Gastric Bypass,,

Gastric bypas,, kalo Ma sih,, langsung ke-inget artis artis yang jadi kurus mendadak gara gara prosedur operasi ini,, gile aja,, ampe 50 kilo dong turunnya!! gimana ga mau dahsyat coba!!!!

Penasaran banget deh Ma sama gastric bypass nih,, kenapa ya?? mungkin karena Ma jadi penasaran pengen coba?πŸ˜›

 

garfield lagi

Gastric Bypass itu sebenernya salah satu prosedur yang bisa dilaksanakan kalo kita pengen nurunin berat badan kalo kita obesitas berat,, dengan cara ngebikin lambung kita lebih kecil dan nge-bypass sebagian usus halus yang seharusnya dilewatin,, kalo lambung kita jadi lebih kecil, kita bisa cepet kenyang dengan makanan yang lebih sedikit,, dan kalo usus halus kita di-bypass, penyerapan kalori bisa berkurang,, (usus halus kan buat penyerapan sari sari makanan) sayangnya sebagian zat penting yang lain juga jadi kurang diserap,,

Ada dua jenis Gastric Bypass

  • Roux-en-Y gastric bypass (RGB) Ini operasi yang paing sering dilakukan dan paling umum di U.S.

Reux-en-Y

 

Di Roux-en-Y ini yang paling ketara itu lambungnya diiket (biar ntar bisa dibalikin lagi kali ya,,) terus sebagian jejunum di-tempelin ke lambung yang udah diiket itu, jadi duodenum sama sebagian jejunumnya ga dipake,,

 

  • Extensive gastric bypass (biliopancreatic diversion). Operasi ini ga terlalu sering dilaksanakan karena lebih ribet dan risiko defisiensi zat gizi yang lain cukup tinggi

biliopancreatic diversion

 

Kaya yang bisa dilihat, sebagian lambungnya dibuang,, terus yang di-tempelin ke bagian lambung itu ileum, jadi duodenum dan jejunum-nya dilompatin sekaligus

——————-

Udah dikasih liat gimana operasinya dan keuntungan operasi itu,, tapi yang bikin Ma khawatir itu risikonya dan komplikasinya,,

Katanya, Gastric Bypass itu ada macem macem risikonya, yaitu:

  • Pembesaran lambung (lambungnya melar lagi, jadi kaya’ sebelom operasi lagi)
  • Pengiket lambungnya lepas!!
  • Ada rembesan isi lambung ke rongga perut (bisa peritonitis)
  • Defisiensi zat zat penting bagi tubuh (kaya B12 dan zat besi, bisa anemia)
  • Bisa ada bekuan darah yang bisa nyangkut di paru paru (jadi emboli)
  • Dumping syndrome, kalo isi lambung itu geraknya cepet banget ke usus halusnya. bisa jadi mual mual, berkeringat, cepet cape dan diare abis makan.

 

Kira kira itu risikonya,, tapi katanya ada penelitian yang bilang kalo cuma 2-3% dari orang yang operasi Roux-en-Y ini yang meninggal dalam 90 hari,, (well, that’s a relieve, not,,)
Yah,, itu kira kira sekedar penjelasan singkatnya,, di internet buanyaak banget ternyata tentang itu,, dan lebih detail,,πŸ™‚

—————

Garfield = Fat~

Heeey!!! (tersinggung nih Ma ceritanya,,)πŸ˜›

Ma yakin Garfield ga bakal Mau di-gastric bypass-in,, kan makan adalah hobi dan hidupnya,,πŸ˜†

————–

Referensi Ma,,

 

“Gastric Bypass – Let the Morbidly Obese Beware”, by Neil Osterweil, Senior Associate Editor, MedPage Today

http://www.gbsurgery.com/

http://www.webmd.com/

Gambarnya dari sini dan sini nihh,,

39 Responses to “Gastric Bypass,,”


  1. 1 Joerig Juni 12, 2007 pukul 10:34 am

    waduh … kok serem prosesnya …

  2. 2 koecing Juni 12, 2007 pukul 11:56 am

    yah.. koq keduluan… komennya sama.. T_T
    tadi d’juga mau bilang “wiii… seremnya…” ngobrol2, knp lambungnya bisa membesar lg sih? gimana ceritanya?

