Aritmia dan anti-Aritmia,,

Masih belajar buat ujian Farmakologi nih,, dan sekarang udah ganti bab nih, anti-aritmia!πŸ™‚

Aritmia itu keadaan dimana jantung kita memompa darah ga teratur, bisa jadi lebih cepat atau lambat (denyut jantung normal sekitar 60-100 kali per menit),, Sebagian aritmia ga ngeganggu penderitanya, karena itu cuma sebentar, atau dia memang selama ini udah aritmia, tanpa keluhan tapi sebagian aritmia yang lain bisa bahaya. Lumayan bahaya kan kalo sampai jadi kegawatdaruratan kedokteran, karena bisa kejadian henti jantung (cardiac arrest) dan kematian yang tiba tiba,,

Normalnya, gerakan jantung manusia dikontrol oleh area di bagian atas jantung, SA node namanya, yang ntar nganter impuls ke bagian bagian lain,,

Biasanya kejadian aritmia itu karena gangguan di kontrol jantung itu, ada yang namanya Wolff-Parkinson-White Syndrome (WPW), kalo kata dosen Fisio Ma, itu kaya orang Indonesia kalo lagi nyolong antrian,, lompat lompat dari barisan barisan antrian,,πŸ˜› ,, Jadi impulsnya lompat lompat, yang harusnya ngikut secara teratur,, jadinya terlalu cepet nyampe ke bagian bagian lain,, Selain itu ada Atrial Fibrilasi, kejadian AF ini karena adanya rangsangan tidak beraturan dari dua atrium,, Untungnya, ga semua rangsang dari atrium bakal diteruskan ke ventikel, kalo ga bisa kejadian Ventrikel Fibrilasi,, yang lebih bahaya dari AF,, AF itu bisa nyebabin stroke lho,, Karena atriumnya dipomba terus terusan, banyak sisa darah yang ngendep di sana, jadi thrombus deh,, ntar kalo itu thrombus jalan jalan di pembuluh darah,, apalagi yang kecil,, bisa nyangkut,, (dan salah satu pembuluh darah yang lumayan kecil itu pembuluh darah otak),, jadi stroke deh,,

Buat yang mau liat mekanismenya,, ada di sini,, selamat belajar!!

Ya,, pandahuluan selesai,,

Berhubung Ma mau ujian Farmakologi, jadi yang dibahas itu obat obatnya (FYI, yang ngajar dr Suryadi Natadipura),, Jenis obat obat anti-Aritmia disesuaikan sama jenis aritmia-nya (yang lebih banyak dari 2 contoh di atas tadi) dan mekanisme kerjanya,,

Obat obatnya nih!! (Ada penggolongannya, menurut Vaughan William )

1. Kelas I : Hambatan Saluran Natrium

  • Memperpanjang Potensial Aksi
  • Mengurangi Laju Depolarisasi
  • Kerja di antara keduanya,,

Kalo menurut Ma ribet banget poin poin itu,,

Intinya saluran natrium itu fungsinya buat ngebikin ion natrium lewat dan menghasilkan potensial aksi (pengantaran impuls), yang bikin kontraksi otot jantung, jadi kalo saluran itu dihambat, juga memperbaiki bisa menurunkan kecepatan transmisi potensial aksi (biar lambet,, jadi ga takikardi lagi),, dan ga mempengaruhi SA Node, karena yang diutak utik itu Natriumnya (di fase 0) dan sel SA node jalur depolarisasi-nya dipengaruhi sama Kalsium,, dan juga bisa memperbaiki aritmia karena re-entry,, bagus banget buat keadaan aritmia dengan takikardi (ventrikular takiaritmia dan supraventrikular takiaritmia)

Na-K-Cl,,

2. Kelas II : Hambatan Efek Simpatis pada Jantung

Pakenya beta-bloker, terutama buat b1-adrenoceptor,, Syaraf Simpatis bisa meningkatkan otomatisitas SA Node dengan ningkatin aliran pacemaker,, juga ningkatin kecepatan konduksi di AV node,, makanya diblok,, jadi bisa nurunin denyut nadi, kontraksi juga bisa dikurangi (kasian tuh jantungnya,,πŸ˜› ), juga bisa memperbaiki aritmia karena re-entry, banyak gunanya ya,,πŸ™‚

