Ikhlas,,

Tadi sebelom kumailan mingguan yang biasa diadain di rumah, ustad Sulaiman ngasi cerita, Ma suka banget ceritanya,,

Ceritanya nih,,

Di satu tempat, ada orang yang suka beribadah, tapi dia ga terlalu mampu,, dia punya 3 baju khusus yang dia pake buat solat wajib di mesjid,, baju pertama dipake hari senen, selasa, rabu,, baju ke dua hari kamis, sabtu, minggu,, yang terakhir buat hari jum’at,,

Trus, waktu hari senin, musim ujan, dia pergi dari rumahnya buat pergi solat,, dia pake baju pertama-nya,, jalan ke mesjid,, di tengah jalan, dia kepeleset dan jatoh, dia bangun, pulang dan istrinya ngasi dia baju ke dua, dan baju itu langsung di cuci,, dia berangkat lagi ke mesjid,, dia ga lewat jalan yang tadi, dia muter jalan,, ampe di depan gerbang mesjid dia kepeleset lagi, jatoh, basah dan kotor bajunya,, dia pulang lagi,, bilang sama istrinya dan ganti dengan baju terakhirnya,,, dia ulangi lagi jalan ke mesjid, sambil nginderin tempat dia jatuh kepeleset,, dia juga lewat gerbang yang beda, dia naek tangga ke mesjidnya, terus dia kepeleset lagi, tapi skarang dia ga jatoh, ada orang yang nahan dia dari belakang, besar banget badannya,, terus dia terima kasih sama orang itu dan ngajaknya masuk mesjid bareng bareng,, tapi ditolaknya,, ‘kalo anda ngga nolong saya, saya ga bisa beribadah hari ini’ dan dia bilang ‘tapi saya ga bisa masuk mesjid, saya bisa kebakar,,’ dia bilang lagi ‘saya adalah setan, sebelom ini, saya yang bikin anda jatoh pertama kali, dan anda ikhlas dan pulang, ganti baju dan kembali ke mesjid, untuk itu Allah mengampuni anda dan keluarga anda dari semua dosa,, dan saya juga yang membuat anda kepeleset ke dua kalinya di gerbang, dan anda menerimanya dengan ikhlas, mengganti pakaian anda dan kembali lagi,, untuk itu Allah mengampuni anda, keluarga anda, dan seluruh kampung anda dari semua dosa,, dan yang terakhir itu tidak dilakukan oleh saya,, tapi teman saya,, saya menolong anda karena saya takut apabila anda ikhlas menerimanya, bukan hanya sekampung anda, tapi Allah akan mengampuni seluruh dunia oleh karena keikhlasan anda,,’

ceritanya ga dengan bahasa Ma gitu sih, tapi intinya gitu,, kata ustad Sulaiman, kalo kita ikhlas dalam beribadah dan menghadapi cobaan, kita dan keluarga kita akan diampuni dosa dosanya, itu menunjukkan bahwa Allah sangat ngehargain keikhlasan,, Ma bener bener suka hikmah dari cerita itu, ustad juga bilang, kita kalo jalan jalan nyiapin baju, tapi mau ngadep Allah, sekenanya aja,, ga di khususin, ga di spesialin, ga di ikhlasin,, Ma pengen bisa gitu,, moga moga semua bisa belajar jadi gitu,, Amin,,

Iklan

49 Responses to “Ikhlas,,”


  1. 1 danalingga Juli 17, 2007 pukul 9:33 pm

    Ikhlas memang luar biasa. Sebuah kekuatan yang mukzizat kalo menurutku sih.

