Poligami dan gosip antar cewe,,

Hmm,, basi ya bahas poligami?? bodo aaah,,πŸ˜€

Tanggal 21 Juli kemaren, ada anak kecil yang ngasih Ma link ke blog ini,, dan dia ampe bilang “Jenius!” buat tulisan itu,, Ma jadi penasaran dong,, jadi Ma meluncur ke sana dan baca apa yang di bilang “Jenius!” oleh seorang Geddoe,, Ini quote dari tulisan ituh,,

Contoh kasus AA Gym, walaupun poligami menurut AA Gym adalah boleh menurut agamanya, tetapi yang ingin saya tanyakan apakah selingkuh atau berhubungan dengan wanita lain diperbolehkan dalam agamanya, saya yakin dalam agama apapun itu pasti tidak diperbolehkan. Lalu mengapa poligami pasti selingkuh? Iya, poligami pasti diawali dengan perselingkuhan, saya yakin seyakin-yakinnya bahwa sebelum AA Gym menikahi istri keduanya, dia telah berhubungan dengan wanita itu. Tidak mungkin AA Gym menikahi begitu saja tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Berdasarkan hal ini saya mengatakan poligami itu sudah pasti salah dan diawali perselingkuhan.

Kalau mungkin ada yang berkata ada yang mengatakan tidak ada perselingkuhan sebelum poligami, lalu bagaimana mungkin istri pertama akan mengijinkan suaminya menikah lagi, kalau karena sang suami terlanjur mencintai wanita lain, nah itu kan berarti selingkuh.

*sebenernya ga mau sebut merk sih,, tapi kalo yang baca buka ke blog itu,, tetep aja bakal kebaca merknya*

Upss,, sebelomnya nih,, Ma ga niat buat ngebahas hukum hukumnya, ayat ayat dan ushul fiqh-nya,, kalo mau nyari itu,, kayanya di sini aja deh ya,, juga ada nih resensi film yang berhubungan dengan masalah poligami, yang menurut Ma lumayan ‘menyentil’ sudut pandang yang berbeda, terus kalo mau nyari tulisan poligami yang ga semerawutan kaya Ma ini,, ke sini aja deh,,πŸ˜€

Hmm,, kalo menurut Ma sih ini bukan teori baru lagi,, masalahnya kalo cewe cewe, contohnya Ma sama temen temen Ma aja deh lagi WBG atau sekedar ngegosip sambil duduk duduk nungguin bimbingan waktu KKJ, topik ini sering banget di bahas, ampe bikin Ma pernah ga mau nikah gara gara ini,, mungkin karena cewe butuh punya teori pertahanan diri kalo sewaktu waktu butuh nge-counter pertanyaan cowo cowo brengsek sebagian orang tentang pandangan mereka tentang poligami ini,, dan kalo Ma ga salah dulu yang pertama kali bilang teori ini di antara anak KKJ Ma itu Vega sama Neva,,

Di sini ini yang dimaksud selingkuh itu selingkuh hati-nya suami itu sama calon istri berikutnya (menurut Ma sih),, Mungkin di bentuk asalnya, poligami itu ga dimulai dengan selingkuh dan dalam bentuk yang bener bener mulia,, tapi di jaman sekarang, berapa banyak banget sih yang poligami atas alasan berbaik hati dan ingin meningkatkan taraf hidupnya janda janda tua yang Ma pikir malah they’d like money better than marriage these days, ngurangin cewe yang perawan tua kok rasanya kesepet sendiri gini ya?πŸ˜†, nambah pahala,,??

Tapi ini sebenernya juga ada counter-nya,, ini salah satu contohnya,,

Lho, kan niatnya masih di hati,, jadi belom dilakukan,, kan kalo niat jelek tapi belom dilaksanakan,, jatohnya bukan dosa dong Ma,,

Nah kalo jawabnya gini,, jadi stage ‘dilakuin’-nya kapan dong? begitu dia minta izin ama istrinya?? begitu nikahin istri ke-sekian-nya itu??πŸ˜•
Dan kalo niatnya orang itu ngitung ngitung amal dan dosa sama Allah dan ga peduli sama istrinya mo gimana juga,, yang sebenernya juga harus diitung dalam kalkulatornya itu,, selamet deh,, Ma ga ikutan maen itung itungan sama Allah,,πŸ™„ (heran deh,, kok di masalah ini Ma susah banget mo husnudzon yak?)

Yang bikin Ma bener bener ga nyangka itu karena Geddoe nganggep ini hal yang baru, sampe di bilang,,

Kok nggak pernah kepikiran, ya!?

Bukannya Ma nge-overestimate dan berekspektasi tinggi sama dia atau gimana, Ma kira dia pasti lebih keren mikirnya dari Ma,, tapi berhubung Ma mikir ini bahasan sehari hari-nya para Jengz ampe jadi topik di arena gosip kami, jadi Ma pikir yang lain juga mikir kaya gitu, apalagi seorang Geddoe (oke,, Ma agak berkspektasi tinggi,, dikit!!),,

Naah,, pertanyaannya sekarang,, yang lain mikir ‘ini’ (as in poligami itu sebagian dimulai dari selingkuh hati) sebagai bahan gosip harian,, apa bahan counter-poligami yang baru,, apa lain lain (jelaskan)?? (jadi kaya mau survey gini,,)πŸ˜†

Update dibikin agak telat nih,, baru sadar kalo kayanya bahasa Ma agak aneh dan jadinya yang baca salah tangkep,, Maapkan Ma ya,,πŸ˜₯

Thanks buat Hiruta, buat kritiknya,,πŸ˜€

Ma: maksud Ma di tulsian terakhir itu sebenenrya mau ngesurvey berapa orang yang pernah mikir masalah hubungan poligami sama selingkuh itu lho,,
Hiruta::mrgreen:
Ma: kayanya yang lain juga ga nangkep kok,,πŸ˜›
Ma: emang bahasa Ma agak belibet
Hiruta: bahasanya agak kurang jelas:mrgreen:

Garfield aja jealous!

Garfield aja bisa jealous Jon punya pacar finally,, (maksudnnyaa??)πŸ˜†

ahahahaha,, poligami versi garfield!

Jalur poligami ala Garfield,, You take the love, I take the money,,😈

192 Responses to “Poligami dan gosip antar cewe,,”


  1. 1 manusiasuper Juli 25, 2007 pukul 8:32 am

    Gw disuruh baca artiker yang judulnya “bahagia dengan satu istri” sama si bawel…

    Masih berpikir-pikir untuk membacanya…

  2. 2 Fajar Juli 25, 2007 pukul 8:54 am

    wah paling takut saya kalo bicara poligami dan perselingkuhan

    jangan2 nanti saya termasuk pelakunya 😐

  3. 3 itikkecil Juli 25, 2007 pukul 9:12 am

    sebagai perempuan biasa dan cemburuan saya menolak poligami. Tapi, di Islam kan diperbolehkan dengan berbagai syarat dan saya termasuk orang yang kagum dengan ibu-ibu yang mau di poligami. Tapi soal selingkuh hati, kayaknya lebih ke counter-poligami deh. dan bagus juga Ma dipakai sebagai senjata untuk berdebatπŸ˜€

  4. 5 alfaroby Juli 25, 2007 pukul 9:20 am

    poligami emang kalau menurut agama islam itu boleh aja, asalkan tidak sembarangan orang, dia haruslauh seseorang yang adil terhadap semua istri istrinya, jadi bukan karena nafsu balaka atau mungkin juga karena keinginan untuk mempunyai anak de el el

    akan tetapi yang lebih penting lagi adalah bahwa alfaroby sendiri tidak mau berpoligami walaupun mengakui kalau poligami itu diperbolehkan, tapi yang penting 1 istri untuk selamanya.

    kalau udah bosen, ya cerai terus nikah lagi ma wanita lain,
    kan jadinya cuman 1 istri terus

    lho????

  5. 6 btyop Juli 25, 2007 pukul 9:21 am

    Tapi gw tetep berpendapat satu aja sudah cukup..

    walau memang ada ayat yg menyatakan boleh poligami dengan syarat bisa adil, tapi di lain pihak ada ayat yg menyatakan yg namanya manusia itu ga akan bisa adil sepenuhnya.

    secara logika dasar, gw bisa menarik kesimpulan bahwa yg direkomendasikan hanyalah satu saja

  6. 7 grace grace Juli 25, 2007 pukul 9:35 am

    *serius=mode on*
    kalo saya gini mikirnya…
    poligami itu boleh menurut agama..
    dan saya mensah kan itu (secara syariat), dan saya bakal ngrasa salut banget sama yang rela di poligami….
    tapi deeply in my heart, as a normal woman, yang punya rasa cemburu, pastinya ga rela lahh…
    dan tentunya berharap ga bakal di poligamiin…
    soalnya bebannya berat bgt..kalo kita rela, emg betul surga jaminannya, tapi kalo ga ikhlas? bs2 tiap ari ada dendam di hati…
    soal selingkuh hati…..
    hm….saya ga tau juga… bukan cowok sih?
    mungkin ada fase2 dimana kita bosen ma pasangan kita,(which is normal) tapi ada org2 yg mo manfaatin itu utk di jadiin alasan utk poligami…
    jadi kejadianlah…
    itu sih teori ala grace..mungkin ga ya?*mikir*
    *serius=mode off*
    arghhh…ga mau di poligami…pokoknya ga mauuu….! *suara hati terdalam*:mrgreen:

  7. 8 Rizma Juli 25, 2007 pukul 9:49 am

    @ Mansup
    baca gih,, baca!!!
    lho udah balik lagi? udah kelar HPnya?

    @ Fajar
    moga moga ngga deh,,πŸ˜›

    @ mbak Ira
    iya mbak,, Ma malah ngira itu udah biasa gitu dipikirin ama cewe buat jadi salah satu argumen counter poligami,,

    @ Anggara
    malah ngiklan,,
    *speechless*

    @ Alfaroby
    kayanya paragraf pertamanya klise ga sih,,πŸ˜‰
    satu istri terus,, bisa,, bisa,,πŸ˜†
    itu juga bisa jadi cara biar ga poliandri buat cewe yang populer,,

    @ Tyo
    Wah Tyo,, dikau mulia sekali,,
    *niat mo ngecengin Tyo*πŸ˜›

    *eh Tyo udah punya cewe*πŸ˜₯

    @ Grace
    kalo alesannya bosen,, cewe sama cowo sama sama bisa bosen kok,, masalahnya apa sebosen dan segampang itu buat nyari lagi,, lagian kayanya menurut agama indikasi poligami ga dari bosen deh,,

  8. 9 caplangβ„’ Juli 25, 2007 pukul 9:59 am

    setau gw, poligami emang dibolehin
    dng syarat suami mesti bisa bersikap adil
    tapi adil menurut istri nomer berapa?

    kesimpulannya :
    ternyata cewe2 msh ngegosipin Aa Gym…
    itu kan pertanyaannya?πŸ˜€

  9. 10 huda Juli 25, 2007 pukul 10:04 am

    Kenapa ya.. isu ini gak habis2nya diperbincangkan orang. Pokoknya biar aja deh.. kan poligami diperbolehkan juga harus dengan persetujuan isteri. Orang mau ngomong apa ya terserah. Yg penting isterinya setuju kan? Klo gak suka diduain ya bikin kesepakatan untuk tidak berpoligami dengan pasangannya, kan beres..

    Inget slogan KB itu:
    “Dua isteri cukup”
    “Laki perempuan sama saja” (lhooo..???)

  10. 11 hime-sama Juli 25, 2007 pukul 10:36 am

    @@ huda :
    kata sp poligami hrs minta persetujuan istri pertama?
    ga juga lohhh…wlopun istri pertama ga stuju…tetep sah d mata agama…
    tapi kalo yg emg udh rela di poligamiin..nah itu baru ga ush di jadiin mslh..ibaratnya kaya aa gym..ngapain di gosipin mulu..org teh nini nya aja ga perotes gombar bombor sana-sini…eh ibu2 nyang ribut…
    @@ ma;

    masalahnya apa sebosen dan segampang itu buat nyari lagi,, lagian kayanya menurut agama indikasi poligami ga dari bosen deh,,

    ya emg bukan itu ma alasan menurut agama…
    tp kan ada aja org2 yg memanfaatkan kehalalan poligami demi tujuan menghlangkan kebosenan…*suudzon*
    sayangnya cewek di agama ga boleh poliandri..jd kalo cewek yang ngrasa bosen..ya terimalah..

    apa sebosen itu dan segampang itu buat nyari lagi?

    wah saya ga tau ma…tapi bisa aja lohh…
    nyatanya para lelaki yang memilih utk ga poligami hobi “jajan” diluar sana…
    tanya kenapa?:mrgreen:

  11. 12 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 10:40 am

    euh.. inih mungkin bukan bacaan basi yah neng… bahkan mungkin inih teh futuristis *blug*… yah selama masih ada ataupun tambah banyaknyah selingkuh menyelingkuh teh… yah masih tidak basi gituh…
    hanya sajah kabayan pikir teh selingkuh berakhir buang… dengan selingkuh berakhir nikah mana yang lebih buruk gitu tah…
    beu… bukannyah antara benar salah… tapinyah antara salah dan sangat salah gituh… kalau kebetulan ngga da pilihan benarnyah…

  12. 13 anggara Juli 25, 2007 pukul 11:02 am

    @rizma
    bukan ngiklan, tapi memberikan informasi lain *speechless juga*

  13. 14 matahari pagi Juli 25, 2007 pukul 11:43 am

    Akuw sih setuju saja sama “the real Poligami”. Tapi jujur aja..akuw mwrasa 1 orang istri itu cukup…dan mungkin lebih dari cukup. ^^

    Setahuku..alasan poligami itu…alasan yang memang sudah kedaan darurat BGT. Jadi kalau ada orang yang berpoligami dengan alasan darurat itu dan yang dibenarkan syariat itu ok2 saja menurutkuw.

