Tips traveling light buat umroh.

Hai hai! Ma baru pulang umroh loh! Perdana!! 😀

Sipit dan silau, thawaf jam 2 siang sih. 😛

Jadi selama sepuluh hari itu, Ma dapet beberapa tips yang bakal Ma pake kalo Ma umroh lagi nanti (AMIIIN!!) karena kayanya kesanya kok susah banget mau traveling dengan gak repot kalo umroh. 😛

  1. Bawa baju gak usah banyak-banyak, ntar bakal beli juga disana. Ada kok gamis tangan panjang yang harganya cuma 10 riyal alias 25 ribu di Madinah, di depan Masjid Nabawi setiap selesai shalat. Makanya sering macet, wong yang dagang rame banget.

    Ini nih yang jualan depan masjid.

  2. Gak bisa Bahasa Inggris dan Bahasa Arab? GAPAPA! Ma kaget karena bayak sekali yang ngerti Bahasa Indonesia, mulai dari orang di hotel, pedagang, sampe askar-askar yang biasanya teriak “Ibu! Ibu! Keluar, Ibu!!” Kayanya Bahasa Indonesia lebih kepake daripada Bahasa Inggris deh disini. 😀
  3. Orang Indonesia = Mukenah. Itu khas banget, karena orang dari negara lain rata-rata gak pake mukenah, alias langsung aja pake gamis dan jilbab, atau pake chador. Selain orang Indonesia, mungkin cuma orang Malay yang pake mukenah juga. 😛
    Enaknya pake mukenah itu ya gak perlu pusing mau pake baju apa, mau pake kaos itu-itu aja juga gapapa, kan tinggal ditutup pake mukenah aja. Beres deh.
  4. Pake celana dalam kertas aja, biar gak repot cuci cuci dan menuh-menuhin koper. 😛
  5. Begitu beli baju ihram, langsung dicek ya nerawang atau nggak. Karena seringkali bahannya nerawang, apalagi karena warnanya putih, Jadi kalo emang mau aman, cari yang model gamis, dan jilbabnya dikasih daleman lagi.
  6. Bisa pake RUPIAH!! 😀
    Girang gak tuh? Jadi stok riyal-nya gak usah banyak banyak, karena hampir semua pedagang terima pembayaran dengan Rupiah, kursnya 1 riyal Rp 2.500,-

    Kan? Kan? Bisa pake Rupiah! YEY!!

  7. Bawa kantong plastik buat sendal di Masjid Nabawi. Kalo di Masjidil Haram sih ada kantong plastiknya. 😀
  8. Di Masjid Nabawi gak boleh bawa kamera, dirazia oleh mbakyu askar-nya, susah nembusnya, tapi kalo di Masjidil Haram lebih longgar, foto foto setelah thawaf aja bisa. Kalo cowo hampir selalu bisa bawa kamera masuk. 😐
  9. Bawa stok obat ya mbakyu, Ma gak banyak bawa stok obat karena Papa bilang apotek dimana mana, tapi disana antibiotik yang ada cuma Azitromicin. 😦
  10. Kacamata item, sendal, sunblock, sepatu. Biar santai dan nyaman disana. 😀
  11. Kalo pengen liat buka tutup-nya payung di Masjid Nabawi, jalan jalan aja sekitar jam setengah tujuh pagi dan abis magrib, Ma gak tau jam pastinya.
  12. Puasin minum air zam-zam disana, kalo perlu bawa botol air mineral yang udah kosong. Waktu di Masjidil Haram, bisa dibawa thawaf sekalian, terus bawa pulang ke rumah buat keluarga terdekat. Itu bisa jadi oleh oleh terbaik loh. :mrgreen:

    Ayo! All you can drink! :mrgreen:

  13. Beli sim card di sana. Pake Mobily ada paket BBM unlimited satu minggu seharga 40 riyal alias Rp.100.000,- Jauh lebih murah daripada pake roaming yang seharinya bisa Rp. 50.000,-
  14. Ada yang bilang kalo belanja di Madinah lebih murah daripada di Mekah. NOT! Mungkin yang bener belanja kurma lebih murah di Madinah, tapi selebihnya gak jauh beda. Banyak baju dan parfum yang lebih murah di Mekah, dan tempatnya lebih nyaman, dan penjualnya gak genit. Abaya hitam panjang di Mekah ada yang harganya 40 Riyal gak pake nawar, bagus lagi. 😀

Nanti kalo Ma ada ide tambahan, Ma tambahin deh. 😀

Semoga berguna. :mrgreen:

Iklan

18 Responses to “Tips traveling light buat umroh.”


  1. 1 cK Mei 16, 2012 pukul 12:26 am

    Waaaaah seru ya Ma! Kalau budget kira-kira berapa yang diperlukan? Btw ini Ma beneran sendiri umrohnya? O.o

  2. 3 cK Mei 16, 2012 pukul 8:36 am

    Sip sip *dicatat* btw tips travellingnya Ma keren-keren. Kapan-kapan kita travelling bareng yuk! *lihat air asia yg lagi diskon*

  3. 6 Cicha November 6, 2012 pukul 10:51 am

    Twitnya donk Ma,,

  4. 8 Nursani November 27, 2012 pukul 12:00 pm

    enaknya di masjidilharam saat bln ramadhon .suasana salat tarawih dan salat tahajud berjemaah di sepuluh malam terakhir yg dilaksanakan dari jam 1malam. air mata kita akan bercucuran dan hati bergetar mohon ampunan saat doa qunut yg di bacakan oleh imam,apalagi salat tarawih di malam 29 ramadhon,sering di sebut dgn malam hatam quran ,krn surah yg di baca juz amma dan diakhir salat sehabis ruku lsg baca doa kadang sampai 1 jam,disini malam pertama tarawih dimulai dari juz 1

  5. 9 green April 10, 2013 pukul 5:23 pm

    kalo g pake bbm ada saran g enaknya pake seluler apa
    thanks

    • 10 Rizma Adlia April 19, 2013 pukul 7:54 pm

      Sebenernya semua provider gak ada masalah kok, bisa pake semua. Kalo gak nyaman ganti kartu sekarang ada feature buat bisa terima telpon dan nelpon dari Saudi, tapi lebih mahal sih. 😛

  6. 11 Lilik April 17, 2013 pukul 11:48 pm

    bawa sepatu apa? bukannya cukup sepatu sandal & sandal
    Baru mau berangkat neh

  7. 13 Ary Maret 25, 2014 pukul 2:55 am

    maaf bu jika ada yg butuh riyal… saya Jual RIYAL khusus pecahan 1, 5 & 10. Untuk Umroh & Haji
    lokasi Jakarta Selatan/Jabodetabek

    hub Ary : 02194396817 (esia, sms dulu jg gpp) 🙂

  8. 14 Gamis Umroh Mei 1, 2015 pukul 12:10 pm

    Wah asyiknya yg udah berumroh..

  9. 15 Sprei Linen Mei 1, 2015 pukul 12:12 pm

    Subhanallah..jadi pengennn ke sana

  10. 16 Rumah Klaten Mei 1, 2015 pukul 12:12 pm

    Umroh = wisata hati paling seru!

  11. 17 Rumah Klaten Mei 1, 2015 pukul 12:13 pm

    Moga2 kapan2 bisa umroh kayak ma


  1. 1 gamis remaja Lacak balik pada September 11, 2014 pukul 1:47 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 805,483 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?