  3. 3 koecing Juni 12, 2007 pukul 12:00 pm

    oya komennya ada yang ketinggalan. ternyata RGB kepanjangannya macem2 ya.. kirain cuma Red Green Blue. ternyata bisa jadi Roux-en-Y gastric bypass juga..:mrgreen:

  4. 4 chielicious Juni 12, 2007 pukul 12:35 pm

    Set deh..cara yang kedua ngeri banget yah.. trus itu kenapa bisa membesar lagi lambungnya?

    “tapi katanya ada penelitian yang bilang kalo cuma 2-3% dari orang yang operasi Roux-en-Y ini yang meninggal dalam 90 hari”

    Tapi kan selalu ada yang namanya 2-3% itu :merinding:

  5. 5 sibermedik Juni 12, 2007 pukul 1:14 pm

    ya ..whatever..tapi g semua cow suka tipe cew yg terlalu kurus..??
    MEDIS sendiri ngeliat klo cew trlalu kurus –> lemak sedikit –>Deposit estrogen jg rendah (kn Kolesterol dr Lemak??)–> gmpg cepet menopause –> Cakit-cakitan…tuh kn!!!
    Mending yg proporisonal aja..he5x inget GIZI..pake BMI Ok..
    coz Beauty Usually in Simplicity

  6. 6 Pandu yg curi2 kesempatan OL Juni 12, 2007 pukul 2:47 pm

    Hiyyy…Syereeemm…
    Terus apa hubunganya ama komik Garfield yang di atasnya?

  7. 7 cK Juni 12, 2007 pukul 3:50 pm

    serem juga. tapi si randy jackson juga operasi beginian khan. doi turun banyak tuh…

  8. 8 Ma!!! Juni 12, 2007 pukul 4:13 pm

    buat semuanya,,

    Emang serem,, dan sebenernya masi lebih banyak yang lebih serem,, cuma biasanya,, yang keliatan cuma udahnya aja,, cantiknya aja,, beresnya aja,,πŸ˜‰

    @ koecing

    sebenernya lambung itu bisa mbesar dan ngecil lho,, kaya orang yang udah biasa makan banyak,, lambungnya jadi melar, jadi kalo makannya ga banyak, dia belom kenyang,, makanya walaupun udah di-gastric bypass, tetep harus berusaha merubah pola hidupnya,, ga lucu kan kalo ampe melar lagi,,πŸ˜›

    @ chie

    Iya,, kebayang ga 2-3% dari 100.000 orang,, batal deh ‘hanya’-nya,,

    @ sibermedik

    Ma bingung kok diawali dengan whatever,,πŸ˜›

    Ini kan indikasinya buat orang yang obese berat,, (sibermedik kan anak FK juga, tau dong kriteria obese berat),,

    masalah kurus dan estrogennya betul banget,, Ma malah agak sedih karena orang sekarang nganggep “kolesterol = buruk”,, padahal kalo ga ada kolesterol, bakal banyak hormon yang terganggu,,

    gitu deh kira kira,,πŸ˜›

    @ pandu

    Karena Ma setuju ama Garfield,, kelaparan juga masalah kesehatan!! (alesan karena ga mau diet, padahal di US sana udah jarang banget kejadian kelaparan dan kurang gizi,,)πŸ˜›

    @ cK

    iya tuh,, ampe hampir 50 kilo lho,, edan betul!!!!

  9. 9 abdulsomad Juni 12, 2007 pukul 5:05 pm

    Assalamualikum wr wb
    makanya puasa

  10. 10 Ma!!! Juni 12, 2007 pukul 5:11 pm

    wa’alaikumsalam,,

    setuju wak!!

  11. 11 Master Li Juni 12, 2007 pukul 5:19 pm

    Bio lagi… Kagak ngarti…πŸ˜•

  12. 12 Ma!!! Juni 12, 2007 pukul 5:23 pm

    Shan In,, kalo Ma tiba tiba nulis tentang bahasa atau memasak,, malah tambah aneh kan,,
    πŸ˜›

  13. 13 Master Li Juni 12, 2007 pukul 6:03 pm

    Pokoknya bingung _ _

    Baidewei, saya ganti header dan buat halaman baru~
    *kabur*

  14. 14 ndarualqaz Juni 12, 2007 pukul 6:29 pm

    weleh, jadi hilang dung kesenangan ketika makan banyak nan lezat, dikit aja sudah kenyang

  15. 15 Mufti AM Juni 12, 2007 pukul 8:20 pm

    Wow, ngeri juga tuh lihat gambar yang di bypass. Yang namanya operasi jeroan dimana2 tetap aja bikin keder. Salam kenal nih…

  16. 16 apaan Juni 12, 2007 pukul 9:08 pm

    mending kurus pake cara ‘biasa’ ya.. olah raga dan diet.. duh, pake cara gini ngeri banget….