    Dan kalau ada seseorang nuduh poligami sesuatu yang jelek hanya berdasarkan mata, hati, otak manusia yang penuh dengan kesalahan…akuw sangat tidak setuju.

  14. 15 apaan Juli 25, 2007 pukul 12:01 pm

    haha, nggak nyangka Ma bakal nulisin lagi masalah poligamiπŸ˜‰

  15. 16 Rizma Juli 25, 2007 pukul 12:11 pm

    @ Caplang
    bukan itu pertanyaannya,,
    *timpuk pake selebaran MQ*

    Lagian yang digosipin poligaminya kali,,
    Aa Gym mo gimana juga urusan dia,, kalo buat Ma sendiri juga dia mau ngapain juga gapapa,,
    not a fan,,:mrgreen:

    bener kok,, dibolehin,, Ma juga ga ngelarang kok kecuali yang punya niat mo nikah sama MaπŸ˜†

    @ Huda
    mau gimana lagi,, itu bikin orang orang kaya Ma yang ga pengen dipoligami, tapi ga mau ngelanggar kata kata Allah buat mikir, dan terus mikir,,
    btw, itu slogan edan betul!!πŸ˜†

    @ Grace
    He eh,, ada yang bilang ga perlu izin istri juga kok,, tapi kalo istrinya ikhlas, kenapa perlu ga minta izin coba?:mrgreen:

    Menurut Ma sih Grace,, ibu ibu (lho kok nyalain ibu ibu ya,,) itu sangat kagum dan jadiin beliau panutan banget, jadi begitu ada event kaya gini (walaupun secara agama dianggep ga salah), mereka jadi depresi dan kecewa banget,,
    emang kadang kadang suka lupa kok kalo orang yang kita jadiin panutan itu masih manusia juga statusnya,,
    (Hohoho,, speaking from the very experience nih Ma,,)

    Kalo ada bener yang namanya poligami yang ideal kaya gitu,, ga mungkin ada masalah ini skarang,, kan bukan cuma ‘ulama’ yang suka maen mutilasi ayat dan ngarang tafsir Al Qur’anπŸ˜‰

    Hmm,, kelo emang yang suka jajan sih,, emang dianya aja itu sih,,
    Ma ga pernah tuh nanggepin pertanyaan,, “mending poligami apa jajan di luar?” kalo emang orientasinya ke situ,,πŸ˜›

    @ kang kabayan
    kalo antara dua pilihannya sama sama salah,, napa kita ga milih aja yang jelas jelas ga salah kang??πŸ˜‰

    @ Anggara
    yah gapapa deh,,πŸ˜€

    @ Matahari pagi
    Ma juga setuju sama poligami sejati kok,,πŸ˜€
    tapi Ma jadi penasaran,, kalo ga boleh pake mata, hati, dan otak,, pake apaan dong??πŸ˜•

    @ Ali
    Ma juga ga tau ngapa Li,,
    Cuma gara gara ngobrol sama Geddoe, dan baru sadar kalo bahan gosipan Ma sama temen temen itu agak berbobot juga ternyata,,πŸ˜†

    ——————–

    Bottom line-nya,, Ma setuju kok kalo ada yang mau poligami,, bener deh,, cuma ngasih sedikit cerita tentang obrolan Ma dengan temen temen Ma di kampus,, dan Ma ga maksain siapapun buat punya pendapat yang sama dengan Ma kok,,:mrgreen:

  16. 17 anggara Juli 25, 2007 pukul 12:26 pm

    @rizma
    asyik, ada yang mau di poligami nih, sepertinya cocok untuk jadi calon *ketawa nyengir*

  17. 18 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 12:39 pm

    duh… neng… seandainya hidup teh bisa milih benar terus mah… semuah orang sudah antri kesurga… euheuheuh.. tapinyah kabayan juga sih mau yang betul terus atuh… kemon iteung… kita kesurga…

  18. 19 M Shodiq Mustika Juli 25, 2007 pukul 12:44 pm

    Analisisnya tajam, menarik, gak bikin bosen, walo topik poligami ini dah agak “basi”.

    Aku jadi pingin tulisanku “dipermak” juga oleh Dik Rizma.

    Kalo berkenan, silakan “mempermak” tulisanku yang terbaru, “Apakah ini masih bisa disebut cinta?”

    Klik aja http://muhshodiq.wordpress.com/2007/07/24/apakah-ini-masih-bisa-disebut-cinta/

    Terima kasih.

  19. 20 cK Juli 25, 2007 pukul 1:46 pm

    yang pasti kalau saya dipoligami, liat aja nanti, apa yang akan saya lakukan hohohoho…

    *gahar mode ON*😈

  20. 22 Mirza Juli 25, 2007 pukul 2:44 pm

    Inti tulisan hari ini sebenernya poligami dan counternya atau kebanggaan sama topik gosipan yang keren?😎

    masalah poligami sih saya udah duga bahasannya pasti ngelebar ke excusenya, kalo istrinya ikhlas sih gapapa, kalo bisa adil sih gapapa, kalo emang mampu ya gapapa *emangnya haji!!!!!*, menolong janda janda kesusahan, fitrahnya laki laki *lha gw?*
    Tapi excuse bosen itu lumayan juga tuh! mungkin itu kali ya kenapa poliandri itu ga boleh, kebayang ga kalo sampe yang pergi ninggalin keluarga itu perempuan, yang udah punya anak, kesannya inhuman banget… bisa dihina hina itu perempuan, kalo laki laki? beda dong kasusnya:mrgreen:

    Kaya susah banget ya ga poligami itu?

    Kayanya komen ini jadi emosi ya, ya maap deh… sepenuhnya pikiran pribadi yang ga penting, semoga ga dihina hina…
    Sori Ma bikin rusuh!:mrgreen:

  21. 23 ryev4 Juli 25, 2007 pukul 2:57 pm

    Sakit Tau Poligami, Tapi Klu Sama2 Nerima Sie……GPP Dan Suaminya Adil

  22. 24 deking Juli 25, 2007 pukul 3:14 pm

    Ma kok nulis tentang poligami? Emang Rifu mau poligami?
    Santai saja dech Ma…Rifu itu gak bakal poligami, lha yang mau sama Rifu ya cuma Ma seorang hehehehehe…
    *nunggu Rifu ngamuk ach*
    Mendingan main origami saja yukπŸ˜€
    **********************
    Hmmmm poligami ya?
    Poligami kan dibolehkan oleh agama so saya tidak akan mengecam tindakan poligami itu sendiri.
    Saya hanya gemes dengan poligamier yg berteriak2 sunat Rasul….mengikuti jejak Rasul dll sebagai legitimasi poligami yg dilakukan. Terkesannya kok Rasul SAW tercinta dimanfaatkan ya…nama Rasul dibawa2.
    Padahal kalau bener2 mau mengikuti jejak rasul ya sana nikah sama janda yang (maaf) tua, tidak sexy, miskin dll. Jangan hanya memilih yang fisiknya menarik saja.
    Jadi sekali lagi jangan salahkan cangkulnya (red. poligami) ya, salahkanlah orang yang salah dalam menggunakan cangkul(poligamier).

  23. 25 dien Juli 25, 2007 pukul 3:37 pm

    Saya kasih komen ini di sana…
    Yang jelas saya sepakat yang dianjurkan cukup satu saja dan dengan senang hati saya mengambil anjuran ituπŸ˜‰

    Imho…

    Saya hanya ingin berusaha menjelaskan poligami dalam sudut pandang Islam, dalam batas pemahaman saya pribadi. Hal ini saya lakukan karena penulis menyebut muslim dan memberi contoh kasus seorang muslim yang melakukan poligami.

    Saya hanya khawatir ada pembaca yang berkesimpulan bahwa Islam menyetujui zina dengan menyetujui poligami. Saya sendiri tidak berpoligami dan tidak terpikir untuk melakukannya.

    Saya juga tidak berusaha dan tidak bisa menilai poligami AA Gym karena tidak pernah tahu yang sebenarnya terjadi.

    Pertama, Islam mengajarkan pembatasan pergaulan antara dua gender yang berbeda yang bukan muhrim. Zina terjadi bila batas pergaulan itu dilanggar.

    Kedua, Islam bukan memperbolehkan poligami dari tradisi beristri satu sebelumnya menjadi empat, melainkan sebuah batasan karena sebelum Islam datang sangat umum ada lelaki yang memiliki istri sangat banyak bahkan puluhan.

    Ketiga, poligami menjadi penting dalam keadaan-keadaan tertentu, misalnya masalah kesehatan istri, banyaknya janda karena perang, kepentingan anak yatim, dll dengan tujuan untuk mengayomi wanita atau anak-anak yatim tersebut.

    Namun demikian Islam dengan tegas memberi batasan dan kriteria2 yang memenuhi syarat diperbolehkannya poligami. Yang terutama adalah adil. Itu pun tidak berarti hak istri kedua sama dengan istri pertama. Bahkan adil di sini seharusnya tetap mementingkan istri yang pertama daripada istri yang berikutnya. Syarat ini sangat penting agar kehidupan keluarga dengan istri yang pertama tidak menjadi hancur.

    Jadi tidaklah adil mengatakan poligami adalah zina karena poligami yang sesuai dengan syariat Islam tidak berarti zina. Poligami β€˜bisa’ berarti zina kalau sang pelaku poligami melakukan sesuatu di luar batas pergaulan sebelum pernikahan dengan istri yang kedua terjadi. Imho, dalam hal yang demikian poligami yang dijalankan bukanlah poligami yang Islami.

    Semoga bermanfaat.

  24. 26 julfan Juli 25, 2007 pukul 3:41 pm

    jangan salahkan poligami. itu kan hukum dari Tuhan. Ayo, siapa yang lebih tahu tentang manusia? pasti Tuhan Kan? kalau masih merasa makhluk Tuhan, ikuti hukumnya. mau…?

  25. 27 Shelling Ford Juli 25, 2007 pukul 3:42 pm

    sejujurnya, saya sendiri bingung antara zaskia mecca dan dian sastro. maunya ya dua2nyaπŸ˜›

  26. 28 Shelling Ford Juli 25, 2007 pukul 3:49 pm

    julfan:::
    hukum Tuhan juga bisa ditafsirkan bermacam2, mas.
    apalagi ayat poligami itu bukan cuma 1 ayat. masih ada lanjutannyaπŸ˜‰

  27. 29 Neo Forty-Nine Juli 25, 2007 pukul 3:58 pm

    Saya ngerti kok cewe ga suka di poli polian. tapi tolong. hargai setanyang besarang diselangkagan cowo. tolongcarikan solusi supaya dia ga ngamuk dan mencari pelampiasan terus….πŸ˜€

  28. 30 Rizma Juli 25, 2007 pukul 4:15 pm

    @ Anggara
    siapa? siapa yang mau??
    Chika tuh,, Chika mau!!😈

    @ kang Kabayan
    iya atuh kang,,
    maksud Ma ituh cari yang ga salah dari pilihan yang dikasih kang kabayan tadi,, yang selingkuh baru nikah, sama yang nikah terus selingkuh,, kan ada pilihan buat ga selingkuh,,πŸ™‚

    @ M Shodiq Mustika
    waduh,, ini cuma tulisan gila Ma aja,, Ma ga bisa malah kalo bikin yang resmi resmi,,
    anw, Makasih pujiannya,,πŸ˜€

    @ Chika
    *ngebayangin*
    ga kebayang!!!! skrinsyut!!πŸ˜†

    @ k’tutur
    itu maksudnya terserah Ma aja apa mau ngiklan post-nya situ??πŸ˜•

    @ Mirza
    Banggain gosip dong!! tapi yang dibahas malah poligami-nya nih,,😦

    Syuh Syuh!! jangan ngerusuh di sini,,!!πŸ˜†
    tapi Ma juga sedikit banyak mikir kaya gitu lho,,πŸ˜‰

    eh btw, pertanyaan yang dibold itu penting banget tuh,, tapi Ma ga tau apa jawabannya,,

    @ PakDe
    moga moga Rifu ga ada niat mau poligami deh PakDe,,
    *Ngarang aja Ma ini,,!!*πŸ˜†

    Ma ga ngelarang poligami kok PakDe apalagi nyalahin poligaminya, ga berani sama Allah,, kalo ada yang mau poligami,, mangga aja,,

    Tapi sama kaya poin PakDe,, rasanya kesel kalo liat sebagian orang pake alesan alesan twisted yang bikin justifikasi buat nyakitin hati perempuan dan anak anak,, itu aja,,

    @ Dien
    makasih buat pemaparannya tentang poligami,,
    buat ngasih tambahan info buat Ma dan yang lain juga bagus tuh,,
    dan Ma setuju banget sama term and condition buat poligami itu,, dan itu yang Ma dari tadi sebut sebut poligami ideal,,

    Hmm,, Ma ada ngomong masalah zina ya?? kayanya ga deh,,

    Setuju sama paragraf terakhirnya!!!!

