Kalo udah jadi dokter nih,, terus??

Ternyata banyak juga yang bisa kita pilih begitu kita udah jadi dokter,, bisa jadi spesialis (PTT dulu tapi!!),, (yang artinya bakal kuliah lagi), bisa langsung praktek aja (Lagi lagi,, PTT dulu!), ambil S2 yang berhubungan sama kedokteran, medis ataupun adminsitrasi,, jadi peneliti!! jadi dosen,, (bisa setelah ambil spesialis ato S2 laennya),, dokter keluarga,, (yang sekarang kabar kabarnya lagi musim),, lumayan variatif kan,,

spesialis aja macem macem jenisnya!!

Spesialis

Jadi spesialis juga ada macem macem jenisnya,, waktu buat jadi spesialisnya juga beda beda,, bisa dari 3,5 tahun ampe 5 tahun,, (harganya juga beda beda!) belom pake nambah K-nya itu,, (Konsulen),, bakal lebih lama lagi,,

yang ditebelin itu yang ada di FK Unsri spesialisnya,, (moga moga udah lengkap)

  • Sp.A – spesialis anak
  • Sp.An – spesialis anastesi
  • Sp.And – spesialis andrologi
  • Sp.B – spesialis bedah umum
    • Sp.B.Onk – spesialis bedah onkologi
    • Sp.BA – spesialis bedah anak
    • Sp.BO – spesialis bedah orthopedi
    • Sp.BM – spesialis bedah mulut
    • Sp.BP – spesialis bedah plastik
    • Sp.BS – spesialis bedah syaraf
    • Sp.BU – spesialis bedah urologi
  • Sp.F – spesialis kedokteran forensik
  • Sp.G – spesialis gizi
  • Sp.GK – spesialis gizi klinik
  • Sp.JP – spesialis jantung dan pembuluh darah
  • Sp.KG – spesialis konservasi gigi (termasuk penambalan dan perawatan urat saraf gigi)
  • Sp.KGA – spesialis kedokteran gigi anak
  • Sp.KJ – spesialis kesehatan jiwa
  • Sp.KK – spesialis penyakit kulit dan kelamin (dermatologi)
  • Sp.KN – spesialis kedokteran nuklir
  • Sp.KO – spesialis kedokteran olahraga
  • Sp.KP – spesialis kedokteran penerbangan
  • Sp.M – spesialis mata
  • Sp.MK – spesialis mikrobiologi klinik
  • Sp.Ort – spesialis orthodonti (meratakan gigi)
  • Sp.OG – spesialis obstetri ginekologi (kebidanan dan kandungan)
  • Sp.OT – spesialis bedah orthopaedi dan traumatologi
  • Sp.P – spesialis paru (pulmonologi)
  • Sp.Perio – spesialis periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi)
  • Sp.PA – spesialis patologi anatomi
  • Sp.PD – spesialis penyakit dalam
  • Sp.PK – spesialis patologi klinik
  • Sp.Pros – spesialis prostodonti (spesialis gigi tiruan, termasuk gigi tiruan lepasan, cekat dan implan)
  • Sp.Rad/Sp.R – spesialis radiologi
  • Sp.RM – spesialis rehabilitasi medik
  • Sp.S – spesialis saraf (neurologi)
  • Sp.THT-KL – spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher
  • Sp.U – Spesialis urologi

S2 yang berhubungan sama kedokteran

  • M.Biomed – Magister Biologi Medik
  • MARS – Magister Rumah Sakit
  • MPH – Magister of Public Health
  • Magister K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
  • Magister Epidemiologi

Macem macem banget,, nge-definisiin satu satu juga susaahh,, 🙂 ,, Ma kayanya jadi ibu rumah tangga aja deh,, 🙂 hehehehehe,,

Iklan

20 Responses to “Kalo udah jadi dokter nih,, terus??”


  1. 1 Amilya April 12, 2007 pukul 3:23 pm

    waa,,,,
    banyak bgt ya ternyata spesialisasi itu…padahal kepingin..
    tp pst terantuk mslh biaya duh puciing..
    hehe,,gmn ni??mw bayarin kak?aciik…

  2. 2 Rizma Adlia April 12, 2007 pukul 3:24 pm

    hahahahaha,, ngebayarin Ma sendiri aja blom mampu,, jadi dokter susah ya,, hiks,,

  3. 3 VLa'' April 12, 2007 pukul 9:10 pm

    kalo Sp.FK apa kak????

    farmakologi klinik bukan???? ;p

    heheh..

    ituwh yang diBOLD knpa kak??
    yang mayor y kak???

    hohoh..
    spertinya saiia minat di OBGIN..tapi gak bisa nyantai..kuliahnya jg susah…OBGIN t’masuk mayor kan?!!!

    ato Sp.KK aja y…?!!
    whatever de..ni aja bru smestr 2..udah mikirin spesialis..gaya bener..!! Halah..halah..

    insya allah..kalo kesampean..doain aja kak 🙂

  4. 4 Rizma Adlia April 12, 2007 pukul 9:11 pm

    yang diblok yang ada di Unsri, cinta,, hehehehehe,,

  5. 5 dwi April 12, 2007 pukul 9:29 pm

    kalo wi si prefer Sp.PD
    => spesialis PerDukunan
    hwehehehe

  6. 6 cakmoki April 14, 2007 pukul 12:36 am

    Seingat saya spesialis ada 2 golongan besar.
    Spesialis umum dan spesialis Tidak Umum, hehehe *becanda*

    Moga tercapai cita-citanya 😀

  7. 7 Rizma Adlia April 14, 2007 pukul 9:02 am

    Amin,, tapi kok Ma ga niat jadi spesialis ya,, hmm,,

  8. 8 junthit April 14, 2007 pukul 11:41 pm

    Bukan gak niat , mungkin cuma belum niat ..