  2. 2 kump45 Juli 17, 2007 pukul 9:47 pm

    ikhlas yg sepenuh hati sangat berat menurutku….heheh

  3. 3 abdulsomad Juli 18, 2007 pukul 9:33 pm

    Assalamualaikum wr wb
    keluarga wakdul somad mesti banyak belajar dari cerita ini

  4. 4 cK Juli 21, 2007 pukul 12:44 am

    cerita yang indah… *sobs*

  5. 5 akew Juli 21, 2007 pukul 1:07 am

    gw ikhlas kok di jerumuskan ma Ma.

    kayaknya tagihan internet gw bakal melonjak nih,, hehehe…

  6. 6 danalingga Juli 21, 2007 pukul 1:08 am

    heh dah muncul lagi nih

    *moga moga ma ikhlas atas OOT saya*

  7. 7 zal Juli 21, 2007 pukul 4:05 am

    Ma kayaknya dana ikhlas tu sering mampir kemari…he..he…
    Ma, kalau cerita ikhlasnya udah ada, cari ikhlas,
    kenali…mula-mula berbentuk lama-lama akan berwarna transparan…gimana ya warna koq transparan…
    ngakmano nak ikhlas…,kato rumi tuh..cari bentengmu…kalu pintu benteng tebuka ado semuo disano..(aih tak pacak nak baso palembang ni…)

  8. 8 Rizma Juli 21, 2007 pukul 8:59 am

    He eh,, ikhlas itu luar biasa, dan kayanya emang rada susah ya,, ikhlas beneran maksudnya,, πŸ™‚

    @ Chika
    *ngasih tissue*

    @ Akew
    makasih buat ke-ikhlas-annya,,
    (padahal yang minta dikenalin siapa coba,,)

    @ Dana
    sip! ikhlas,, πŸ™‚

    @ Zal
    Wah,, masternya dateng,,
    *catet tanggal, bulan, taun,,*

    he eh,, mesti belajar lagi biar bisa lebih ikhlas,, πŸ™‚

    anw, bisa bahasa Palembang? sip,, sip!! πŸ˜€

  9. 9 Luna Moonfang Juli 21, 2007 pukul 9:55 am

    seperti yg dibilang AA GYM … jagalah hati … πŸ™‚

  10. 10 p4ndu_Falen45 Juli 21, 2007 pukul 11:08 am

    Hmm…? Berarti baju terakhir tadi dipake orang tersebut untuk sholat selama seminggu penuh? Wah, tabah sekali orang itu.

  11. 11 koecing Juli 21, 2007 pukul 12:02 pm

    cerita yang bagus…
    btw, ada utadzah baru neh.. πŸ˜€

  12. 12 Rizma Juli 21, 2007 pukul 5:24 pm

    @ Teh Jurig

    πŸ˜€

    @ Pandu
    iya ya? lupa,, πŸ˜•

    @ koecing
    iya bagus,,
    ustadzah?? siapa?? siapa??
    *liat kiri kanan*

    Ohh,, Hiruta ya,, πŸ˜€
    *ditampol Hiruta*

  13. 13 Mihael "D.B." Ellinsworth Juli 21, 2007 pukul 5:24 pm

    *Manggut – manggut*

    Bagus sekali ceritanya…

  14. 14 saRe' Juli 21, 2007 pukul 6:21 pm

    hmm… cerita yang bagus… harus dan wajib ditiru..
    *ikutan manggut-manggut* πŸ˜€

  15. 15 Rizma Juli 21, 2007 pukul 6:30 pm

    @ DeBe

    ckckck,,
    *speechless*

    @ Sara
    ini malah ikutan manggut manggut,, πŸ˜€
    kamu ada juga lho waktu ust Sulaiman cerita ini,,

  16. 17 yud1 Juli 21, 2007 pukul 7:58 pm

    well…

    …devil may care, though πŸ˜€

    ikhlas aja dulu, siapa tahu nanti ada yang nolongin. setan sekalipun yang nolong, nggak masalah, kan? :mrgreen:

    ~niceAnyway

  17. 18 deking Juli 21, 2007 pukul 8:07 pm

    Jadi ingat film “kiamat sudah dekat”
    Syarat terakhir yang diajukan adalah penguasaan ilmu ikhlas dan ternyata ikhlas itu memang bukanlah hal yang mudah

  18. 19 danalingga Juli 21, 2007 pukul 8:11 pm

    Betul itu pak de ,menguasai ilmu ikhlas emang susahnya minta ampun, tapi jika udah di kuasai maka semua menjadi gampangnya minta ampun. :mrgreen:

  19. 20 Rizma Juli 21, 2007 pukul 10:33 pm

    @ Yud1
    wah,, Yud1 ke sini,, perdana nih,,
    *catet tanggal, bulan, taun,,*

    He eh sih,, tapi Ma sebenernya agak rada ga kebayang aja kalo setan yang nolongin kita,,

    @ PakDe
    Ma ga nonton sih pakDe,,
    syarat terakhirnya apaan pakDe?