    @ Julfan
    Itu pertanyaan retorik kan?? jelas Allah dong yang lebih tau,,πŸ™‚

    Tapi kan kita juga dari awal dikasih kebebasan buat mikir dan dikasih latian mengendalikan nafsu sama Allah,, kalo ga, dari awal kita bakal dijadiin malaikat dong,,πŸ˜‰

    @ Joe
    Ngapain dipilih pilih Joe,, udah,, Anto aja,,!!πŸ˜†

    Anw, iya,, ga cuma satu kok cerita tentang poligami itu,,
    Kalo emang cuma satu dan semuanya udah jelas,, ga mungkin masih ada pertentangan di antara ahlinya,,

    @ Farid
    Eh jangan salah,, cewe juga sama aja kalo masalah yang satu itu,, cuma lebih pinter nyembunyiinnya aja,,😈

    Arrggh!!! kenapa jadi seriiuuss!?!??!!?!?!?!?πŸ˜₯

  29. 31 p4ndu_Y4m4to Juli 25, 2007 pukul 4:44 pm

    Males ah poligami. Enakan pergi ke poli gigi, poli anak, dan poli-poli lainnya.πŸ˜›

  30. 32 Rizma Juli 25, 2007 pukul 4:47 pm

    mau ke poli?? poli rumah sakit?? ogaah!! bosaan!! maleess!!πŸ˜₯
    *mau kabur dari CoAss!!*:mrgreen:

  31. 33 Nadia Juli 25, 2007 pukul 5:10 pm

    Poligami udah biasa dibahas di kalangan cewek. Dan sampe kapan pun itu tetep bakal jadi kontroversi…

  32. 34 Rizma Juli 25, 2007 pukul 5:22 pm

    Ah,, akhirnya!! ada satu!!! senengnnyyaaa,,πŸ˜€
    iya,, biasa dibahas di obrolan iseng iseng slash gosipπŸ˜†

    kontroversi?? Jellaas!!!!

  33. 35 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 5:23 pm

    euh… memang yah… para laki2 teh.. termasuk kabayan sih…blug.. sangat sulit untuk mengakui bahwa dirinya teh.. terjajah oleh manuke ituh… yang kata lagu tea.. jadi ajah.. kalo engga ngebalik2in aturan yah mengatas namakan aturan ituh… beu… memang harus diakui… sulit pabeulit…
    euh… jangan kabur atuh neng ima… cintailah poli…euheuh..
    *biar cepet ahli gituh*πŸ˜€

  34. 36 Kopral Geddoe Juli 25, 2007 pukul 5:26 pm

    Nggak suka poligami…

    *diteriaki, poligami itu katanya diperbolehkan*

    Lha, bercerai juga diperbolehkan, tapi saya nggak suka.
    Udang masak lada juga diperbolehkan, tapi saya nggak suka.
    Petai rebus juga diperbolehkan, tapi saya nggak suka.

    Suka-suka saiyah, dongπŸ˜›

  35. 37 jejakpena Juli 25, 2007 pukul 5:28 pm

    Hiyaa… isu ini…:mrgreen:

    Pada kenyataannya, seringnya ayat ini diinterpretasikan sesuai kecenderungan orang. Misalnya bagi yang ingin poligami, akan bilang bahwa memang dibolehkan dengan syarat bisa berlaku adil. Sedangkan bagi yang tidak ingin poligami akan bilang bahwa sebenarnya Tuhan sudah warning banget bahwa pencapaian adil pada yang lebih dari satu itu sulit makanya jika memang tidak mampu, cukup seorang saja.

    Saya melihatnya yang sering yang memicu perdebatan itu adalah ekses poligaminya ke wilayah perasaan kaum perempuan, terlepas dari fakta bahwa poligami itu memang diperbolehkan. Dan jadinya hingga kapanpun akan tetap ada yang namanya pro-poligami, anti-poligami dan… hmm tengah-tengah? Yang `menerima` pembolehan poligami di Al Qur an namun bersungguh-sungguh untuk monogami. (Kalau saya jadi laki-laki, akan mungkin sekali saya milih yang terakhir:mrgreen: )

    Naah,, pertanyaannya sekarang,, yang lain mikir ini sebagai bahan gosip harian,, apa bahan counter-poligami yang baru,, apa lain lain (jelaskan)??

    Entah juga ya, karena ini hal yang kontroversi, bisa jadi counter-poligami pun jadi bakal kontroversi juga…πŸ˜›

  36. 38 Rizma Juli 25, 2007 pukul 5:36 pm

    @ Kang Kabayan
    gitu ya kang,, emang susah ya,,
    *manggut manggut*

    Heeeh? biar ahli?? ga usah deh kang,, gini aja gapapa deh,,πŸ˜›

    @ Geddoe
    Akhirnya yang diomongin ke-summon juga,, telat amat siih,,
    *Suruh Geddoe push up 100 kali!!*

    ahahaha,, Ma juga ga suka kok,, tapi kalo yang lain mau kan gapapa,,
    belajar content dari seorang Geddoe
    btw, kok petai rebus siih?? ga ada yang lebih elit apa??

    @ Hiruta
    Wahai ukhti,, janganlah mendewakan akal,,πŸ˜†

    untungnya ga diblok cuma pro atau kontra ya,, dan kayanya dari yang komen di sini aja, Ma blom ketemu yang pro banget atau kontra banget ama poligami tuh,,πŸ˜€

    Hmm,,
    *lagi baca paragraf ke-dua*
    kayanya ga perlu jadi laki laki deh,, cari aja laki laki yang punya pikiran kaya gitu,, udah ada kaaann,,:mrgreen:

    *kabur sebelom disabet katana*

  37. 39 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 5:49 pm

    euh… biar acaranyah lebih rame inih… coba buat yang merasa 2 dari 3 laki2… supaya segera poligami… bagi yang 1 dari 3 monogami sajah… pluk…πŸ™„

  38. 40 Rizma Juli 25, 2007 pukul 5:54 pm

    Ma ngetek yang satu!!!
    *semangat!!*πŸ˜†

  39. 41 Catshade Juli 25, 2007 pukul 6:16 pm

    Kan sudah dibilangin, syaratnya manusia harus mampu berlaku adil. Nah, supaya adil, wanita juga harus diizinkan poliandri dongπŸ˜› Hayo, yang laki-laki pada terima gak kalo gini?πŸ˜€

  40. 42 Rizma Juli 25, 2007 pukul 6:20 pm

    ahahahahaha,,
    menurut Ma sih ga bakal deh,, mulai dari alesan di Al-Qur’an ga ada hukumnya (eh atau dilarang ya?? Ma ga tau) sampe alesan jumlah cewe lebih banyak dari cowo,,πŸ˜†

  41. 43 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 6:32 pm

    euh… mungkin kabayan tambahkan alesannyah neng… secara jumlah…

  42. 44 deking Juli 25, 2007 pukul 6:41 pm

    Kalau mau tahu pendapat saya tentang poligami sudah pernah ada
    di sini nich

  43. 45 MaIDeN Juli 25, 2007 pukul 6:46 pm

    @btyop,

    “Jenius!”

  44. 46 Irwan Juli 25, 2007 pukul 6:59 pm

    Kalo ga mo di polygami ya tinggal ngomong aja ama pasangannya, ga mo di polygami dan mempersilahkan pasangannya selingkuh silahkan..
    Ga usah suuzon ama yg polygami

  45. 47 Catshade Juli 25, 2007 pukul 7:02 pm

    Buat yang masih pro-poligami dengan alasan jumlah wanita lebih banyak dari pria, sudah saatnya anda mengganti argumen usang anda setelah membaca INI. Buat yang emoh ngeklik, ini ringkasannya: Dari total keseluruhan penduduk dunia, jumlah pria LEBIH BANYAK dibandingkan wanita, tapi rasionya kecil (1,05:1). Di Indonesia sendiri, rasionya 1:1. Dan sebagai catatan, negara-negara Arab rata-rata rasionya 1,2:1 (Arab Saudi) sampe 1,87:1 (Qatar). Tuh kan apa saya bilang, memang lebih masuk akal melakukan poliandriπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  46. 48 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 7:16 pm

    euh… bahkan ada yang polijari gituh…

  47. 49 mamaendang Juli 25, 2007 pukul 7:51 pm

    Salam kenal :
    Kalo kita bisa jadi istri yang luar biasa bagi suami kita, tak akan ada peluang bagi wanita lain untuk masuk kehati suami kita.
    kalo sampai suami kita kebobolan? Ah bukan berarti kita hanya seorang istri biasa… kita masih bisa jadi luar biasa karena kita masih punya pilihan : Ganti suami atau terima suami poligami. JADI PILIHAN TETAP ADA DITANGAN PARA ISTRI, kita tetep luar biasa kan?

  48. 50 Nurina Purnama Sari Juli 25, 2007 pukul 8:06 pm

    justru itulah poligami di anggap sebagai suatu solusi dalam islam, untuk menghindari perzinahan yang lebih laknat daripada harus “selingkuh” diam-diam… walau bagaimanapun, saya salutt denag teh nini dan istri2 lainnya yg mengalami hal yg sama, itu artinya mereka telah bisa menempatkan cinta mereka kepada Allah swt diatas cinta mereka terhadap suami mereka sendiri…subhanallah…merek sudah bisa mengerti tenteng arti CINTA SEJATI

  49. 51 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 8:32 pm

    euh… ngeliat wiki teh jadi menggembirakan… berarti laki2 indonesa sudah terlepas dari statistik 2 dari 3 laki2… duh… leganyah…

  50. 52 Rizma Juli 25, 2007 pukul 8:51 pm

    @ kang kabayan
    baca komennya Catshade kang,,

    @ PakDe
    udah Ma baca pakDe,, dan Ma setuju!!!

    @ Maiden
    Tyo emang keren!!

    @ Irwan
    mas lupa satu variabel lagi selain poligami dan selingkuh,, ada yang namanya monogami,, alias punya satu istri, tanpa selingkuh atopun poligami,,

    @ mamaendang
    SIP!!!!😎

    @ Rie
    buat yang mau poligami sih gapapa,, hebat malah,, tapi kalo Ma pribadi sih, kalo bisa, ga dipoligami,,

    @ kang Kabayan
    bagus dong kang,,πŸ˜€

  51. 53 sikabayan Juli 25, 2007 pukul 9:10 pm

    euh… lupa neng… yang tadi kan blom selesai… maksudnyah teh… jumlah pikiran kotor sama jumlah gombalnyah gituh…βž‘πŸ‘Ώ

  52. 54 wisga Juli 25, 2007 pukul 10:33 pm

    tak satupun wanita yang sudi 100 % kalau diikat dengan rantai emas di rumahnya sementara suaminya ke rumah istrinya yang lain.

    Diriku tak sanggup melakukannya terhadap seorang wanita…
    namun diriku tak berhak mengklaim poligami itu buruk karena…

    Apapun yang telah ditetapkan Allah adalah untuk kebaikan makhluk-Nya dan Poligami adalah seburuk-buruk jalan menghindari perzinahan yang besar.

