Ada apa dengan RSMH?

Sebenernya nulis topik kesehatan gini, yang lagi hot ya tentang pasien yang “ditolak” oleh rumah sakit sih ya, tapi berhubung yang lagi kepikiran sama Ma tentang ini, jadi nulis spesifik tentang RSMH dulu deh.

rsmh

Emang, ada apa dengan RSMH?

Mungkin memang kebanyakan orang merasa kalo RSMH, atau yang suka disebut ‘Umum’ atau ‘Rumah Sakit Umum’ ini adalah rumah sakit yang masuk dalam daftar paling terakhir untuk didatangi saat kita sakit. Terlepas dari kita punya uang atau nggak. Mungkin karena RSMH adalah rumah sakit pendidikan, jadi kesannya bakal jadi ‘kelinci percobaan’, atau mungkin juga karena katanya di RSMH itu pelayanannya jelek alias staf-stafnya judes judes dan gak informatif, bisa jadi karena kalo ada di RSMH itu gak keren. Well~

Kalo untuk orang orang yang merasa mampu dan bisa memilih berobat di rumah sakit yang mahal ataupun keluar kota sampe negeri, walaupun sebenernya paviliun dan ruang VIP RSMH itu cukup bagus, dokter spesialis-nya cukup banyak dan lumayan pinter, yah itu pilihan mereka ya untuk mengeluarkan uang mereka demi mendapatkan diagnosis lebih tajam, fasilitas lebih cihuy dan kenyamanan selevel hotel bintang 5 tentunya dengan harga yang berkali-kali lipat.

Masalahnya gimana dengan yang miskin dan sadikin?

Sadikin? Sadikin itu terminologi yang sering dipakai untuk menggambarkan keadaan dimana orang tersebut tidak dalam definisi miskin, tapi begitu sakit, mereka jatuh miskin. Sadikin = Sakit sedikit jatuh miskin. Bukan ‘Sakit sedikit, mengaku miskin’ lho ya~ 😆

Ma kaget saat denger cerita ada keluarga kenalan Ma yang sakit, dan mereka ngotot gak mau ke RSMH dan bertahan di RS cabang RS terkenal di Palembang, dan disana dirawat seadanya tanpa diagnosis jelas selama 7 hari. Setelah pengeluaran untuk rawat inap dirasa terlalu berat, barulah keluarga membawanya ke RSMH, dengan keadaan umum yang udah jelek dan dengan penurunan kesadaran.

Yang Ma baru tau, ternyata mereka dapat asuransi veteran, yang bisa dirawat di bangsal kelas 2. Jadi ngapain kemaren pake acara ngotot-ngototan gak mau ke RSMH?

“Ya kak, dak usahlah ke Umum. Ke sini bae~”

Ma bener-bener gak habis pikir.

Poliklinik_RSMH_Palembang

Ada kejadian yang mirip dengan kasus di atas lagi, belum terlalu lama. Sama sama gak ke RSMH. Yang ini beda lagi pikirannya. Pertama, karena pelayanannya gak ramah. Kedua karena takut ketularan penyakit pasien lain (Oke, yang ini beralasan). Nah, yang terakhir ini yang keren. Katanya kalo kita gratisan alias gak bayar nanti gak bakal diurusin orang.

Huaduh, dikirain koas sama residen di RSMH itu gak punya hati apa? Mereka itu memang kadang terlihat cape dan datar, tapi kan minimal pasien PASTI diperiksa minimal follow up pagi oleh residen, terus diperiksa oleh koas-nya lagi. Pasien pasien tertentu yang perlu perhatian lebih mendapat follow up bisa sampe /15 menit, oleh koas-nya. Belum lagi ada ronde tiap berapa hari oleh Chief tiap bangsal, juga ada ronde mingguan dari spesialis atau sub-spesialis. Gimana bilang gak diurusin?

Masalah mendaftar Jamkesmas dan Jamsoskes pun sekarang udah dipermudah. Waktu pengurusan asuransi dari pemerintah ini diizinkan 3 x 24 jam, dan sudah mencakup tanggungan untuk banyak pemeriksaan canggih. Bahkan di setiap sudut RSMH itu bukan rahasia lagi, sudah ada calo yang bersedia ‘bantu’ untuk ngurusin kalo kita lagi panik/galau/bingung ngurusin keluarga yang sakit. Masih susah? Nggak kok. Yang susah cuma rumah sakitnya yang kebanjiran pasien.

Ah iya, kemaren juga ada yang nyindirin masalah sering dibilang bed-nya penuh. Kalo gak ada kenal orang dalem gak bisa dapet bed. Kalo yang ini Ma gak tau ya, tapi waktu Ma koas dulu hampir gak pernah kok perawatnya bohong kalo bed penuh, kadang di RC atau RA lama itu pasien sampe di selasar karena kita gak bisa nolak pasien. Dan semua tetap di-follow up persis sama.

Ma bukan tim sukses-nya RSMH, juga bukan anti-nya RSMH. Simply ngasih tau tentang kenyataan yang ada disana. Sebenernya gak terlalu aneh juga kalo kita ngerasa bingung dan pusing kalo ke RSMH, apalagi masuk lewat UGD. Ngeliat orang sebanyak itu lalu lalang dengan cepat, juga karena lokasi rumah sakit yang besar kadang bikin kita overwhelm sendiri. Tapi beneran deh, RSMH itu gak sejelek anggapan kebanyakan. Ciyus enelan~ #digeplak

Ah, sekedar tambahan, mungkin testimoni sih ya. Ma pernah dua kali operasi di RSMH waktu tangan Ma patah. Emang bukan dirawat di bangsalnya sih, tapi di ruang operasi dan di ruang persiapannya lumayan kok. Nenek Ma juga pernah dirawat di RSMH.

Jadi, jangan takut ya berobat ke RSMH. :mrgreen:

—————————–

OOT (Banget)

Banyak banget sebenernya kejadian kocak terkait sudut pandang orang tentang RSMH waktu Ma koas dulu. Mulai dari pasien yang gak mau daftar dan bayar di UGD karena katanya “Kan ini Umum?”, sampe pasien yang pernah kerja di RSMH dan hobi banget ngebully koas. Aneh aneh deh pokoknya~ 😛

 

 

Iklan

5 Responses to “Ada apa dengan RSMH?”


  1. 1 h m zailani dr spog Maret 7, 2013 pukul 3:11 pm

    ada satu yang kurang, ma lahir di RSMH, kak mirza n kak sara juga

  2. 2 armelzahfauzi Maret 7, 2013 pukul 6:31 pm

    sangat menyukaiiiiiii tulisan iniiii

  3. 3 fonda shariff Maret 7, 2013 pukul 8:07 pm

    hahaha, tuh papanya komen.. nice review ukhtiii.. aah, i miss u all ukhtiiiis

  4. 4 Anita Maret 22, 2013 pukul 9:32 am

    yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  5. 5 benra fabio Februari 7, 2016 pukul 10:45 am

    Saat ini saya berada di RSMH sebagai pasien.RSMH tidak seperti yang saya pikirkan di waktu lalu yang terkesan buruk.
    Alhamdulillah ternyata RSMH itu oke banget kok.
    Dokter,perawat dan petugas lainnya berkaitan dgn RSMH,pokoke propesional bingit….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 819,637 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?