    @ Dana
    hmm,, berhubung susah,, Ma minta ajarin Dana juga deh,, πŸ˜‰
    (dasar ya Ma ini,,)

  20. 21 anas Juli 21, 2007 pukul 11:58 pm

    Dalam bukunya Yusuf Al-Qadrawi juga pernah bilang apapun kalau ikhlas pasti dapet pahala, entah nanti akhirnya baik sama dengan yang kita niatkan atau bertolak belakang

  21. 22 Lia Juli 22, 2007 pukul 8:58 am

    Belajar buat jadi ikhlas ya Ma? aku ngikut juga deh πŸ˜€
    kaya’nya tipe tipe yang gampang disebut, susah dilaksanain gitu ya…

  22. 23 mR. Black Juli 22, 2007 pukul 11:14 am

    Mantaff!!! Eh, mantap!!!
    Ceritanya kueren!

    Emang ilmu ikhlas paling sulit yah? Ya Alloh jadikan semua blogger punya ilmu ikhlas yang sejati *Khusyu’ Mode:ON*

    Btw, mungkin salah satu alasan kenapa ceritanya yang terakhir gak jadi kepeleset, karena bajunya cuma 3, kalau jatuh lagi kan gak ada baju lagi!

  23. 24 yud1 Juli 22, 2007 pukul 3:43 pm

    :: Rizma

    ah, sudah sering kok. baru komen aja, sih :mrgreen:

    ::

    ehehe, bisa juga dipandang begini, sih.

    ‘yang penting ikhlas aja, bersakit-sakit dahulu lalu mati kemudian baru bersenang-senang (mungkin) kemudian’

    … πŸ˜•

    ~ahPucing
    ~ikhlasAjaPokoknya :mrgreen:

  24. 25 Shelling Ford Juli 22, 2007 pukul 4:18 pm

    aku belum bisa ikhlas.
    susah.
    sumpah!
    masih suka membalas dengan setimpal (bahkan kdg2 lebih, dink, kekekeke), walaupun memaafkan itu tetap lebih baik πŸ˜›

  25. 26 Rizma Juli 22, 2007 pukul 4:27 pm

    @ mas Anas | Yud1

    kita bener bener jadi ber-husnudzon sama Allah ya,, πŸ™‚

    @ Lia
    mari kita berjuang bersama! *Halah Ma ini,,*

    @ mR. Black
    Amiin!!

    iya dong,, kbayang aja kalo sampe baju terakhirnya itu jadi kotor juga dan dia tetep ikhlas dengan keadaan itu,,
    edan banget kan,, (edan dalam konotasi positif lho,,)

    @ Joe
    He eh,, usaha buat memafkan itu emang lebih mulia,, tapi susahnya ampe bikin gemes,,

    eh iya baru inget,, ada salah satu quote favorit Ma tentang memaafkan,,

    β€œJika kamu mampu mengalahkan musuhmu, jadikanlah maaf sebagai ungkapan syukurmu,,” Imam Ali kw, Nahjul Balaghah

  26. 27 danalingga Juli 22, 2007 pukul 4:38 pm

    aje gile!

    Wah jawaban ma top top gini seperti ustadzah aja.

    *ngikik di pojokan*

  27. 28 Rizma Juli 22, 2007 pukul 4:40 pm

    yang mana?! yang mana?!
    *nyari komen yang dibilang top* :mrgreen:

  28. 30 Nayz Juli 22, 2007 pukul 7:26 pm

    AMin.

    ikut ngambil pelajaranya. teng kyu.