    Tapi…istilah poligami kudu ditukar dengan suatu kata yang labih halus agar sense-nya gak negatif terus…

    Hiks…

  53. 55 hhan Juli 25, 2007 pukul 11:45 pm

    untuk lebih jelas contoh kasus bagaimana poligami tanpa ada perselingkuhan sebelum nikah ada baiknya anda simak novel dgn jjudul “Ayat Ayat Cinta” Karya Habiburrahman Saerozi (Alumnus Universitas Al Azhar, Cairo). memang hanya sebuah novel tapi paling tidak bisa memberikan sedikit gambaran… CMIIW

  54. 56 the70no Juli 25, 2007 pukul 11:46 pm

    hiks…pada rame poligami…daku numpang lewat teh Riz… daku anak kecil gak tau apa2 tentang poligami…ini seh cuman usul klow istilahnya gak poligami (diambil dari bahasa inggris) lebih baik dikembalikan kepada al-quran itu sendiri…daku seh gak pro gak kontra…soalnya lom tau apa yg akan terjadi besok…jodoh, mati, rizki itu rahasia Alloh…lebih baik berkarya menambah tabungan amal sholeh dengan apa yg dimiliki…sementara gitu aja deh…o ya mohon ijin nge link blognya ya teh…biar tambah temen

  55. 57 hhan Juli 25, 2007 pukul 11:48 pm

    aduh..maap, ada yg kurang hehe..
    klo ada yg mau soft coppy nya saya ada dlm format *pdfπŸ˜› hihi

  56. 58 the70no Juli 26, 2007 pukul 12:30 am

    Bang hhan mana soft copy nya ???

  57. 59 danalingga Juli 26, 2007 pukul 12:36 am

    Poligami? It’s okay, tapi syarat adilnya apa ada yang mampu?πŸ˜† bukan sekedar merasa mampu yak.πŸ˜›

  58. 60 Nurina Purnama Sari Juli 26, 2007 pukul 12:44 am

    itu mah tergantung dari keikhlasan si istri ajah, lagian poligami hukum asalnya mubah koqq, bisa jadi wajib kalo dalam keadaan “darurat”…he…he….

  59. 61 danalingga Juli 26, 2007 pukul 12:56 am

    ikhlas apa terpaksa ikhlas?πŸ˜†

  60. 62 Rizma Juli 26, 2007 pukul 1:23 am

    @ kang kabayan
    oooh,, iya kang, iya,,

    @ wisga
    wah,,!!πŸ˜€
    *salaman*

    @ hhan
    udah baca sih,, tapi ga sampe abis,, kayanya ga niat nyelesaiinnya,,

    @ the70no
    iya,, mari kita berbuat baik!!
    btw, itu cuma masalah bahasa kok,,

    @ Dana
    banyak kok orang yang sepede itu buat bilang mampu,,πŸ˜†

    @ Rie
    tergantug keikhlasan,, tapi ada yang ga perlu izin istri kan,, kalo kaya gitu,, sisi keikhlasan yang mana yang dijadikan gantungan itu? wong bahkan ga dikasih tau,,

    @ Dana
    yang itu disimpan di hati aja Dana,,πŸ˜†

  61. 63 deking Juli 26, 2007 pukul 7:30 am

    *baca lacak balik dari Pak Shodiq*
    Kakakakakakakak….
    Ternyata Rizma juga perempuan nakal yaπŸ˜€
    Mau komen 7 kali gak jadi …πŸ˜€

  62. 65 MasIndra Juli 26, 2007 pukul 7:51 am

    Poligami, sebuah pilihan bagi kedewasaan seseorang. Mau poligami atau selingkuh itu sama saja ya… Atau kita demo bareng2 buat menolak adanya poligami? Wekekeke….

  63. 66 putradi Juli 26, 2007 pukul 8:28 am

    ngga boleh suudzon ah … yang pasti bukan Islam kalo ngga meyakini bahwa Poligami itu halal … (dengan beberapa catatan)

  64. 67 Rizma Juli 26, 2007 pukul 8:40 am

    @ PakDe
    iya nih PakDe,, jadi malu,,πŸ˜›

    @ AzaytunπŸ™‚

    @ Masindra
    ga usah di demo mas,, cuma syarat syaratnya harus lebih sering diingetin sama yang punya niatan itu,,

    @ Putradi
    lho? ga ada yang suudzon lho,,? malah Ma berhusnudzon sama Allah kalo Dia memutuskan untuk mengizinkan poligami dengan alasan tertentu,,

  65. 68 Yupi Juli 26, 2007 pukul 8:47 am

    Jaman sekarang masih mikirin poligami…..orang lain sudah sampe ke bulan tuh….bingung….sama

  66. 69 Kopral Geddoe Juli 26, 2007 pukul 8:51 am

    malah Ma berhusnudzon sama Allah kalo Dia memutuskan untuk mengizinkan poligami dengan alasan tertentu,,

    Jadi ingat teori Richard Carrier kalau Tuhan membuat agama supaya tidak diikuti…πŸ˜•

  67. 70 Rizma Juli 26, 2007 pukul 9:27 am

    @ Yupi
    emangnya ga bisa mikirin mau makan apa besok sambil ngerakit roket ya??πŸ˜› *sumpah ini jawaban ngarang!*πŸ˜†

    @ Difo
    Hmmm,, maksudnya?? karena itu ga bisa dijelaskan secara ilmiah jadi seharusnya ga usah diikuti gitu?πŸ˜•

  68. 71 Kopral Geddoe Juli 26, 2007 pukul 9:40 am

    Kalau kata mbah Carrier, justru agama itu adalah ujian sesungguhnya bagi manusia. Manusia-manusia yang demi kebenaran dan kemanusiaan menolak agama, menderita karena tidak punya pegangan hidup, sengsara karena dicaci maki para penganut agama, itu yang pantas masuk surga. Sebenarnya masuk akal juga sih kalau menganggap hidup itu perjuangan…πŸ˜•

  69. 72 Rizma Juli 26, 2007 pukul 9:43 am

    Hmm,,
    Kalo gitu, perjuangan untuk sengsara berjuang dalam mengenal Tuhan melalui agamanya juga termasuk perjuangan yang bisa diitung juga ga Difo?? kan yang bisa dicaci bukan cuma yang menolak agama,,

    dan hubungannya sama Ma bilang Ma husnzon itu apa?

  70. 73 dien Juli 26, 2007 pukul 9:45 am

    @Ma
    maksudnya saya komen itu ditujukan ke tulisan mrlekig dengan judul “Poligami adalah zina” yang Ma referensikanπŸ˜‰ cuma di sana belum muncul soalnya masih dimoderasi..

    Saya juga kirim ralat ke sana:
    –start–
    β€œJadi tidaklah adil mengatakan poligami adalah zina karena poligami yang sesuai dengan syariat Islam tidak berarti zina. Poligami β€˜bisa’ berarti zina kalau sang pelaku poligami melakukan sesuatu di luar batas pergaulan sebelum pernikahan dengan istri yang kedua terjadi. Imho, dalam hal yang demikian poligami yang dijalankan bukanlah poligami yang Islami.”

    Saya rasa perlu meralat sedikit paragraf di atas. Saya sedikit terbawa oleh mindset penulis.
    Zina adalah pergaulan yang di luar batas tanpa dinaungi institusi pernikahan. Jadi, didahului dengan zina atau tidak, suatu pernikahan baik poligami atau tidak, sudah tidak lagi dapat dikategorikan zina.

    Jadi, judul β€œpoligami adalah zina” sama sekali tidak relevan karena membicarakan dua hal yang sama sekali tidak ada hubungannya.
    –end–

    Balik ke poligami, tetep ‘terms and conditions’ seperti istilahnya Ma paling penting diperhatikan.

    Kalo boleh saya analogikan, poligami itu bagaikan obat. Obat bagi yang memerlukannya. Kalau obat diminum oleh orang yang tidak memerlukan bisa-bisa obat itu menjadi racun. Dalam hal ini malah menghancurkan pernikahan dengan istri yang pertama.

    Jadi, sunnah Rasullah saw dalam hal poligami harus dilihat secara keseluruhan. Bagaimana beliau menjalani pernikahan monogami dengan Siti Khadijah selama kurang lebih 15 tahun. Dan bagaimana beliau menjalankan poligami dengan para janda yang ditinggalkan oleh suami-suami mereka karena perang, dan hanya dengan Siti Aisyah beliau memiliki seorang istri yang belum menikah sebelumnya.

    Oleh karena itu, sesuai dengan analogi saya, sunnah Rasulullah saw itu adalah bagaimana beliau mencontohkan dalam mempergunakan obat tadi. Tentu tidak boleh disalahgunakan.

    Wassalam

  71. 74 Rizma Juli 26, 2007 pukul 9:48 am

    Ohh,, gitu ya,, ngerti ngerti,,
    konsep obat buat yang butuh itu bener juga,, siip!!:mrgreen:

    Makasih ya udah rela komen panjang panjang gini,, Ma tersanjung nih dapet komen bagus bagus kaya gini,,πŸ™‚

  72. 75 Kopral Geddoe Juli 26, 2007 pukul 9:51 am

    Yah, kalau itu, menurut Carrier saya belum dengar secara pasti. Kayaknya nggak, soalnya dia percaya kalau surga itu ada, isinya pasti yang nggak punya agama semua. Saya sendiri menganggap perjuangan intra-agama juga patut dihadiahi surga, tapi kayaknya Carrier nggak; soalnya dia skeptis. Biasalah, atheist, religion, and personal vendettaπŸ˜†

    Soalnya mbak bilang husnudzon2an sih, entah kenapa malah ingat ke sana. Link dari problem of evil dan problem of inconsistent revelations, barangkaliπŸ˜‰

    Maap bikin OOT. Silahken bahas kembali poligaminyaπŸ˜›

  73. 76 Rizma Juli 26, 2007 pukul 9:54 am

    ahahahhahahahahah,,
    Gapapa kok,, OOT bermutu diterima dengan senang hati,,:mrgreen:

    btw tadi Ma baru baca tentang Richar Carrier, yang bikin esai “ikan ga bisa terbang “itu kan??

    dia seperguruan sama Difo ya,,?? sesama freethinker,,

  74. 77 sikabayan Juli 26, 2007 pukul 10:15 am

    euh… sebenarnyah mah… semua manusia teh akhirnya harus sajah mengikuti ketentutan dari holiknya… suka apah tidak suka, mau apah tidak mau… rela maupun tidak gituh… apah pun juga tuhannyah…πŸ™‚

  75. 78 cK Juli 26, 2007 pukul 10:51 am

    Maaa…kita dibilang perempuan ‘nakal’ hohohohohoπŸ˜†
    *malah bangga* 8)

  76. 79 Rizma Juli 26, 2007 pukul 11:05 am

    @ kang kabayan
    apapun Tuhannya ya kang?πŸ™‚

    @ Chika
    iya nniihh,,πŸ˜†
    *ikutan bangga*

  77. 80 sikabayan Juli 26, 2007 pukul 11:11 am

    euh… ada juga kan neng yang tuhannyah teh cicis…

  78. 81 NuDe Juli 26, 2007 pukul 11:14 am

    Kalo misalnya, anto memutuskan untuk berpoligami dengan anung, arya, fadil, ari, joe, rahmad, kira-kira bisa dimengerti nggak ya?

    *ngombe bensin seliter, cepet-cepet ngabur!!!*

  79. 82 J Algar Juli 26, 2007 pukul 11:32 am

    Keren tuh bahasanya “Selingkuh Hati”. Memang sebutannya itu ya wah wah. Tapi orang yang gak poligami juga bisa kan selingkuh hati, Kata itu perlu didefinisikan dengan jelas apa maksudnya ketertarikan seorang suami orang dengan wanita yang bukan istrinya, duh kan bisa aja terjadi……..gila berarti banyak juga yang selingkuh. Terus apa istri orang gak bisa selingkuh hati, hehehe bisa dong. Yang penting kalau udah ada gejalanya mesti hati-hati biar gak tambah parah. Ketertarikan bisa saja terjadi kan tapi bahasanya jadi wah gitu “Selingkuh Hati”. Bisa aja bahasa manusia

  80. 83 anker Juli 26, 2007 pukul 11:41 am

    biarpun agama mengijinkan poligami, tapi saya tidak mengijinkannya, tapi yang tidak saya ijinkan bukanlah orang lain, tapi diri saya sendiri..πŸ™‚

    “satu istri cukup, hitam putih sama saja”πŸ˜€

  81. 84 sikabayan Juli 26, 2007 pukul 11:53 am

    euh… masalah paling dan berpaling teh… utamanyah sih apapun juga jangan sampai berpaling hati dari kholik nyah ajah… anggap sajah latihan gituh…

  82. 85 sugasam Juli 26, 2007 pukul 1:06 pm

    weleh weleh weleh…
    poligami lagi…lagi-lagi poligami…
    weleh weleh weleh…
    kan sudah jelas…
    poligami itu halal tapi nggak wajib…
    jadiii…
    setuju atau tidak setuju itu wajar saja, ndak ada larangan dan ndak berdosa…
    yang berdosa itu yang melarang sesuatu yang telah dibolehkan…
    setuju terus melakukan poligami silahkan…
    setuju tapi tidak poligami ya ndak pa pa…
    ndak setuju dan ndak poligami ya sumonggo saja…

    weleh weleh weleh…

  83. 86 Mawardi Juli 26, 2007 pukul 1:09 pm

    Saya setuju aja poligami. Emangnya apa yang menjadi kendala. Semua cewek bersiaplah.