Beta bloker

3. Kelas III: Hambatan Saluran Kalium

Nah lho,, yang ini mirip sama yang nomer 1, gambarnya juga sama,, bedanya cuma tempat kerjanya,, di sini kerjanya di fase 3,, (Natrium di fase 0 kan,,) jadi ntar jadinya memperlambat repolarisasi,, yang akhirnya sama,, waktu transmisi potensial aksi jadi lama dan merpanjangan periode refrakter juga,, Iyyeeey! tambahan,, sama juga kaya yang lain,, bisa menghilangkan gangguan dari re-entry!!!

4. Kelas IV: Hambatan Saluran Kalsium

Kalo yang ini,, jelas aja,, di no 1 udah ditulis kalo SA Node sangat dipengaruhi oleh Kalsium,, jadi kalo Kalsiumnya diblok, firing rate-nya pacemaker yang ngeganggu jadi berkurang, juga bikin kecepatan konduksi jadi turun,,πŸ™‚ ada satu lagi efeknya,, tebak?? bener! bisa menghilangkan gangguan dari re-entry!!! semua ngilangin re-entry!!!
YUP!! that’s it,, Sebenernya ini bates bahan yang Ma suka,,😦 Sisanya,, nama nama obatnya, indikasi, kontraindikasinya,, Males ngapaal!!!!! Help!!!

—————————————————————

Referensi

Kuliah dr Suryadi Natadipura

Aritmia?? lengkap!

Gilee,, banyak betul penjelasannya,,

52 Responses to “Aritmia dan anti-Aritmia,,”


  1. 1 Shan-in Lee Mei 28, 2007 pukul 10:38 am

    PERTAMAX!!

    Super duper nggak fahamm…!πŸ˜†

  2. 2 Mina (malas Login) Mei 28, 2007 pukul 10:58 am

    istilah -istilah yang enggak ngerti deh o.O

    tapi, semangat terus ya!!!
    semangat!!!

  3. 3 VLa'' Mei 28, 2007 pukul 11:00 am

    *hahahahh..

    boleh2…
    tingkatkan kak ma..
    ^_*

  4. 4 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 11:02 am

    ckckck,, di-pertamax-in,,

    @ mbak mina

    Mbak, kalo di-indonesia-in,, Ma jadi ikut bingung,, kacaw begini,,πŸ™‚

    @ Fella

    Hahaha juga ah,,

    tingkatkan?? diusahakan,,πŸ˜›

    gimana persentasi?? sukses??? wish you the best luck!

  5. 5 9racehime Mei 28, 2007 pukul 11:22 am

    aduh…ga ngerti istilah kedokteran dan farmasi….

  6. 6 cakmoki Mei 28, 2007 pukul 12:19 pm

    Hayo males ngapalπŸ˜‰
    Harus Ma, Pokoke β„’ harus hapalπŸ˜›
    Siiip !!!

  7. 7 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 12:22 pm

    @ 9racehime

    maapkan,,

    @ cakmoki

    Ihh,, malesnya ngapal itu,,

    lho,, katanya jemput anak cak??

  8. 8 da_drumz Mei 28, 2007 pukul 3:41 pm

    bsk ujian 2 biji, sy mlh ngenet,, blm dpt moodnya, heheh.. eh ma bikin blog yg isinya diktat tp bahasanya lbh enak dibaca (bhs diktat biasanya kaku, tegang, dan menyeramkan plus membosankan buat sy, hehe) jd mau ga mau bljr jg nih.. thanks yah ma! sering2 aja bikin blog yg bgini, cb dr dulu ma bikin kumpulan intisari diktat created by ma, hehe. tp kasian jg para “pemirsa” yg bkn anak fk, definisi istilah kedokterannya dicantumkan jg kl bisa.. tp dah bgs kok, jd lbh ringan bacanya. makasih ma.. hwhw

  9. 9 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 3:47 pm

    sama sama Disa,,

    Ma terharu,, terharu sekali,,!!