  17. 17 Ma!!! Juni 12, 2007 pukul 9:13 pm

    @ Shan In

    malah ngiklan!!πŸ˜•

    @ Ndaru

    Betul!! makan itu kebutuhan!!! menikmati makanan enak itu adalah makna kehidupan!!!πŸ˜†

    @ Mufti

    He eh,, serem,,

    salam kenal juga!!

    @ Ali

    hahahahaha,, satu lagi Li caranya, sakit demam berdarah,,πŸ˜›

    *lirik lirik Ali*

  18. 18 apaan Juni 12, 2007 pukul 9:40 pm

    @Ma

    hahaha… demam berdarah.. betulll!!!!πŸ™‚

  19. 19 Rifu Juni 12, 2007 pukul 10:21 pm

    itu yang RGB kalo duodenumnya dilewatin, enzim2 pencernaan yang yang dari pankreas dan kantong empedu perginya kemana? ato emang sengaja biar makanan tidak tercerna dan kurusnya tambah menjadi2?

    btw, gimana? ud baca2 fisiologi lagi? ditunggu jawabannya. *bener2 pengen tahu*

  20. 20 Ma!!! Juni 12, 2007 pukul 10:22 pm

    he eh,, biar ga dicerna,, katanya bisa ampe 80% lho yang ga tercerna,, edun!!! makanya bisa bahaya kalo ga dijaga bener bener badannya,,

    ntar ya Rifu,, tuntutan UAS nih,, tapi bakal tetep dicariin kok,, oke?

  21. 21 Rifu Juni 12, 2007 pukul 10:36 pm

    ntar ya Rifu,, tuntutan UAS nih,, tapi bakal tetep dicariin kok,, oke?

    siiiipppp!!!
    buat Ma, met ujian ya!!

  22. 22 cakmoki Juni 13, 2007 pukul 3:00 am

    Olah raga: lari pagi, sit-up, push-up, bersepeda … blogwalking *eh bukan ding*

  23. 23 Ma!!! Juni 13, 2007 pukul 5:23 am

    @ Rifu

    Makasih Rifu,,πŸ™‚

    @ cakmoki

    seandainya yang terakhir itu termasuk olah raga juga,, udah kurus deh Ma,,πŸ˜†

  24. 24 Rifu Juni 13, 2007 pukul 6:11 am

    sama2 Rizma..πŸ˜€

  25. 25 saRa Juni 13, 2007 pukul 7:49 am

    hoooo~,, itu ya isi perut orang yang gastric bypass,,
    ternyata cuma ‘indah’ diluar, tapi ‘neraka’ didalam,,
    he he
    makanya harus jaga keseimbangan, makan secukupnya
    dan kalo mau ngurusin badan, olahraga sesuai kebutuhan,,
    gitu kak,,
    lho kok?? (ga nyadar badan sendiri)
    hehe
    *sembunyi aaah, sebelum ditimpuk :P*

  26. 26 axireaxi Juni 13, 2007 pukul 10:43 am

    hmm, kalo bobot awalnya 48 kg trus susut 50 kg… wedeeh jadi apa ya?

  27. 27 Ma!!! Juni 13, 2007 pukul 1:56 pm

    @ SaRa

    hahahahahahaha,,, maksud kamu mo nyindir kak Ma,,??

    Bukannya dateng ke blog kakak tuh ya dipuji apa,,πŸ˜›

    *timpuk waktu kamu tidur ntar*πŸ˜›

    @ axireaxi

    hahahahaha,, kalo 48 kilo sih ga obese,, bisa ampe 150an kalo orang obese berat itu mas,,

  28. 28 9racehime Juni 14, 2007 pukul 11:21 am

    ya ampun serem bgt ngliat isi perut manusia yah,,
    ada2 aja sih org2 yg nglakuin yg kaya gmbr no2 itu?
    emg ga takut kualat krna udh ngotak-ngatik pemberian Tuhan?
    ma, meski bagus buat bikin cepet kurus, jgn ikut2an ya ma!πŸ™‚

  29. 29 Ma!!! Juni 14, 2007 pukul 12:42 pm

    hehehe,, serem ya Grace,,πŸ˜›

    he eh sih,, moga moga aja Ma ga naksir mo operasi itu,,πŸ™‚

  30. 30 Arie Juni 25, 2007 pukul 4:45 pm

    Wah, kaya yang di Grey Anatomy!!