  84. 87 lorensius Juli 26, 2007 pukul 2:34 pm

    riz, siap-siap dengan tanggapan yang beragam ya.. ini soal yang serious kita akan berhadapan dengan agama dan semoga tidak ada perbanding agama di sini

  85. 88 Rizma Juli 26, 2007 pukul 3:03 pm

    @ kang kabayan
    ada gitu ya kang,,πŸ˜›

    @ NuDe
    contohnya ekstrim betul!!πŸ˜†

    @ Bharma
    emang ga harus punya niat poligami buat selingkuh hati kok,, dan bisa kena ke siapa aja,, jadi ati ati aja dan jaga diri,,
    kaya sendirinya aja ga suka ngutak atik bahasa nih Bharma,,πŸ˜†

    @ Anker
    TOP!!!

    @ kang Kabayan
    iya dong kalo yang itu sih,,

    @ sugasam
    untungnya di sini ga lagi ngebahas hukum hukumnya poligami,, cuma sekedar argumen basa basi hasil gosip cewe cewe,,
    lagian ga ada yang maksa buat setuju atau ga setuju sama poligami kok,,

    Emangnya Ma siapa coba berani beraninya maksain orang,,πŸ˜‰

    @ Mawardi
    ahahaha,,silahkan pak, Ma sih ga ngelarang,,
    cari aja cewe yang mau pak,,

    @ lorensius
    ahahaha,, jelas dong siap,, apa yang mau di-ga siap-in coba,, cuma masalah pendapat yang beda sih gapapa,,
    toh ga ada yang maksa siapapun buat ngelakuin apapun kaan,,πŸ˜‰

  86. 89 abusilman Juli 26, 2007 pukul 3:04 pm

    Poligami kerjaan Yang Agung dan Mulia…………..tapi Jangan Jadi pemanfaatan karena akan mengakibatkan IBU PERTIWI MENANGIS

  87. 90 Rizma Juli 26, 2007 pukul 3:07 pm

    beeeneer,, jangan dimanfaatkan seenaknya aja!!

  88. 91 arif3fti Juli 26, 2007 pukul 3:29 pm

    Asslamualikum…ukhti yang jauhh disana.perkenalkan saya adalah termasuk sekaum dan seagama dengan ukhti. boleh ga ane menanggapi pernyataan ente???
    kalu boleh dan diperkenankan saya pingin menanggapi tentang adanya poligami dan perselingkuhan. begini mbak, afi sebelumnya ane sependapat dengan mbak adanya ketidak setujuan poligami. karena perempuan sepatutnya dihargai, dikasihi dan dijaga.tetapi jangan terlalu suudhan dulu dengan AAgym, kita sebagai hamba Allah yang swangat lemah dan mungkin banyak dosanya. kita g tau apa yang dijalankan oleh AAgym..Allah dan AAgymlah yang mengetahui. siapa tahu ada suatu alasan yang kemingkinan kita g tahu sebabnya. Allah juga jelas2 mengizinkan hal itu dan syarat2 nya juga sudah jelas salah satunya adalah adil. siapa tahu AAgym bisa adil sama kedua istrinya. yang penting kita sebagai hamba Allah yang beriman dan betaqwa, kita tida boleh suudhan dan menganggap rendah orang lain, siapa tahu orang yang kita rendahkan lebi tinggi dari pada kita. percanyalah walupun perempuan dipoligami, perempuan tetap sangat dihargai dan disanyangi……

  89. 92 Rizma Juli 26, 2007 pukul 3:39 pm

    Wa’alaikumsalam,,

    Mas/mbak,, Ma ga ada maksud ngehina Aa Gym kok,, itu yang Ma pajang cuma kutipan dari blog yang Ma ambil,, Ma kayanya udah tulis deh di sana kalo sebenernya ga mau pake nama Aa Gym,, Ma ambilin quote-nya ya,,


    sebenernya ga mau sebut merk sih,, tapi kalo yang baca buka ke blog itu,, tetep aja bakal kebaca merknya

    jadi kalo maksudnya mas/mbak buat bilang sama Ma buat ga suudzon dan merendahkan Aa Gym,, Ma cuma bisa bilang kalo Ma emang ga suudzon dan ga berusaha merendahkannya, dan apapun yang dia lakukan ga ada hubungannya sama Ma,, buat apa Ma ngejelek jelekin orang lain kaya gitu,,? dia mau poligami, silahkan aja,,

    Makasih komennya,,

    semuanya dilandaskan dengan siapa tau ya?πŸ˜‰

  90. 93 zazi Juli 26, 2007 pukul 4:47 pm

    POLIGAMIII!!
    AARRGGHHHH!!!

  91. 94 ninoy Juli 26, 2007 pukul 5:07 pm

    hmm…susah sih ya ma mo komen tentang poligami mah..yang pasti itu tidak dilarang agama kita asal dengan syarat bisa ADIL which is yang tau ukuran sudah adil apa belom itu cuman Dia (di itung waktu hari akhir) tapi dalam agama pun itu kan suatu yang sangat mudharat, sehingga klo tidak mampu cukup satu saja. Dulu itu saya pernah punya pendapat gini “oke mau di poligami itu bisa membuat kita sebagai istri dapetin tiket ke surga, tapi masih banyak jalan menuju surga selain harus sakit hati di poligami” heuheu pendapat waktu masih kecil dulu (baca : kuliah) tapi sekarang mah lebih ke ga mau ambil pusing sih ma, toh itu rumah tangga mereka, ya hak mereka aja, asalkan jangan kejadian ama saya ajah -amit2- terkesan cuek ya?πŸ˜›

    oh iya….lebih pilih mana? selingkuh dan berzina atau selingkuh tapi di nikahi sehingga tidak terjadi perzinahan? -pasti ma pilih ga pernah selingkuh ya- hehe

  92. 95 ario dipoyono Juli 26, 2007 pukul 5:19 pm

    klo poligami sih sebenarnya sih klo bisa ga boleh tapi gimana lagi, perbandingan anatara cewek dan cowok sekarang sudah lebih dari 1:4. Klo itupun di kurangi cowok yang gay… so banyak banget cewek yang ga dapet cowok dong.

    jadinya ceng nggur

  93. 96 deKing Juli 26, 2007 pukul 6:10 pm

    Sudah…sudah….
    Ayo bubar…dasar nakal semua
    Sudah berapa hari masih bergossip saja.
    *scroll up lihat siapa pemilik blog ini*
    Oalah…pantesan lha Rizma sang perempuan nakalπŸ˜€

  94. 97 triatmono Juli 26, 2007 pukul 6:21 pm

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Sebagaimana bro @ario katakan perbandingan cewek dan cowok lebih banyak cewek… let say dipersempit case nya.. jumlah cowok 1 teruz.. jumlah cewek 2… ada didunia ini… teruz si cowok harus milih satu.. ya udah si cowok milih satu… teruz gimana perasaannya cewek yg satu lagi…???

    Penganut monogami.. akan bilang.. ya udah itu takdirnya.. qadrat iradatnya gitu… sebede teiingg… that’s not my business… etc.. !!! Tapi pernahkah terpikir.. bagaimana perasaan cewek itu.. yang nggak kepilih…??? Yang pasti.. ya udah.. cewek itu.. sepanjang hidupnya akan sendirian.. lonely.. teruz cewek itu.. nggak pernah jadi seorang ibu.. nggak pernah ngerasain keterkaitan seorang ibu dan anak.. dalam kamusnya nggak ada kata anak…

    Pernah kah… memikirkan.. bahwa ada dari sebagian wanita.. yang masih melajang .. stress nggak dapat pasangan .. dan kepengin mengakhiri hidupnya..?? Dalam kasus cewek yg nggak kepilih.. gimana rasanya…!!! Ngeliat ke sebelah.. cewek yg satu lagi tersenyum senang… bahagia.. punya anak.. komplit… bahkan nikmat seksual pun sudah ngerasakan.. tapi yang satunya akan merasa sbg manusia tidak beruntung…!!!

    Itu adalah akhir jalan jika kita memilih madzhab monogami…!!!

    Tapi kejadian akan berbeda.. jika cowok tersebut memilih poligami.. kedua cewek akan mengenal kata anak.. walaupun kudu berbagi.. kedua cewek akan tentram.. walau berbagi.. Teruz.. oke.. gimana adilnya..??? Di Islam, definisi adil adalah adil secara harfiah.. tidak secara hati.. jika masalah hati ..itu urusan Allah… jika kita mempunyai 2 anak.. apakah sayang kita sama 100% terhadap kedua anak itu…??? Non sense.. kalau gitu nggak ada istilah anak emas.. etc..

    Justru.. sebenernya yang jadi korban..atau berat adalah pihak laki-laki.. lha wong kudu double… rumah kudu dua.. mobil kudu dua..etc… belum lagi ‘stamina’ kudu double.. plus kudu ada yang ngatur.. bahwa timbangan nya kudu adil.. (kecuali hati..) .. jadi pengorbanan nya bukan hanya dari wanita.. yang harus berbagi.. tapi juga pria nya sami mawon…. supaya cewek yang satu lagi.. nggak merasa tersingkirkan.. dan juga mempunyai hak untuk memperoleh keturunan…

    So ini adalah akhir jalan jika kita memilih poligami…

    Dan di Al’Quran pun dimungkinkan.. bolehnya poligami.. apakah ayat Qur’an ini ..tidak akan terpakai.. ??? Apakah maksud Allah menurunkan ayat ini…??? Silahkan dijawab.. apakah akah mengikuti skenario madzhab monogami.. ataupun madzhab poligami… !!! Bukankan Allah Maha Pengasih maupun Maha Penyayang…??? Jika iya, apakah kita nggak bisa menjadi pengasih dan juga penyayang… ???πŸ˜€

  95. 98 lorensius Juli 26, 2007 pukul 6:31 pm

    Riz,
    emang gak ada siapapun paksain apapun? Gimana dong Ibu Halimah bela-belain ke Pengadilan untuk memperjuangkan haknya untuk tidak berpisah karena adanya Mayang? Emang
    Kata Nurina…

    “justru itulah poligami di anggap sebagai suatu solusi dalam islam, untuk menghindari perzinahan yang lebih laknat daripada harus β€œselingkuh” diam-diam… walau bagaimanapun, saya salut dengan teh nini dan istri2 lainnya yg mengalami hal yg sama, itu artinya mereka telah bisa menempatkan cinta mereka kepada Allah swt diatas cinta mereka terhadap suami mereka sendiri…subhanallah…mereka sudah bisa mengerti tentang arti CINTA SEJATI”

    Iya, mereka para istri yang berbahagia karena bisa mengerti, tapi .. para suami gak bisa ngerti-ngerti, kalau ada lagi tambah lagi.. tambah lagi… padahal banyak kasus yan genggak darurat to? (NURINA)

    Yang TOP itu seperti kata mamaendang, si istri haruslah tetap luar biasa.. hanya stop jadi istri atau tidak pada poligami. Nah.. ini yang luar biasa.. tidak membuat para suami jatuh dalam selingkuh yang sembunyi-sembunyi (ye.. selingkuh emang sembunyi-sembunyi)

  96. 99 k'baca Juli 26, 2007 pukul 6:36 pm

    Nabi Muhammad SAW Istrinya 9 kalau gak salah?
    …….aku pegang 9 hasil pasti 17, yakin deh!