    *Tisu,, mana tisu!!!*

    Iyah,, Ma juga jadi belajar gara gara ini,, untungnya dua kali,, Ma seneng, pelajarannya masuk tanpa paksaan,,πŸ˜›

    Senang!!!!!!

    Jeng Disa,, makasiihh!!!!!

  10. 10 Lia Mei 28, 2007 pukul 4:22 pm

    Aduh, belajar? Ma? belajar?
    Rekam! foto!! abadikan!!!

    Sukses ya Ma ujiannya *Muuach!*

  11. 11 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 4:24 pm

    DAMN!!

    Hehehehehehehehehe,, Iya nih,, Ma belajar!!

    ckckck,, Ma ini,, susah amat ya mau belajar aja,,πŸ˜›

  12. 13 cK Mei 28, 2007 pukul 4:27 pm

    . . . . . . .
    *nanya kakak yang di kedokteran*

  13. 14 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 5:20 pm

    @ DeBe

    gapapa,, kayanya Ma yang kurang dimengerti bahasanya,,πŸ™‚

    btw,, itu nick-nya aneh,,

    @ Chika

    hehehe,,

    Kakaknya pasti lebih pinter daripada Ma,,πŸ˜›

  14. 15 mina Mei 28, 2007 pukul 8:06 pm

    antiaritmia memang susahπŸ™‚ gambar di atas tuh digabungin sama tabel mekanisme kerja semua antiaritmia berbasis saluran ion dan reseptor yang ada di buku Molecular Pharmacology, bikin mudah ngapal mekanisme obatnya, Ma.

  15. 16 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 8:08 pm

    Iyah,, lumayan susah emang mbak,, untung aja Ma suka,,

    kalo ga,, ga bakal dibela belain deh,,πŸ˜›

  16. 17 fertobhades Mei 28, 2007 pukul 9:48 pm

    Orangtua saya (Bapak) pernah kena aritmia, dan akhirnya berobat ke RSJ Harapan Kita, dan akhirnya sembuh. Juga dikasih banyak obat (nggak ngerti apa aja obatnya)πŸ™‚

    *thanks atas infonya Ma… *
    *semoga ujiannya sukses, Amin… eh nggak A-Min, A-Plus aja deh*πŸ™‚

  17. 18 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 9:53 pm

    Wah,, sama sama,, (jadi malu,,)πŸ™‚

    Ma sih B juga udah bersyukur banget!!!

  18. 19 anas Mei 28, 2007 pukul 10:41 pm

    ,,,,,………..karena bisa kejadian henti jantung (cardiac arrest) dan kematian yang tiba tiba,,

    Hi serem, apa hal ini merupakan penyakit ato apa sih Ma ?

  19. 20 Rizma Adlia Mei 28, 2007 pukul 10:54 pm

    bukan penyakit sih,, tapi keadaan yang jantungnya stop,, tiba tiba,, yang kalo di film film itu,, langsung pake defibrilator buat ‘ngidupin’nya lagi,,

    Jadi inget wadehel kalo bilang ‘idup’-‘mati’,,

    • 21 whie niez Agustus 3, 2010 pukul 4:36 pm

      truz kak,..
      kta’a kopi dapat ngurangi t’jadi’a aritmia y ???

      bkan’a kopi mengandung sejenis nikotin,. yang mna klo k’canduan bisa mengakibatkan semakin cepat’a denyut jantung???
      ..
      mohon penjelasan’a..

  20. 22 ririn Oktober 10, 2007 pukul 12:05 pm

    Thanks ya Ma..
    Saya penderita Aritmia yang baru aja paham tentang Aritmia…
    baru seminggu yang lalu divonis aritmia :p
    Padahal umur baru 27an, n masih bekerja aktif…
    Tolong diinform terus ya kalo ada perkembangan tentang therapy, olah raga ya cocok buat kami sekeluarga, secara sekeluarga aritmia semua….

