dan gak mabok, jalan aja. Beneran jalan jalan aja~ Soalnya toko di kiri-kanan dan dindingnya aja udah keren gitu. Tapi jangan pake acara belanja yak, guempor muahal!

Kebetulan lagi ada karnival, jadi rame beneran~

Kebetulan lagi ada karnival, jadi rame beneran~

13. Mong Kok. 1/3-1/2!!

Apa itu 1/3 – 1/2? Nawarnya! Ma sama Sara itu super cupu masalah nawar, walhasil kami dapet beli oleh-oleh dengan harga yang lebih mahal dari pendapatannya mbak Ira. Saya merasa gagal. 👿

14. Walk, and snap, and walk again.

Banyak hal di kiri-kanan yang sebenernya ternyata keren dan layak difoto. Unik soalnya~ Kemaren aja kami baru sadar kalo hotel tempat kami nginep itu semacam daerah yang terkenal dengan seafood-nya. Jadi sambil jalan kaki, foto foto dulu!

Dengan gaya generik, hormat!

Dengan gaya generik, hormat!

Apa lagi ya? Kayanya udah bisa hidup hemat dan pulang ke Indonesia dengan selamat deh kita kalo jalan jalannya macem begini. Kalo Ma dapet ide lagi, Ma tambahin deh ya.

Cheers!!

Iklan

1 Response to “Cheap traveling in Hong Kong. Emang bisa?”


  1. 1 beli toyota Desember 3, 2014 pukul 1:23 am

    I always spent my half an hour to read this weblog’s
    articles every day along with a mug of coffee.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 805,487 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?