  97. 100 Rizma Juli 26, 2007 pukul 7:20 pm

    @ Zazi
    napa Zazi?? Mau???πŸ˜†

    @ Ninoy
    he eh,, Ma juga mikir gitu kok,, kesannya ga peduli sih,, tapi mo gimana lagi,,

    ahahaha,, Ma pengen jawab yang terakhir, tapi kata Difo itu jawaban yang menyebalkan,,πŸ˜›

    @ ario dipoyonoπŸ˜€
    komen tentang jumlah ya mas?? kita liat ke komen catshade tentang rasio cewe-cowo aja deh ya,, karena angka itu udah ga valid,,

    @ PakDe
    ehehehehehhehe,, PakDe bisa aja nih,, jadi malyu,,πŸ˜›
    *bangga!*

    @ triatmono
    Wa’alaikumsalam,,
    Ini ngasih argumen karena jumlah cewe lebih banyak ya?? kayanya mas perlu liat komen catshade tentang rasio cewe-cowo deh,, karena itu udah ga valid lagi,,πŸ˜‰
    Jadi Ma ga usah komen panjang lebar lagi ya tentang ini,,:mrgreen:

    Hmm,, mahzab poligami ada ya??πŸ˜•

    Hmm,, Allah emang Maha Pengasih dan Penyayang,, dan manusia bergerak mengarah ke kesempurnaan dengan berusaha mengasihi dan menyayangi,, kenapa ga dimulai dengan mengasihi dan menyayangi apa yang kita sudah miliki??
    Allah juga Maha Adil,, dan manusia juga bergerak ke arah keadilan, tapi sudah sejauh apa kita sudah mengarah ke keadilan itu?? itu cuma kita sendiri yang bisa jawab,, dengan jawaban yang jujur,,

    Hmm,, sekedar pikiran ga penting Ma nih,, kalopun emang ada kejadiannya (walaupun ga valid) cewe lebih banyak, dan itu kena ke-Ma, Ma bakal rela buat ga nikah,, Kalo alesan mau nikah cuma gara gara takut sendirian,, Ma ga mau nikah deh,, (IMO lho,,)πŸ˜€

    @ Lorensius
    Sebenernya Ma ga ngerti contohnya,, (Ma rada ga ngikutin berita nih ya,,)
    tapi lagi lagi kayanya mayoritas udah setuju kok kalo poligami itu bisa dipake buat kasus tertentu,, jadi yang dimasalahin itu kan pemanfaatannya,,

    pikiran ga pentingnya Ma nih,, suami perlu juga buat jadi suami yang luar biasa ga?? biar istrinya juga ga jatuh dalam penderitaan dan (mungkin juga) perselingkuhan,, biar adil gitu,,πŸ˜‰

    @ k’baca
    heeeh? ga ngerti Ma,,πŸ˜•

  98. 101 cK Juli 26, 2007 pukul 7:42 pm

    102!!!

    *kabur sebelum dirajam*

  99. 102 danalingga Juli 26, 2007 pukul 7:52 pm

    Entah kenapa saya miris jika melihat alasan poligami itu adalah:

    …daripada zina…

    hah! Mendingan imanmu aja yang diperkuat, biar nggak tergoda.πŸ˜›

    Eh, daripada capek capek poligami mendingan maen bola aja yuk!!!πŸ˜‰

  100. 103 Rizma Juli 26, 2007 pukul 8:00 pm

    @ Chika
    *kejer Chika pake sapu*

    padahal Ma baru cerita ke Rifu,, seneng hari ini post-nya ga banyak yang nyampah,, ini malah PakDe sama Chika yang bikin rusuh,,

    @ Dana
    he eh nih,,

    ehh?? bola?? Ma ga bisa maen bola nih,,

  101. 104 sikabayan Juli 26, 2007 pukul 9:53 pm

    euh… gimanah inih diskusinyah pada lemes beginih yah?… beu… kenapah di sensus endonesa teh perbandingannyah ce:co 1:7…
    jadinyah atuh 2.7 dari 3 laki2… hikz

  102. 105 Catshade Juli 26, 2007 pukul 11:01 pm

    euh… gimanah inih diskusinyah pada lemes beginih yah?… beu… kenapah di sensus endonesa teh perbandingannyah ce:co 1:7…
    jadinyah atuh 2.7 dari 3 laki2… hikz

    Ini data dapet dari mana sih? Kalo menurut perkiraan CIA (yep, CIA yang itu) sampai juli 2007, perbandingan pria dan wanita gak jauh-jauh dari satu.

    Sex ratio:
    at birth: 1.05 male(s)/female
    under 15 years: 1.035 male(s)/female
    15-64 years: 1.005 male(s)/female
    65 years and over: 0.803 male(s)/female
    total population: 1.001 male(s)/female (2007 est.)

  103. 106 sikabayan Juli 26, 2007 pukul 11:08 pm

    euheuhueh… kabayan nanya sama ibu2 persis bandung… katanyah mereka teh dapet dari pemerentah… buat bahan pembahasan lagi rame2 nyah dongeng polgam… blug…πŸ™‚

  104. 107 k'baca Juli 27, 2007 pukul 1:09 am

    coba kalo ma dg kerendahan haatinya mampir ke gubuk ku – pasti ngerti deh! kupunya 9 – kau punya 17 (wekwkewkewkew)

  105. 108 Suluh Juli 27, 2007 pukul 9:42 am

    Ada… poligami tanpa selingkuh… isteri sepupu saya mencarikan isteri kedua untuk suaminya… jadi yang ngenalin isteri kedua tuh malah isteri pertamanya… itu juga cuma dilihat sebentar… mereka keluarga salafi… jadi gak ada perselingkuhan… gak percaya? percayalah saya menyaksikan sendiri…

    salam…

  106. 109 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 27, 2007 pukul 9:50 am

    @ kang Kabayan
    itu buat nunjukin kalo alesan rasio cewe-cowo tuh ga bisa dipake,,

    @ Catshade
    thanks for the statistic,,πŸ˜€

    @ k’baca
    he eh,, judul postnya ternyata,,

    @ Suluh
    bagus dong,,
    itu salah satu kategori Poligami Ideal kan??

  107. 110 Nadia Juli 27, 2007 pukul 10:27 am

    Aku juga pernah nulis soal poligami di blog yang lama, dan itu sebelum issue Aa Gym nikah lagi. Jadi emang bener ini sudah lama jadi bahan obrolan, bukan cuma karena issue tersebut. Menurutku, soal pro atau kontra itu balik ke orangnya masing-masing, terserah berada di posisi yang mana. Yang penting, jangan sampe saling hujat satu sama lain gontok2an cuma karena itu

  108. 111 dwi Juli 27, 2007 pukul 12:00 pm

    mw aa gym ato siapa juga yang poligami, itu sih terserah mereka
    they have their own consequence (susan ni ngetiknya kekeke)
    but 1 thing for sure,, wi ga mau dipoligami!!!!

  109. 112 purmana Juli 27, 2007 pukul 9:47 pm

    Waduh… berarti dulu Rasulullah selingkuh donk??

    Hiii,,, gak mungkin banget!!!!

    Yaaaa, kalo menurut saya sih :
    POLIGAMI itu lebih baik daripada gak punya istri…πŸ™‚

    [at]dwi
    Setuju banget, mau siapapun ber-poligami saya sih gak akan ikut pusing asalkan tidak ‘merugikan’ saya…

  110. 113 sikabayan Juli 27, 2007 pukul 10:05 pm

    euh.. mungkin juga yah neng… cuman sajah berita dari golongan yang menyebarkan kesetaraan atau bahkan imam wanita adalah sulit untuk kabayan percayai…

  111. 114 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 27, 2007 pukul 10:17 pm

    @ Nadia
    setuju banget,, rese deh kalo dipikir kita mikir poligami cuma gara gara Aa Gym,,

    @ Dwi
    sama aja,,πŸ˜€ Ma juga gitu kok,,
    kerjaan dia,, urusan dia,, kan yang stress dia poligami itu fansnya dia,,

    @ Purmana
    walah nih orang,, mas baca dari atas dong,, kan dibilang jaman sekarang,, dan dibilang ada yang namanya poligami ideal,,
    Ya posisi Rasul di poligami ideal donng,,

    Poligami lebih baik dari pada ga punya istri?? ya iya lah buat cowo,, dari itungan matematika aja udah tau,,

    yang >1 jelas lebih dari 0,,

    Kalo yang ngomong itu perempuan,, baru relatif,,πŸ˜›

    @ kang kabayan
    heeeeeh? apaan kang?? hubungannya sama imam wanita apaan??πŸ˜•

  112. 115 sikabayan Juli 27, 2007 pukul 10:24 pm

    euh… yah ituh perkiraan dari CAI = air.. air pan susah dipegang…

  113. 116 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 27, 2007 pukul 10:28 pm

    ahahahahahahahaha,, CIA kang,,
    lagian menurut Ma statistik itu lumayan bisa dipercaya lho,,

  114. 117 sikabayan Juli 27, 2007 pukul 10:34 pm

    euh… yah begitulah neng… yang sudah2 juga banyak kibulnyah CAI teh…
    tapi ituh ada apah neng… lagi seneng banget teh… kabayan kok ngga di bagi… hikz

  115. 118 zferry Juli 28, 2007 pukul 10:51 am

    Selingkuh hati tu yang seperti apa Ma ? apakah melihat perempuan lain bukan istri trus berpikir ngeres ? atau melihat perempuan lain bukan istri dan bukan istri orang lain juga trus meniatkan untuk diambil sebagai istri ?

    Ma sudah khatam AL-QUR’AN ? sudah juga membaca terjemahanya paling tidak sebelum ke tafsirnya ? atau cari tahu lewat internet saja ?

    Sebagai seorang muslimah (* apalagi di pic na pakai jilbab *) tentu sudah yaaa, tapi sayang tidak terlihat sama sekali di setiap postingan yang Rizma buat😦

  116. 119 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 10:54 am

    Dua definisi dari mas Ferry bisa dipake juga tuh,,πŸ˜€

    ahahahahahaha,, emang keimanan orang ditakar dari khatam Al Qur’an apa ngga,,
    mas Ferry kalo emang mau ngehina Ma aja,, jangan di posting deh,, di bagian OOT aja,, disana semua hinaan Ma terima,,
    (di tempat OOT lebih puas lho ngehina Ma-nya dan Ma bisa bales,, kan adil,, :mrgreen:)

    tapi di sini ga,, makasih,,πŸ˜€

  117. 120 danalingga Juli 28, 2007 pukul 10:57 am

    *nyiapin kompor buat meramaikan suasana*πŸ˜†

  118. 121 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 10:59 am

    *bakar Dana pake kompornya sendiri*πŸ˜†

  119. 122 zferry Juli 28, 2007 pukul 11:08 am

    hmmm rupanya Rizma cukup amukan juga, bukan begitu maksudnya ma, tetapi sebelum berbicara tentang ajaran ISLAM apalagi ma juga ngaku ISLAM, baca dulu dari sumbernya dan coba mendalami dengan baik, toh sebagai seorang muslim tentu kita memiliki keingin tahuan yang kuat mengenai kitab suci kita sendiri.
    Memiliki lebih dari satu istri dibahas dalam beberapa ayat di AL-QUR’AN tentu lebih obyektif kalau kita membacanya dulu baru mengomentari, jadi meski kita emosi koq Tuhan tidak adil, dsb, dst, paling tidak nafsu emosi kita bisa sedikit kita redam.

    Sekedar mengingatkan, tentu semua yang kita lakukan diminta pertanggung jawabanya kelak, termasuk juga bikin postingan kaya gini.

    Wassalam.

  120. 123 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 11:15 am

    Mas,, yang dari awal emosi itu bukan Ma,,

    Kalo mas Ferry baca tulisan dan semua komen yang ada di sini,, mas bakal tau kalo Ma ga nganggep Allah itu ga adil,, ga bangeet!! mas baca ga Ma bilang kita berhusnudzon ama Allah?? apa itu artinya Ma nganggep Allah ga adil?? kalo emang mas Ferry nganggepnya iya,, Ma bisa bilang apa lagi,,πŸ˜‰

    Ma masih inget kok kalo semua yang kita lakukan itu dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah,, dan Ma ga pengen pada saat itu nanti Ma ga punya jawaban selain kata kata,, “yang saya dikasih tau si A sih,,” “yang saya denger dari si B sih,,” “ya Allah,, pokoknya kata si C itu ini,, saya ga mau tau!” “saya sih ngikut aja,,” dan berbagai imaginary conversation lainnya,,πŸ˜†

    Mas,, ad hominem-nya di OOT aja ya,, kasian yang mau komen beneran di sini,,

  121. 124 kilausurya Juli 28, 2007 pukul 11:56 am

    Coba baca pandangan lain tentang poligami di sini :
    http://khilafah1924.org/index.php?option=com_content&task=view&id=329&Itemid=477

    Maaf kalo OOT

  122. 125 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 11:58 am

    makasih buat sarannya,, ntar dibaca,,πŸ˜€

  123. 126 purmana Juli 28, 2007 pukul 12:10 pm

    Duh jadi tambah pusingπŸ™„

    Jadi tata-cara poligami yg ideal itu kaya gimana??? Tolong jelasin secara lengkap… Jadi biar semua orang tau maksud dari postingan ini,,,

    *PEACE*

  124. 127 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 12:13 pm

    waduh mas,, Ma udah nulis ga bakal ngebahas ayat, ushul fiqh de-el-el,, dan ga niat buat nge-amandemen-nya,,
    *lirik Difo*

    Tapi udah banyak kok tulisan tentang gimana poligami itu sebenernya,, dan kayanya tulisan di tempat yang Ma link-itu lumayan menjelaskan deh,,
    *sedih,, tulisan Ma ga dibaca jelas jelas*😦

    PEACE juga!:mrgreen:

  125. 129 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 1:46 pm

    udah dong,, harus ditanggapi ya?? ga kan,,πŸ˜‰
    kan saran dari yang ngasih link itu buat dibaca dan buat menghargai perbedaan pendapat dari orang lain tentang poligami,,
    Ma membaca dan menghargai,,:mrgreen:

  126. 130 zferry Juli 28, 2007 pukul 1:50 pm

    ohhhh jadi sebatas menghargai yaaa, namanya juga pendapat kan boleh beda-beda yaaa, yang penting hidup damai, aman, nyaman dan enak, urusan keyakinan sih urusan individu masing – masing ngapain dipusingin, tp klo kita ga suka bikin aja postingan and bilang ini pendapat gw coz menurut gw poligami tu ga bagus hehehehehe intinya gicu ternyataπŸ˜›

  127. 131 zferry Juli 28, 2007 pukul 1:51 pm

    hihii gw ikutan jadi dajjal nehhhhh kekekekeke

  128. 132 zferry Juli 28, 2007 pukul 1:51 pm

    udah boleh jadi member lo ga ma ?