    Jadi penjelasan dokter masih bikin saya bingung…..:P
    Thanks untuk kontribusinya buat kami penderita AritmiaπŸ™‚

    Ririn
    Yogyakarta
    agnesadesmart@yahoo.com

  21. 23 Rizma Oktober 10, 2007 pukul 12:08 pm

    Wah, sama sama mbak,,πŸ˜€
    seneng bisa ngebantu, eh Ma juga aritmia lho, tapi kalo ga ada keluhan sih gapapa katanya,,

  22. 24 secondprince November 9, 2007 pukul 10:33 am

    hooo ada juga tulisan ini toh
    saya baru lihat
    bagus-bagus
    banyak yang suka kayaknya

  23. 25 Rizma November 9, 2007 pukul 10:47 am

    Hahahahaha, ga juga kok Bharma,,πŸ˜›
    Kalo Bharma yang nulis pasti lebih bagus,,

  24. 26 aribaskara Januari 15, 2008 pukul 7:51 pm

    keren euy…bikin blog sendiri…isinya ttg mata kul////

    thx gwa dah dpt bahan kul gratis…

    moga blog ini di hitung Allah SWT sebagai amal jariyah…amin…

  25. 27 Rizma Januari 15, 2008 pukul 8:08 pm

    Makasiiih,, Ma jadi flattered,,πŸ˜›

  26. 28 ndarualqaz Februari 28, 2008 pukul 11:44 pm

    Jadi, apakah lebih-cepatnya detak jantung ketika saya akan bertemu si-Dia juga termasuk Aritmia? Berbahayakah?

  27. 29 Rizma Februari 28, 2008 pukul 11:51 pm

    Ga bahaya kok,, Yang itu sih dinikmati aja,, ^^

  28. 30 ncomputing - penganti pc April 5, 2008 pukul 2:46 pm

    gak paham,,,apa seh????…..yahh…apapun itu moga sukses deh….!!!

  29. 31 putri Juli 31, 2008 pukul 4:56 pm

    helloww…
    lam knal yah..

    btw ma anak fa ato fk ni?angakatan brp?
    sy anak fa itb
    n bsok ada ujian farmol..
    lumayan nih antiaritmia ny..soalnya di diktat kuliah sy ga ada.. tp kadang2 dosen suka ngasi soal gt.. n mekanisme nya juga..

    sukses yaa!!

  30. 32 Rizma Agustus 20, 2008 pukul 8:09 pm

    Wah, jadi seneng nih bisa bantu bantu Putri,,πŸ˜€

  31. 33 gaptek Agustus 21, 2008 pukul 12:33 pm

    ada hubungannya dengan buah pisang ga sist?
    apakah ada batasan atau mungkin pantangan mengkonsumsi buah pisang bagi penderita aritmia?

    ditunggu infonya yak sist… syukran.

  32. 34 denden Agustus 21, 2008 pukul 6:04 pm

    thanks 4 infonya ya ma..
    saya juga ada aritmia..tapi ga tau yang bahaya ato yang ngga..
    salam kenal…

  33. 35 Rizma Agustus 21, 2008 pukul 8:21 pm

    @ Gaptek
    Kalo Ma ga salah, pisang itu Kalium-nya banyak, jadi kalo dipikir kebanyakan makan pisang bisa bahaya, mungkin aja. Tapi kan itu dimetabolisme dulu, dan kayanya sebelom makan pisang sebanyak itu, kita udah mual deh,,πŸ˜€

    @ Denden
    Moga moga ga apa apa deh,, Ma juga gitu masalahnya,,πŸ˜€

  34. 36 rifu Agustus 21, 2008 pukul 10:11 pm

    eh Ma, aritmia itu ada faktor genetiknya?

  35. 37 gaptek Agustus 22, 2008 pukul 1:48 am

    syukran buat replynya sist…

    yup kmrn sempet baca2 ttg manfaat buah pisang untuk tubuh (ternyata banyak banget loh sist), tp setelah itu ga sengaja diskusi sama temen yang aga “ngerti”. sempet kaget juga pas tau kl penderita aritmia bisa ko’it krn hiperkalemia gara2 mengkonsumsi buah pisang dlm jumlah cukup banyak.
    hmmm… tapi bukan berarti pantangan khan sist? soalnya temen ga ngebahas untuk proses metabolismenya.

