PBR Ma, dan ucapan terima kasihnya,, :P

Hehehe,, sekedar disimpen di sini,, biar ga ilang (masa ya tadi file ini di Flash disk-Ma kena virus!!),, biar seru! πŸ˜†

ABSTRAK

PROPORSI PERDARAHAN PASCAPERSALINAN
DI RUMAH SAKIT ANAK DAN BERSALIN AZ-ZAHRA
KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN
PERIODE 1 JANUARI-31 DESEMBER 2006
(Rizma Adlia Syakurah, 2007, 41 halaman)

Perdarahan pascapersalinan merupakan penyebab kematian ibu terbesar di Indonesia dan diperkirakan mencapai 28% pada tahun 2003.2 Kasus perdarahan pascapersalinan di kota Palembang melonjak dari 304 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2003 menjadi 317 kasus per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2004.3 Sampai sekarang kasus ini masih merupakan masalah kesehatan utama yang belum terpecahkan. Oleh karena itu, diperlukan data yang lebih akurat mengenai proporsi perdarahan pascapersalinan sehingga dapat dilakukan usaha yang lebih efektif dalam menurunkan angka kematian ibu.

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proporsi perdarahan pascapersalinan di Rumah Sakit Anak dan Bersalin (RSAB) Az-Zahra Palembang Provinsi Sumatera Selatan periode 1 Januari-31 Desember 2006.

Penelitian ini merupakan survei deskriptif dengan populasi pasien obstetri di RSAB Az-Zahra sepanjang tahun 2006. Sampel penelitian adalah seluruh penderita perdarahan pascapersalinan yang berobat ke rumah sakit tersebut. Data yang digunakan berupa data sekunder dari rekam medik penderita perdarahan pascapersalinan, yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel disertai penjelasan-penjelasan deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi perdarahan pascapersalinan di RSAB Az-Zahra sepanjang tahun 2006 sebesar 0,69%. Umumnya perdarahan pascapersalinan disebabkan atonia uteri (66,6%). Perdarahan pascapersalinan paling banyak terjadi pada usia 20-35 tahun. Sedangkan bila dibandingkan dengan jumlah pasien obstetri untuk kelompok umur yang sama, persentase tertinggi berada pada usia >35 tahun (2,33%). Kasus ini juga terbanyak dialami oleh pasien multigravida (1,14% dari keseluruhan pasien obstetri yang multigravida). Kasus ini juga memiliki persentase tertinggi dialami oleh multipara (2,56%). Semua kasus terjadi pada persentasi kepala, penolong pertama persalinan kebanyakan adalah bidan (66,6% kasus atau 2,41% dari seluruh pasien bersalin yang ditolong bidan), dan juga semua kasus tersebut ditemukan pada proses persalinan spontan (1,27% dari seluruh pasien yang bersalin spontan). Sebanyak 66,66% pasien perdarahan pascapersalinan adalah pasien rujukan. Semua pasien perdarahan pascapersalinan bertekanan darah rendah, bermukim di Palembang (0,7% dari seluruh pasien obstetri yang bertempat tinggal di Palembang) dan merupakan seorang ibu rumah tangga.

Berdasarkan data faktor risiko yang didapat dari penelitian ini, pemerintah dan rumah sakit diharapkan lebih sigap dalam mencegah dan mengatasi perdarahan pascapersalinan demi peningkatan kualitas kesehatan ibu.

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

(Thank to Dhanes,, buat file PBR-nya!!)

—————————–

Oh, why you look so sad?
Tears are in your eyes
Come on and talk to me now.

Don’t be ashamed to cry,
Let me see you through
Cause I’ve seen the dark side too.

When the night falls on you,
You don’t know what to do,
Nothing you confess can make me love you less

I’ll stand by you, I’ll stand by you,
I won’t let nobody hurt you,
I’ll stand by you.

So, if you’re mad get mad,
Don’t hold it all inside,
Come on and talk to me now.

And hey, what you got to hide?
I get angry too
Well I’m a lot like you.