  129. 133 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 1:52 pm

    ahahahahahahaha,, iya dong,, emangnya mau segimana lagi selain ‘sebatas’ menghargai??πŸ˜‰
    *pura pura tolol*

    Ma malah aneh kalo dibilang keyakinan itu bukan urusan individu masing masing,, emang jadi urusan siapa lagi??:?

    klo kita ga suka bikin aja postingan and bilang ini pendapat gw coz menurut gw poligami tu ga bagus

    kalo menurut mas Ferry itu pendapat Ma tentang poligami,, silahkan,,πŸ™‚

    dajjal?? siapaaa??
    emang Ma buka MLM ya pake cari member??πŸ˜•

    eh lagi lagi,, mas di OOT aja deh ya nge-OOTnya,,

  130. 134 zferry Juli 28, 2007 pukul 1:54 pm

    keyakinan memang urusan individu masing – masing, tapi tulisan bisa mempengaruhi, mungkin ma bilang “emang semua muslim tolol mau dipengaruhi” cuma seperti kata pepatah dosa itu memang terlihat lebih nikmat dan menyenangkan he… he…

  131. 135 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 1:57 pm

    yang bisa dipengaruhi itu orang yang minta dipengaruhi atau orang yang lagi mencari sesuatu,, kalo orang yang udah ngotot kekeuh sih ga bakal kepengaruh kok,,

    mungkin ma bilang β€œemang semua muslim tolol mau dipengaruhi”

    wah,, mas Ferry bisa baca pikiran Ma ya?? luar biasa!! yaqin ke’mungkin’an itu bener nih Mas??

  132. 136 zferry Juli 28, 2007 pukul 1:59 pm

    iya deh ma, selamat berliberal dehhh

    Salam Liberal

  133. 137 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 2:00 pm

    ahahahahahaha,, lagi lagi tebakan yang luar biasa?? mas Ferry peramal ya?? keren!!

  134. 138 dwi Juli 28, 2007 pukul 2:53 pm

    hohohoho
    liberal ma?πŸ˜›

    Santai saja dech Ma…Rifu itu gak bakal poligami

    hohoho, kalo punya istri kayak ma sih, dijamin sang suami ga akan poligami. lah wong Ma satu ini aja ga abis2πŸ˜›

  135. 139 rianatn81 Juli 28, 2007 pukul 3:26 pm

    kalau menurut gw………poligami itu memang mengandung perselingkuhan tetap saja dosa besar,kita belajar dari kejadian ulama besar saja …..mengapa dia menikah lagi…..apa dia langsung menikah tanpa mengenal calonnya dulu …..pasti kan selingkuh dulu…benar gakkkkkkkkk

  136. 140 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 28, 2007 pukul 3:31 pm

    @ Dwi
    emangnya Ma apaan ga abis abis??πŸ˜†

    @ Riatna
    Walaah mbak,, kalo dibilang begitu jatohnya ntar yang disalahin di pihak cewe mulu,, dibilang ga mikirin suami lah,, dibilang egoisnya perempuan aja,, dibilang ga taat sama kata katanya Allah,,

    Husnudzon aja (mungkin bukan husnudzon, tapi berharap),, kalo mungkin aja masih ada yang namanya Poligami Ideal jaman sekarang ini,,

  137. 141 rajaiblis Juli 28, 2007 pukul 6:13 pm

    manusia …
    harusnya menjadikan segala yg terlihat, terdengar, dan terasa sebagai sebuah nasehat bukan malah membuatnya menjadi bahan pergunjingan dan saling menyalahkan!

  138. 143 sagung Juli 29, 2007 pukul 1:21 am

    Wong kalo udah beristri trus mikirin cewek lain aja udah dianggap zina. Apalagi selingkuh ……
    Tapi poligami belum tentu selingkuh lho.

  139. 144 Rizma udah logout Juli 29, 2007 pukul 1:24 am

    Bener tuh,, mikirin perempuan lain juga dianggep selingkuh ya mas,,

    Emang orang yang poligami jaman sekarang berapa persen sih yang istri berikutnya dicariin ama istri pertamanya? atau bukan suaminya yang pengen??
    Emang bener belom tentu,, tapi artinya ada angka selingkuhnya dong,,? (dari kalimat itu)

  140. 145 saRe' Juli 29, 2007 pukul 10:13 am

    CINTA!!! intinya itu CINTAA!!!!!πŸ˜†
    mau poligami kek, mau ngga kek, inget aja dengan CINTA, dan pikir pake otak, bukan pake napsu’πŸ˜†
    *sori nyampah kak:mrgreen: *

  141. 146 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 29, 2007 pukul 10:34 am

    ahahahahahahahahahahahahaahahahahahahahaha,,πŸ˜†
    *ngakak sampe ngenes*

    bukan pake napsu ya??πŸ˜‰

  142. 147 purmana udah logout Juli 29, 2007 pukul 6:13 pm

    Sori… sori,,, abis link yg dikasih gak terlalu memuaskan ada yg cuma pake dalil aqli doank gak ada naqli-nya… (masa masalah agama gak pake dalil?) Terus ada yg dalilnya lengkap tapi pusing gak ngerti………

    (Kayaknya itu mah saya-nya yg bodo gak ngerti-ngertiπŸ˜› )

    Eh btw lagi musim poligami ya sekarang sampe2 SBY aja dituduh poligami ama Wakil Ketua DPR….

    Tapi saya tetap pada pendirian saya :

    POLIGAMI LEBIH BAIK DARIPADA TIDAK BERISTRI

    *PEACE!*

  143. 148 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Juli 29, 2007 pukul 6:48 pm

    ahahahahahaha,, iya iya,, masalahnya kenapa pilihannya mas Purmana ga monogami-nya?? kalo poligami sama monogami,, gimana??
    Kayanya options ga beristri itu hampir ga pernah nyamperin makhluk yang namanya pria deh,,πŸ˜‰

    eh Ma seneng lho,, masih mau dateng komen di sini,, makasih ya,,πŸ™‚

  144. 149 chielicious Juli 30, 2007 pukul 4:56 pm

    Holohhhh say no to poligami deh gue sieh.. mendingan selingkuh aja tanpa perasaan.. yang dosa laki gue inih *lhooo??*

  145. 150 sikabayan Agustus 1, 2007 pukul 7:20 am

    euh… dapet ke 153… kabayan pikir2 teh masih bisa lebih rame lagih.. inih teh… ayo2 2.7 dari 3 laki2 harap segera poligami gituh…πŸ˜€

  146. 151 Rizma Agustus 1, 2007 pukul 7:27 am

    @ Chie
    ahahahahaha,,
    biar jadi derita dia aja ya,,πŸ˜†
    *kejam gitu*

    @ kang kabayan
    semangat amat kang ngurusin poligami??
    ngajakin 2,7 dari 3 pria buat poligami? silakan aja,,:mrgreen:

  147. 152 sikabayan Agustus 1, 2007 pukul 7:30 am

    euleuh2… kompak begituh…πŸ˜€

  148. 153 Ma yang lagi seneng banggeeett!! Agustus 1, 2007 pukul 7:32 am

    Masa mau berantem kang,,??
    kalo yang berantem sih di tempat lain ajah,,πŸ˜›

  149. 154 sikabayan Agustus 1, 2007 pukul 8:52 am

    euheuhuehu… betul neng ima… yang berantem mah suruh naek inih ajah…πŸ˜€
    AL- JENAZAH AIRLINES di..
    http://qalbusalim.wordpress.com/2007/01/07/al-jenazah-airlines/

  150. 155 Rizma Agustus 1, 2007 pukul 9:38 am

    Ahahahaha,,
    sip lah kang,,:mrgreen:

  151. 156 Mirza Agustus 8, 2007 pukul 7:31 am

    Udah stop aja nih komen di sini, saya telat ya?

    Udah ngebacain komen komennya nih, lumayan komplit lho Ma, udah ada yang ngasi pendapat secara agama dengan bahasa yang baik (dari dien itu), udah ada yang ngomentarin masalah Aa’ Gymnya (udah dijelasin dari awal kok, masih aja), masih ada yang ngasih alesan jumlah, ada yang nyerang pribadi, ada yang maen ‘daripada zina atau selingkuh?’, ada yang bt gara gara poligami dipake buat alesan macem macem itu (dan itu maksud tulisan ini kan?)

    Seru juga variatif gini Ma, jadi banyak dapet ilmu baru dari yang lain yaπŸ™‚ keren!

  152. 157 Rizma Agustus 8, 2007 pukul 7:44 am

    Kamu! telaat,,!! push upp!!!πŸ˜†
    *nontonin yang lagi push up*

    Ma lumayan seneng emang gara2 dapet komen yang bagus bagus begini,, jadinya bisa sekalian belajar juga,,πŸ˜›

    *liat jam*
    Arrrggh!! Ma mau ke kampuuss!!! gara gara balesin komennya Mirza nih Ma telat,,!!πŸ‘Ώ

  153. 158 sikabayan Agustus 8, 2007 pukul 8:14 pm

    euh.. ada juga sih yang meng alasan kan poligami sebagai hobi…:mrgreen:

  154. 159 Rizma Agustus 8, 2007 pukul 8:34 pm

    Gila aja tuh dijadiin hobi,,
    hobi tuh ya mancing, baca komik, maen game, maen tenis, berenang, koleksi Garfield, merangkai bunga (hueks!), belajar (dobel hueks!), de-el-el,,

    Masa poligami sih?? buseet!!😯

  155. 160 watonist Agustus 8, 2007 pukul 8:49 pm

    “mempertanyakan poligami ??” boleh kok …
    seperti bolehnya kita “mempertanyakan pernikahan ??”

    kalau mau dibikin simple kan, ndak ada gunanya itu …
    istilahnya kan “masak karena pengen makan sate musti miara kambingnya”πŸ˜€

  156. 161 sikabayan Agustus 9, 2007 pukul 4:26 am

    euh… yang hobi ituh yang seperti ituh neng.. yang khusus pelihara banyak kambing untuk disate sajah… :mrgree:

  157. 162 sikabayan Agustus 9, 2007 pukul 4:28 am

    :mrgreen:➑ perbaikan semiley euheuheuh..

  158. 163 watonist Agustus 9, 2007 pukul 8:00 am

    @kang kabayan
    istilahnya, “juragan sate” ya kang ?? hahaha …:mrgreen:

  159. 164 Rizma Agustus 9, 2007 pukul 10:37 am

    ahahahahaha,, juragan sate??πŸ˜†

  160. 165 wedulgembez Agustus 9, 2007 pukul 12:09 pm

    Contoh kasus AA Gym, walaupun poligami menurut AA Gym adalah boleh menurut agamanya, tetapi yang ingin saya tanyakan apakah selingkuh atau berhubungan dengan wanita lain diperbolehkan dalam agamanya, saya yakin dalam agama apapun itu pasti tidak diperbolehkan. Lalu mengapa poligami pasti selingkuh? Iya, poligami pasti diawali dengan perselingkuhan, saya yakin seyakin-yakinnya bahwa sebelum AA Gym menikahi istri keduanya, dia telah berhubungan dengan wanita itu. Tidak mungkin AA Gym menikahi begitu saja tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Berdasarkan hal ini saya mengatakan poligami itu sudah pasti salah dan diawali perselingkuhan.

    Kalau mungkin ada yang berkata ada yang mengatakan tidak ada perselingkuhan sebelum poligami, lalu bagaimana mungkin istri pertama akan mengijinkan suaminya menikah lagi, kalau karena sang suami terlanjur mencintai wanita lain, nah itu kan berarti selingkuh

    ##wheleh-wheleh.

    jumlah perempuan itu lebih banyak dari laki2. kalau mereka berpasang-pasangan 1-1, akan banyak wanita yang tidak bersuami, jumlahnya jutaan. belum lagi ditambah para gay yang jutaan juga. meki ada lesbian. Hukumnya juga ketat.