  36. 38 Rizma Agustus 22, 2008 pukul 9:01 am

    @ Rifu
    Genetik? Ada sih penyakit jantung yang genetik, dan kalo aritmia/disritmia itu gejala dari penyakit itu, bisa dibilang genetik juga kan,,

    @ Gaptek
    Yep, kurang lebih gitu deh,,πŸ˜€
    Bukan pantangan kok, kan pada dasarnya makanan minuman apapun juga ga boleh kebanyakan,,πŸ˜›

  37. 39 rifu Agustus 22, 2008 pukul 9:58 am

    jadi aritmia itu sekadar simptom? sama kayak demam atau hidung tersumbat?

  38. 40 gaptek Agustus 23, 2008 pukul 9:23 pm

    gimana kl kabanyakan minum air putih sist? selain perut terasa kembung, ada efek samping yang lain ga?

  39. 41 Wahyudin Oktober 14, 2008 pukul 10:56 am

    Aritmia apa bisa diterapi dengan akupuntur ?

  40. 42 ryan Oktober 28, 2008 pukul 9:16 pm

    waaaaaahhh…makasih banyak bwt penjelasannya..kereeen,,
    jadi bisa ngerjain tugas ttg aritmia niyπŸ™‚

  41. 43 Rizma Oktober 30, 2008 pukul 4:55 pm

    @ Rifu
    Kurang lebih, sama kaya mencret, which is gejala,,

    @ Gaptek
    Jadi mau pipis terus?πŸ˜›

    @ Wahyudin
    Waaaaaaaaaah,, Ma ga tau kalo yang itu,,πŸ˜›

    @ Ryan
    Makasih juga Ryan, moga moga bisa membantu,,πŸ˜€

  42. 44 anak kaltim Desember 6, 2008 pukul 11:10 am

    wew, enk bngt bhsanya. Beda bngt ma yg da di farmakologi n terapi yg aneh dan susah bwt di pahami. Untung dpt neh situs, jg bsa krjakn tugas farmakologi n skalian bsa ngerti jg. Thax bngt yo,,,^_^

  43. 45 71mm0 Desember 7, 2008 pukul 5:52 pm

    Hueh..bu dokter y? Bisa Kerjasama neh…πŸ˜€

    sehatkan kembali bangsa ini!!

    Salam kenal ya..
    71mm0’s Day
    Pharmacy’s WEBLog

  44. 47 Puu Juni 1, 2009 pukul 7:32 am

    Mkasih bgt, bhasax mudah dipahami….
    Jadi lebh enak kerjain tugasx….

  45. 48 Rizma Juni 2, 2009 pukul 7:12 pm

    Aih aih, makasih semuanya. ^^

  46. 49 nelvia Desember 13, 2009 pukul 5:13 am

    ga bisa d delete tuh aritmia??? rsnya sakit boo’

  47. 50 NitR Mei 7, 2010 pukul 7:41 am

    aduh.. ini mah keadaanku.. jantungku cepet nih, padahal gak ngapa”in. 2 hari yg lalu saking cepet n bikin sesak, kurang oksigen.. sampe dibawa ke UGD rumah sakit jantung.
    udah dicek tapi katanya jantungku sehat koq. apa mungkin aku aritmia?? >,< kan masih muda.. masa' sih bisa ada problem jantung begitu?
    sis, blh minta anjuran"nya??..πŸ™‚
    anyway, makacii artikelnya..

  48. 51 tety Desember 10, 2010 pukul 3:02 am

    halo…bisa ga penderita aritmia terapi selain obat kimia? tq


  1. 1 Tentang Aritmia dan anti-Aritmia « The Unofficial Site of FK Unsri Lacak balik pada Mei 28, 2007 pukul 11:21 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 757,648 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?