When you’re standing at the crossroads,
Don’t know which path to choose,
Let me come along, cause even if your wrong

I’ll stand by you,
I’ll stand by you,
I won’t let nobody hurt you,
I’ll stand by you

 

 

Untuk Kalian,,
Mama, Papa dan Nekno,, yang untuk kalian Ma berusaha,,
Untuk semua kerelaan, kekuatan, pengorbanan, ketulusan, rasa hormat, cinta dan kasih sayang,,

 

Sarah, Didang, dan Ali yang tercinta,,
Untuk semua kebahagiaan, kebanggaan, ketulusan, semangat, kecintaan dan kepercayaan,,

 

Teman teman Ma yang tersayang,,
Untuk semua kebaikan, kesabaran, ketegaran, renungan, pembelajaran, penerimaan, dan rasa memiliki,,

———————————————–

UCAPAN TERIMA KASIH

Terima kasih Allah, untuk semua kebaikan yang mungkin Ma ga pantes dapetin,, untuk semua berkah yang mungkin Ma ga pantes terima,, untuk semua pelajaran yang mungkin belum bisa Ma ngerti,, untuk semua hal,, yang belum bisa Ma syukuri sepenuh hati,,

Mama, Papa dan Nekno,, Yang selalu ada sebagai tempat Ma pulang,, sejauh apapun Ma pergi,, Yang belom bosen buat marah sama Ma, ngingetin Ma, sayang sama Ma,, Terima kasih buat semuanya,, semuanya,, semuanya,,

Sarah dan Didang,, Adik adik Ma yang Ma sayang banget,, Yang jadi tempat diskusi, cerita, curhat, gosip, marah, cemburu, sedih, dan semua emosi Ma,, Makasih buat waktu tidurnya yang kepotong buat nemenin Ma,, buat bantuannya nyariin setiap barang yang hilang,, buat kesabarannya kalian punya kakak kaya’ kak Ma,,

Buat Ira, Robi, Galih, Anca, Nie’, Nezz, Ria, Ana, Vivi,, yang sangat rajin,, dan baik,, Makasih buat semua bantuan kalian di PBR ini,, Ma ga bisa apa apa kalo ga ada kalian,,

Ali Akbar, Yang selalu ada di saat yang tepat, setiap kali Ma butuh bantuan,, yang selalu bisa bikin Ma semangat di setiap masalah Ma,, Makasih buat semangatnya waktu Ma bosen, cape dan males,, buat keceriaannya yang bikin Ma bahagia,, buat kepercayaan diri yang Ali ajarin ke Ma,,

Bharma, Yang Ma berhutang banyak renungan, pelajaran, ilmu dan pemikiran ’aneh’nya,, Makasih buat banyak hal yang diajarkan sama Ma,, buat kesabarannya mau temenan sama Ma,, buat kebaikannya selama ini,,

Buat temen temen Ma tersayang,, Ria, Vivi, Dika, Ana, Sari, Nie’, Nezz, Dian,, Yang masih rela ngurusin Ma yang pemales ini,, yang memaklumi Ma yang agak ’aneh’ ini,, Makasih buat kesabarannya,, buat banyak pelajaran yang sudah Ma dapet selama ini,, dan banyak lagi kebaikan kalian semua,,

Ira, Ninin, Maya dan Dwi,, Yang jauh di mata, dekat di hati,, Makasih buat semua obrolan menyenangkan bersama kalian,,

Dini dan Vega a.k.a Yega,, yang ga hanya buat Ma bahagia di KKJ, tapi juga di banyak hal,, Makasih buat gosip gosipnya,, obrolan yang kadang kadang bermutu,, cerita cerita yang seru,,

KKJ yang membahagiakan bersama teman teman yang membahagiakan,, Jengz dan Jongz,, makasih buat KKJnya,, buat WBGnya,, Ma ga kerasa sendirian di KKJ,,

Difo, Chika, Hiruta (disensor nih,, takut orangnya ngamuk,,), Shan In dan Rifu,, Yang baik, gila, banyak ngasih Ma ilmu yang baru,, Makasih udah nemenin Ma malem malem,, biar Ma ga takut, ga bosen, dan ga ngantuk,,

Buat semua teman teman di FK Unsri 2003, yang udah baik banget sama Ma,, Makasih banget,, banget,,

 

Tugasmu bukan menemukan cinta,
Tugasmu hanyalah mencari dan menemukan
semua benteng dalam dirimu yang kamu bangun
dan menghalangi kamu untuk menemukan cinta