  9. 9 if04.... April 18, 2007 pukul 12:49 pm

    hmmmmmmm ribeeeet y kykny….
    tp jiayooou trz….. nanggung jg klo jd lemeeez di fak.org2 aneeeh ini..heheeeeee

  10. 10 sibermedik Juni 12, 2007 pukul 1:19 pm

    Beginilah..nasib jadi dokter..Sekolah melulu…
    Kadang pingin bgt jadi kayak Hunter “Patch” Admas…iya!!! yg bener2 pgn mbantu orang untuk sembuh..
    Notes: “DOCTOR, HEAL YOURSELF!!!!”

  11. 11 shinobigatakutmati Juni 18, 2007 pukul 7:54 am

    hahahhaa…. kayaknya Ma ngelupain satu gelar:

    Sp.H (baca: eSpeHa atau “Sepaha”)

    alias dokter spesialis Hewan (ada ga sih?) ^ ^

    atau Sp.t (baca: eSpete atau “Sepet”)
    alias spesialis ternak ^ ^ (padahal arti sebenarnya sarjana peternakan ~(-_-~) (~-_-)~ )

    heheh ^ ^

  12. 12 Rizma Juni 18, 2007 pukul 2:26 pm

    Hahahahhahaha juga,, 😀

    dokter hewan itu dari awal udah beda,, kaya dokter gigi,, hehehehehe,,

    wooi,, itu Gunyu-nya Shan In,, pake te-em dong,, 😆

  13. 13 tere Desember 3, 2008 pukul 2:52 pm

    saya mau tanya…bedanya spesialis gizi klinik dan spesialis gizi doang apa ya ? trus apa bisa minta informasi dimana universitas yang ada spesialis gizi nya … mohon bantuannya yah…terima kasih sebelumnya

  14. 14 dr.sukma sahadewa September 7, 2009 pukul 12:32 pm

    halow.
    tenaga dokter adalah tenaga yang mulia.

  15. 15 darsuna Juni 18, 2010 pukul 6:48 pm

    kak ma… kayaknya aq berminat ngambil MARS kak..setelah aq pikir2 cita2 ku menjadi Sp.OG kayaknya ga mungkin deh, susah klo bwt cewek klo nanti udah berkeluarga.. hwahahha 🙂
    Sp.THT ga mungkin juga krn telinga saya congekan..heheheheh..

    sebenarnya alasan yg paling krusial menjadi residen itu ga cuma harus siapin uang dan otak, tapi juga mental super duper baja supaya tegar hingga tamat..

    infonya donk kak… biayanya brp klo MARS di UI..?enak ga?

    ortu aq juga udah ngebolehin abis tamat ngambil MARS, ga terlalu berharap lagi aq langsung jadi residen… 🙂

  16. 17 Ferry Juni 28, 2010 pukul 6:48 am

    Adik2 ku tersayang…

    yang penting kita tau dulu dengan pasti apa sih TUJUAN menjadi seorang dokter. Menolong? (tapi koq pake duit yaa..) cari uang??? (bukan disini tempatnya)di suruh ortu??? ikut2an??? titel yang bergengsi??? atau memang keinginan sendiri???

    Jujur aja saya prihatin dengan perilaku Ts2 sekarang ini ga semua tapi mayoritas banyak yang suka meras pasien dg menyuruh periksa ini itu yang ga ada indikasi nya, dikit2 pasien di suruh operasi, belum lagi meresepkan obat dengan iming2 di bayarin seminar ke luar negri dan yang paling menyedihkan banyak kasus mal praktek yang merebak..

    Coba direnunkan dengan baik karena perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh keyakinannya.
    Sebenarnya pekerjaan sebagai seorang dokter sangat banyak manfaat nya untuk sesama. Mengobati pasien secara holostik jasmani dan rohaninya sudah jarang dilakukan, kita ga pernah mau mendengarkan pasien dan hanya mengobati simptomnya saja padahal 50% penyakit tidak perlu dikasih obat kalau seorang dokter mau menyediakan diri nya sebagai “keranjang sampah” utk dengerin unek2 dan sumpah serapahnya pasien, sekarang ini dokter banyak yang sudah budek n hati nuraninya ga pernah dipake, mereka hanya bekerja secara otomatis dlm rutinitas se hari2nya

    Mau jadi dokter seperti apakah kita??? pilihan ada pada diri kita masing2.

    Itu saja sharing dari saya barangkali ada manfaatnya yaa apapun profesi yang akan di ambil kalau dengan hati yang ikhlas akan terasa menyenangkan ” Be The Light For Other”

    salam, Fery L


  1. 1 xe o to toyota Lacak balik pada Oktober 16, 2014 pukul 5:23 am
  2. 2 gia xe toyota lexus Lacak balik pada Oktober 21, 2014 pukul 3:25 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 782,201 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?