    Tapi di situ diceritain si ortu-nya gak setuju, akhirnya bypass-nya harus dibuka lagi. Setelah diselidiki, ternyata si anaknya juga gak begitu mau di-bypass. Baru ketahuan ternyata dia tertekan oleh ibunya yang sangat terobsesi terhadap penampilan.

    Padahal anaknya sih pinter banget secara akademis.

    Sereeeem..

  31. 31 Rizma Juni 25, 2007 pukul 5:05 pm

    @ Arie

    Ma nonton episode itu!!!!πŸ˜€

    wah,, ada sesama fans Grey’s anatomy,,πŸ˜†

    salam kenal ya,,πŸ™‚

  32. 32 Arie Juni 26, 2007 pukul 1:45 pm

    Salam kenal juga yaa..
    Saya buka dari Ali, temen SMP saya.

  33. 33 Rizma Juni 26, 2007 pukul 1:51 pm

    Oooh, temennya Ali,, SMP 5 bandung kalo ga salah kan? CMIIW
    πŸ˜€

  34. 34 BaRT September 4, 2007 pukul 11:03 pm

    “No pain, No gain”
    Quote ini termasuk yang paling sering dipake buat memotivasi orang-orang yang pengen kurus. Cuma kadang-kadang kok berlebihan ya. Semua resiko “pain” diambil buat jadi lebih kurus. Termasuk mungkin gastric bypass ini.

    Btw,
    masalah GB ini pernah dibahas di salah satu episode nya “Oprah Winfrey Show”. Ada satu model di amrik sono, yang bermasalah dengan obesitas dan dia melakukan GB. Dan berhasil, dia jadi langsing, makin cantik dan terlihat bahagia. Eiiit tapi tunggu dulu, ternyata di belakang itu semua dia menderita. Sampai akhirnya dia jadi “alcoholic” -sebagai pelarian-. Sebab dia tersiksa setiap kali acara makan. Padahal nafsu makannya masih tinggi ….

    Kesimpulannya sih, mendingan gak usah aja deh. Pakai cara lain aja. Yang lebih realistis, manusiawi, dan sesuai fitrah. Misalnya olahraga plus nerapin diet kombinasi makanan (combining food).

    Kalau dipikir-pikir, diet satu ini gak nyiksa sama sekali. Gak ngurangin waktu makan or jumlah makanan. Cuma mengatur jenis makanan apa aja yang boleh dimakan.

    Males olahraga? Males diet (combining food)?
    Ya “no gain” laahπŸ™‚

    salam kenal buat MaπŸ™‚

  35. 35 Rizma September 5, 2007 pukul 1:36 pm

    he eh,, kalo emang dasarnya orangnya ga punya cara pandang yang bikin dia bahagia, mau udah kurus juga bakal tetep gitu ya,,πŸ™„

    eh tapi, ada penelitian baru baru ini yang bilang kalo buat orang yang sakit, option ini bisa bikin penurunan tingkat kematian lho,, Ma lupa kapan, ntar Ma cari lagi deh link-nya,,

    Tapi Ma setuju, no pain, no gain,,πŸ˜€
    Salam kenal juga,,

  36. 36 mang_oleh Maret 22, 2008 pukul 12:04 pm

    assalamualaikum…salam kenal
    wuih.. serem…juga…makanya pencegahan lebih baik dari pada oprasi…gimana ke caranaya gitu!puasa..olah raga dan jangan makan yang berlebihan..oce


  1. 1 saya bukan budak laki-laki! « De Nu of Me Lacak balik pada Juni 18, 2007 pukul 8:56 pm
  2. 2 Iklannya McD,, edan! « Ma-Me-Ma,, Just being Me!!!! Lacak balik pada Agustus 11, 2007 pukul 7:06 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 759,426 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?