Jalaluddin Rumi

Iklan

41 Responses to “PBR Ma, dan ucapan terima kasihnya,, :P”


  1. 2 cK Juli 2, 2007 pukul 6:22 pm

    semuanya berpelukaaannn…

  2. 3 jejakpena Juli 2, 2007 pukul 6:25 pm

    Ikut Chika… *berpelukan*

    Ehem… hebat bener ini internet, orangnya entah dimana-mana tapi jadi dekat kaya gini. Mimpi apa coba semalam, tiba-tiba namanya bisa muncul di PBR Ma… *tiba-tiba terharu*

    Hmm… Makasih juga buat Ma… selamat ya udah sukses nyusun PBR-nya :

  3. 4 Heri Heryadi Juli 2, 2007 pukul 6:29 pm

    Prok..prok..prok..
    Vivat Academia..

  4. 5 danalingga Juli 2, 2007 pukul 7:55 pm

    Selamat ya.

    btw, PBR itu apaan sih?

  5. 6 nayz Juli 2, 2007 pukul 7:58 pm

    ma….jelasin dunk ! masih belum paham juja

  6. 7 Rizma Juli 2, 2007 pukul 8:00 pm

    @ Chika,, Hiruta

    *peluk Chika sma Hiruta juga!!!*

    makasih,, makasih,,

    @ Heri

    Makasih,,

    @ danalingga

    sejenis TA, kalo buat yang lain,,

    @ Nayz

    hahaha,, intinya Ma udah mau lulus,, πŸ˜€

  7. 8 nayz Juli 2, 2007 pukul 8:05 pm

    Ma !! selamat ya , traktiranya dunk !

  8. 9 wiku Juli 2, 2007 pukul 8:21 pm

    Ohhhh… ngerti ngertiiiii… jadi gitu ya… hmmm… hmmm… jadi pertama suntik dulu… abis itu gunting… eh… salah potong.. jahit dulu… trus sayat kiri… sayat kanan… hmm.. salah lagi nih kayaknya… jahit lagi ah…. πŸ˜› Kekekkeke…. “Bletak!!” *dilempar bakiak ama yang punya blog :P*

  9. 10 Rizma Juli 2, 2007 pukul 8:31 pm

    @ Nayz

    hehehehe,, ke Palembang yak!

    @ Wiku

    HeeeeeH?? serem amaaat!! πŸ˜›
    *seret wiku, suntik pake bius gajah!!*

  10. 11 Arie Juli 3, 2007 pukul 1:14 am

    Trus PBR tu singkatan dari apa?

    * Masih gak connect, maap2 ^^; *

  11. 12 Nayz Juli 3, 2007 pukul 5:50 am

    Ma dari pekanbaru kemaren , bukan palembang. sory ye ?

  12. 13 kump45 Juli 3, 2007 pukul 7:15 am

    mmmm….rumit…..mmmmm….susah…mmmm….ga tau deh…hehehe…oiya salam kenal ya…

  13. 14 btyop Juli 3, 2007 pukul 7:30 am

    wah, semoga sukses yah ^_^ (* ga nyambung yah? *)

  14. 15 Rizma Juli 3, 2007 pukul 9:36 am

    @ Arie

    Pengalaman Belajar Research,, πŸ˜€

    @ Nayz

    Heeh? Ma emang di Palembang,, kapan ke Pekanbarunya?? πŸ˜•

    @ kump45

    Hehehe,, salam kenal juga,, πŸ˜€

    @ Tyo

    Makasih Tyo! πŸ˜€

  15. 16 Lee Shan-in Juli 3, 2007 pukul 9:44 am

    Selaamat ya tante!!! Selamat!!! πŸ˜€

  16. 17 Rizma Juli 3, 2007 pukul 9:47 am

    Makasih,, πŸ˜€

    Apaan tante itu!!!
    *jewer Shan In*

  17. 18 n0vri Juli 3, 2007 pukul 9:50 am

    Ma…
    aku dah kirim artikel buat Omaigat via email
    Semoga bisa buat bayar hutang πŸ™‚

    *sorry OOT*

  18. 19 Rizma Juli 3, 2007 pukul 9:56 am

    hehehehe,, udah dimasukin ke draft bang,, nunggu di-acc editor dulu yak,, πŸ˜€

    gapapa kok OOT,, πŸ™‚

  19. 20 Lee Shan-in Juli 3, 2007 pukul 10:22 am

    Eh, tante. OOT dulu deh…

    Afa avatara aku keganti…? Jadi afa…?