  29. 31 rendra Juli 22, 2007 pukul 7:31 pm

    Paragraph terakhir ngena di saya nih, hiks hiks hiks… Terima kasih ya Ustadzah Rizma

  30. 32 Rizma Juli 22, 2007 pukul 8:45 pm

    yak kita sama sama nge-amin-in deh,, πŸ™‚

    @ Rendra
    jangan panggil ustadzah dong,, aneh gitu jadinya,, πŸ˜›

  31. 33 Resta Juli 22, 2007 pukul 8:49 pm

    gw klo mau sholat pake baju khusus tuh, yang beda dari baju sehari2

  32. 34 Rizma Juli 22, 2007 pukul 8:56 pm

    wah!! bagus bagus!!! πŸ˜€

  33. 35 Kopral Geddoe Juli 22, 2007 pukul 10:59 pm

    Eh, setan itu ada, ya? πŸ˜›

  34. 36 Umar Faridz Juli 22, 2007 pukul 11:03 pm

    emang bener kata ustaz sanusi, kudu belajar ilmu ikhlas!!!

  35. 37 danalingga Juli 22, 2007 pukul 11:07 pm

    @kopral

    wah setan saya nggak tahu, kalo Iblis sih yang cantik aja ada. :mrgreen:

  36. 38 Rizma Juli 23, 2007 pukul 1:09 am

    @ Geddoe
    yah, kalo di cerita ini sih ada, dan namanya setan,, ga tau deh kalo di cerita laen pake nama apa,,

  37. 39 zal Juli 23, 2007 pukul 2:12 am

    @Rizma
    Apa benar kata sebagian orang, kalau mengenali penyakit sebenarnya dari pengalaman menerima pasien atau cukup dengan membaca buku/ literatur..?
    Apa benar memberi obat yang mendekati sesuai dari pengalaman mengenali yg sembuh atau cukup dari literatur…?
    jika benar, maka praktik dan perhatian/ ketelitian pada sikap ikhlas/ tidak adalah jalan menggapainya….
    jika tidak, mungkin baca literatur, dengarin aja siapa yg nyampein, atau sudah tahu definisi cukuplah sebagai bekal..
    yang dikenali pada diri ini, praktik ikhlas ada content sabarnya, sedang sabar bersama Allah, jadi kalau mau ikhlas mungkin harus bersama Allah ya…??

  38. 40 Lia Juli 23, 2007 pukul 3:07 am

    waah!
    *bacain komen zal di atas*
    berhubung jawabannya itu dari pangalaman praktek dan literatur, artinya digabung dua duanya ya? ya ga Ma?
    ternyata belajar sabar satu paket sama ikhlas ya…

  39. 41 agus Juli 23, 2007 pukul 5:31 am

    Wah…. Kudu Ikhlas Nih baca…. komennya Panjang banged…

    nah Buat Nyang Koment, jangan g Iklhas Loh……

    Nah, buat baju khusus ah…………..

    ^_*

  40. 44 Rizma Juli 23, 2007 pukul 11:31 am

    @ Zal
    *manggut manggut*

    he eh,, he eh,,
    iya ya,, harus dipraktekkan sendiri dulu ya (practice makes perfect!),,
    Hmm,, *sok mikir nih Ma*
    (btw, analoginya keren,,) :mrgreen:

    @ Lia
    iya! jadi satu paket ya Ya’,, πŸ™‚

    @ Agus
    Hehehe,, (sebenernya Ma ga ngerti komennya) πŸ˜›
    Hmm,, ini temennya Bharma kan,, salam kenal,, πŸ˜€

    @ majalah Dewa Dewi
    salam kenal juga,, πŸ™‚

    @ itikkecil
    iya mbak,, πŸ™‚ bikin Ma jadi kepikiran banget waktu dengernya,,

  41. 45 sezsy Juli 23, 2007 pukul 12:01 pm

    wow!!!
    ga boleh nyalahin setan ya.. jadinya…

  42. 46 mariska Juli 23, 2007 pukul 2:14 pm

    bagus…..
    acung 2 jempol..
    pokoknya jangan nyalahin siapapun…

  43. 47 Cahaya Islam Juli 23, 2007 pukul 7:48 pm

    Salam kenal……..
    Menarik sekali ceritanya.

  44. 48 the70no Juli 26, 2007 pukul 10:43 am

    jadi inget tayangan salah satu stasiun tv tentang ilmu ikhlas Kang Dedi Mizwar neh… πŸ˜†


  1. 1 Unwritten,, « Ma-Me-Ma,, Just being Me!!!! Lacak balik pada Juli 23, 2007 pukul 9:35 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 793,350 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?