  161. 166 wedulgembez Agustus 9, 2007 pukul 12:12 pm

    awas…ada orang yang ngaku Islam untuk Menghancurkan Islam…contohnya ya pemikiran kayak artikel diatas….selamat berfikir

  162. 167 Shelling Ford Agustus 9, 2007 pukul 12:26 pm

    wedulgembez:::

    awas…ada orang yang ngaku Islam untuk Menghancurkan Islam…contohnya ya pemikiran kayak artikel diatas….selamat berfikir

    wah…kalo begitu, saya ini penghancur islam nomer 1, masπŸ˜€
    malah heran, emangnya islam bisa hancur, mas? mbok semua orang di dunia ini ga ada yg meluk islam, hasilnya ya islam bakal tetep islam…

    jumlah perempuan itu lebih banyak dari laki2. kalau mereka berpasang-pasangan 1-1, akan banyak wanita yang tidak bersuami, jumlahnya jutaan. belum lagi ditambah para gay yang jutaan juga. meki ada lesbian. Hukumnya juga ketat.

    apa kita seprofesi, mas? hei, kata2 seperti itu cuma pantas diucapkan oleh pria selevel saya: casanova dari kampus mipa. kalo bukan penakluk wanita, saya pikir ga pantas bermimpi untuk bisa poligami:mrgreen:

  163. 168 Rizma Agustus 9, 2007 pukul 12:36 pm

    @ wedulgembez
    Alesan jumlah lagi ya?? basi ah,, udah dijelasin di komen Catshade kok tentang itu,, scroll up deh,,
    lagian yang mas kopi itu tulisan dari blog yang Ma refer lho,, FYI

    Ma? seorang Ma? menghancurkan agama? siapalah Ma ini,,πŸ˜†

    @ Joe
    Casanova???πŸ˜†

  164. 169 'K, Agustus 14, 2007 pukul 6:02 pm

    lieur ueyy
    mau komen tp takut kuwalat,hihihi
    skarang sih ga stuju,tapi gataw klo badai menerpa
    mudah2an gada badai,Amin…

  165. 170 B Ali Agustus 24, 2007 pukul 3:04 pm

    Pertanyaan: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10 atau 25? Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak, maka orang muslim hanya menurutinya saja secara taken for granted.

    Banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Jadi umat muslim terjebak.

  166. 171 sikabayan Agustus 24, 2007 pukul 3:49 pm

    euh… mungkin tidak menikah sama sekali juga kurang bagus yah…:mrgreen:

  167. 172 watonist Agustus 24, 2007 pukul 4:07 pm

    @kang kabayan
    belum tentu kang …πŸ˜€
    seperti pertanyaan/pernyataan saya yang sebelumnya …
    toh hubungan tanpa ikatan masih lebih bagus dari pernikahan kan .. ?! bisa datang kapan saja … bisa pergi kapanpun jugaπŸ˜€

  168. 173 sikabayan Agustus 25, 2007 pukul 3:43 am

    @euh.. kang wat.. anak ajah atuh belarakan di mana2…πŸ™‚

  169. 174 Rizma Agustus 25, 2007 pukul 10:34 am

    @ ‘K
    Takut napa?? takut poligami??πŸ˜†

    @ B Ali
    ooh,, ini ternyata yang kata bang amed,,
    wah,, kalo masalah angka, Ma juga ga tau sih kenapa kenapanya,,
    tapi kalo masalah ke-eksplisit-an Al Quran sih kayanya ngga deh,, banyak kok ayat yang biar[un terlihat eksplisit, sebenernya punya arti lebih jauh,,

    @ kang kabayan
    ga nikah sama sekali? kalo mau ga nikah sih kayanya gapapa juga,, mau nikah juga boleh,, kaya biasa, pilihan masing masing,,

  170. 175 hatinurani21 September 3, 2007 pukul 10:57 am

    @ rizma,

    Dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi. Kita, orang Nusantara, tidak bisa menuruti perlakuan-perlakuan orang Arab waktu jaman Jahiliyah. Apalagi menuruti perlakuan-perlakuan yang sekarang tidak manusiawi dengan kedok Islam.

    Contoh dogma-dogma yang keliru di Al-Qur’an:

    Soal poligami:

    Umat muslim bilang wanita lebih banyak dari pada laki-laki. Hal ini sangat keliru. Di Cina, dengan politik anak tunggal, orang Cina memilih anak laki-laki, hamilan anak perempuan biasanya digugurkan. Akibatnya, saat ini cowok lebih banyak daripada cewek. Jadi Al-Qur’an tidak berlaku di Cina. Jadi “wahyu” Tuhan yang di Al-Qur’an itu hanya berlaku di Arab saja. Dinisi kebenaran wahyu bisa dipertanyakan.

    Soal halal-haram makanan:

    Umat muslim mengharamkan daging babi. Hal ini sangat keliru. Baru-baru ini telah ditemukan bahwa jantung dan paru-paru babi lebih mendekati jantung dan paru-paru manusia. Jantung atau paru-paru manusia yang sakit bisa diganti/dicangkok dengan jantung atau paru-paru babi. Ini adalah solusi yang ideal karena kelangkaan donor. Berarti Al-Qur’an tidak berlaku lagi disini. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Soal ke-najis-an binatang anjing:

    Anjing adalah najis buat umat muslim. Hal ini sangat keliru karena anjing saat ini sangat membantu manusia, seperti: pelacakan narkoba dipakai oleh polisi duana, membantu menyelamatkan orang-orang yang masih hidup yang tertimbun oleh runtuhan bangunan akibat gempa bumi, menyelamatkan pendaki gunung yang ditimbun oleh longsoran salju, teman hidup dan pengantar orang buta, membantu peternak domba untuk mengembala ratusan domba di gunung-gunung, membantu menemukan pelaku kejahatan kriminal, menyelamatkan pemilik anjing yang sendirian yang korban kecelakan di rumahnya sendiri (anjing terus-terusan menggonggong sehingga tetangga datang untuk menyelamatkan pemilik anjing tersebut), dan banyak lagi. Disini, Al-Qur’an sama sekali tidak berlaku. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan yang ada di Al-Qur’an. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Dan banyak lagi dogma-dogma lainnya yang keliru yang kita dapatkan di Al-Qur’an.

    Sebagai kesimpulan, kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
    – Melihat dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi, apakah Islam agama universal?
    – Haruskan kita, orang Nusantara, meniru perlakuan-perlakuan orang Arab waktu jaman Jahiliyah?
    – Haruskah kita, orang Nusantara, menuruti perlakuan-perlakuan yang tidak manusiawi sekarang dengan kedok Islam?

  171. 176 konsultan September 3, 2007 pukul 12:25 pm

    lagi ga login.
    @rizma: diatasku ini ada reinkarnasi B Ali hihihihi…
    summon pak Akismet!

  172. 177 M Shodiq Mustika September 3, 2007 pukul 1:53 pm

    @ hatinurani21

    Semua yang anda sebut sebagai “dogma-dogma yang keliru di Al-Qur’an” itu bukanlah dogma Al-Qur’an.

    Soal poligami:
    Al-Qur’an tidak menganjurkan, tetapi membolehkan poligami (dengan syarat-syarat tertentu). Harap bedakan antara “menganjurkan” dan “membolehkan”.
    Al-Qur’an tidak mengajarkan orang Cina untuk harus menikah dengan sesama Cina saja. Dia boleh menikah dengan orang dari bangsa lain. Jadi, Al-Qur’an tetap berlaku di Cina.

    Soal halal-haram makanan:
    Kelangkaan donor itu tergolong darurat. Dalam keadaan darurat, Al-Qur’an tidak melarang penggunaan benda-benda yang tadinya diharamkan.
    Lagipula, bedakanlah antara “makanan” dan “transplantasi organ tubuh” itu berbeda. Daripada memperbincangkan transplantasi, mestinya Anda ajukan hasil penelitian ilmiah yang membandingkan pengaruh antara makanan halal dan makanan haram terhadap kesehatan tubuh.

    Soal kenajisan anjing:
    Arti najisnya anjing itu bahwa bila kita terkena air liurnya, maka kita harus membersihkannya. Islam tidak melarang pemanfaatan anjing untuk membantu menggembala domba, melacak narkoba, menolong orang dalam bencana, dsb. Sebenarnya, ada tidak sedikit ulama yang memelihara anjing.

    Jadi, kesimpulan Anda mesti ditinjau kembali karena semua asumsi yang Anda pakai itu ternyata keliru.

  173. 178 oRiDo September 3, 2007 pukul 2:48 pm

    aku sih langsung delete aja tuh si b.ali…
    ngawooooorrrrr tuh orang….

    klo ttg puligami..
    monggo mampir ajah deh
    http://orido.wordpress.com/2006/12/08/hotd-taaddudpoligami/πŸ˜€

  174. 179 Mirza September 4, 2007 pukul 7:54 am

    Masih rame aja nih Ma? emang bener bener deh topik ini, luar biasa!

    @ hatinurani21
    Sekedar tambahan pak/bu/mas/mbak, kalo nyikapin semuanya sekenanya aja dari artiannya, dan ga dilihat lebih dalam lagi, semuanya emang terasa ga adil dan ga manusiawi, apalagi kalo ditambah asumsi negatif dari awal, klop aja itu jadinya.

    Kalau lagi hujan, dan mood lagi jelek + ga suka dingin + ada jemuran belom yang belom diangkat + ga suka mandi + ga biasa becek becekan + penyakitan, bakal dibilang kalo hujan itu bencana besar bagi kehidupan, begitulah.πŸ˜†

  175. 180 rahmat Agustus 20, 2008 pukul 2:47 am

    poligami boleh klo si suami siap betulan untuk adil dalam nafkah lahir adapun batin tidak harus sama karena hati tidak ada yang bisa ngukur kecuali Pemiliknya ( Allah ta’ala ) dan si Istri I pun begitu tahu suami nikah lagi ( pasti ) ada gejolak kurang sedap tapi sebentar seterusnya kalo menyadari ehh ternyata dia sendiri merasakan lebih indah dan lebih nikmat dgn poligami ( ini pengalaman )_namun memang tantangan selanjutnya dari luar banyak issu dan rongrongan terutama kalangan yg tak setuju, padahal yang njalani saja enjoy.. yg di luar kok ribut..dasar manusia sok ingin campur tangan..yg penting kalo yg ingin pertimbangkan matang-matang..krn berarti siap memahamkan banyak orang ( 3 keluarga besar )..moga sukses dgn syariat Ilahy ammiin.

  176. 181 Rizma Agustus 20, 2008 pukul 8:02 pm

    buat mas Rahmat, itu kan pendapat situ, boleh dong orang punya pendapat,, Makasih,,πŸ˜€

  177. 183 Dien dan festago Juni 29, 2014 pukul 6:24 pm

    I’m amazed, I must say. Seldom do I encounter a blog that’s both equally educative and amusing, and without a doubt, you’ve hit the nail on the head.
    The problem is something which not enough folks are speaking
    intelligently about. I’m very happy I came across
    this during my hunt for something concerning this.


  1. 1 Perempuan-Perempuan Nakal « M Shodiq Mustika Lacak balik pada Juli 26, 2007 pukul 4:34 am
  2. 2 Apa Salah Sekularisme ??? « Sebuah Perjalanan Lacak balik pada Juli 27, 2007 pukul 11:08 pm
  3. 3 Survei Membuktikan « . : x w o m a n : . Lacak balik pada Juli 30, 2007 pukul 6:09 pm
  4. 4 I’M [not] GO-BLOG « Tempatku Menulis dengan Bebas Lacak balik pada Agustus 7, 2007 pukul 6:21 pm
  5. 5 Review buku perdana,,! *sebarkan confetti* « Ma-Me-Ma,, Just being Me!!!! Lacak balik pada Agustus 23, 2007 pukul 11:13 am
  6. 6 B Ali, Mau Anda Apa Sih? « Amd Lacak balik pada Agustus 25, 2007 pukul 3:25 am
  7. 7 blogresensi untuk resensiblog « Again anD aGain aNd agaIn And agaiN Lacak balik pada Desember 13, 2007 pukul 10:00 pm
  8. 8 I’m so fed up with this topic,, « Ma-Me-Ma,, Just being Me!!!! Lacak balik pada Januari 19, 2008 pukul 12:04 pm
  9. 9 B Ali, Mau Anda Apa Sih? « A Sort of Homecoming Lacak balik pada Februari 18, 2010 pukul 6:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 759,426 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?