  20. 21 Rizma Juli 3, 2007 pukul 10:37 am

    keganti kok,, keganti,,

    Hmpppff,,, πŸ˜†
    *ga kuat nahan ketawa*

  21. 22 Fajar Juli 3, 2007 pukul 3:13 pm

    sesuai janji saya Ma

    berkunjung :mrgreen:

    selamat selamat

    41 halaman yah … lumayan banyak
    (untuk ukuran mahasiswa spt saya)

  22. 23 Rizma Juli 3, 2007 pukul 3:43 pm

    hahahahaha,, makasih fajar,, πŸ˜€

    41 halaman,, dari semua itu yang dibikin dengan sepenuh jiwa oleh Ma cuma bagian ucapan terima kasih,, πŸ˜†

  23. 25 Rizma Juli 3, 2007 pukul 7:26 pm

    Arggh,, jangan ngikutin Shan In,, dia emang suka error gitu,,

  24. 26 lambrtz Juli 3, 2007 pukul 8:22 pm

    oh, aku pikir PBR yang…itu….itu lo, nyang di jakarte πŸ˜€

  25. 27 Rizma Juli 3, 2007 pukul 8:24 pm

    heeeeeh?? apaan yang dijakarta? πŸ˜•

  26. 28 Heri Heryadi Juli 3, 2007 pukul 8:55 pm

    Nama partai kaleee itumah..
    PBR itu skripsi khan?!

  27. 29 Rizma Juli 4, 2007 pukul 7:39 am

    hehehehe,, iya ya,, maap,, πŸ™‚

    he eh, sejenis itu deh,,

  28. 30 Lia Juli 4, 2007 pukul 9:00 am

    Selamat! dijamin waktu yang paling banyak dipake buat bikin ucapan terima kasih… iya kan??????? πŸ˜†

  29. 31 ninoy Juli 4, 2007 pukul 9:37 am

    hayoooo semangat TA-nya….cepetan kelar yaa, trus ambil keprofesian trus jadi dokter deh trus obatin saya gratisan deh /*ngarepdotcom

  30. 32 9racehime Juli 4, 2007 pukul 10:27 am

    wuahhh……kapan ya saya bs bikin ky gt….
    congratz mbak ma…!!!*peluk mbak ma*

  31. 33 joerig Juli 4, 2007 pukul 11:22 am

    selamat … selamat … πŸ™‚

  32. 34 saRe' Juli 4, 2007 pukul 12:14 pm

    huwaaaaaaaaaaaaaa
    kak ma mau lulus πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯

  33. 35 Rizma Juli 4, 2007 pukul 1:45 pm

    @ Lia

    anda tau aja deh,, πŸ˜€

    @ Ninoy

    Makasiih,, πŸ™‚ moga moga aja Ma cepet jadi dokter,,

    @ Grace,,

    Makasih lho Grace
    *peluk Grace juga*

    @ teh Jurig

    Hehehe,, makasih teh

    @ Sara

    Napa? ga mau jadi anak pertama ya,, πŸ˜‰
    kak Ma kan bisa sering pulang,,
    *pat pat*

  34. 36 Sezsy Juli 6, 2007 pukul 10:03 am

    lapeeeerrrr….

    asiiikkk ditraktiiiiirrrr :p

  35. 37 Sezsy Juli 6, 2007 pukul 10:05 am

    eh..eh…
    kok sering pulang??
    emang abis ini Ma mau kemana???

  36. 38 J Algar Juli 14, 2007 pukul 1:18 am

    banyak yang disensor nih,terimakasih

  37. 39 Rizma Juli 14, 2007 pukul 1:21 am

    @ Seszy
    hualaah,, Ma juga laper nih,, πŸ™‚
    Ma kemaren ke Jakarta,,

    @ Bharma
    Maksudnya isi PBRnya ya,,?? gile kalo semuanya dimasukin,, bisa jadi 41 halaman dong,, kan ada di abstrak inti intinya,, πŸ™‚

  38. 41 Nott De Nutt Agustus 20, 2007 pukul 12:54 am

    Ma…

    Boleh tanya ga??

    Ma temennya Dissa yagh??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 805,883 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?