Permasalahan ‘ga ilmiah’!!

Hari hari KKJ PDL (penyakit dalam) yang awalnya Ma mulai dengan ogah ogahan banget skarang udah mendingan,, udah mulai pewe aja rasanya,, seneng juga ada di PDL, ternyata pasiennya juga banyak yang lucu lucu, baik baik dll,, 🙂

tapi ada kakak menyebalkan!

Tapi ada event yang lumayan aneh kejadian hari ini,, kan ada pasien di RC yang kena tipes, dan udah lama, sekitar 2 minggu dia udah di RSMH, dan belom pulang pulang,, kmaren waktu Ma masih giliran di RC, Ma sama Dini ngisi status tentang ibu itu, skarang Ma udah di RA, tapi Ma suka iseng iseng ke RC ngeliat pasien pasiennya, mana yang udah pulang, mana yang masih di sana, tambah parah apa udah mau pulang,, gitu gitu deh,, (ga penting banget ya,, hehehe,,)

Ternyata, ibu itu masih di sana, dan jadi pasiennya Jojo and Devi hari ini, Ma liat statusnya mereka terus ngobrol ngobrol tentang itu,, Devi nanya apa bising usus bisa ningkat, dan kalo ga salah bising usus emang ningkat kalo lagi tipes,, terus Ma cerita kalo dulu Ma waktu SMA pernah tipes, terus mama-Ma bilang kalo tipes itu ada korengnya di usus,, kalo ga diobatin ntar ususnya bisa bolong dan harus dioperasi, dan tiba tiba, ada kakak KKS (koas senior) yang lagi duduk di sana, dengan heartlessnya ngomong,, “Koreng, dak ilmiah nian bahasonyo,,” terus Ma juga bilang waktu Ma tipes juga pernah bunyi bunyi ga jelas perutnya padahal ga laper,, dan dia lagi lagi bilang “Laper bae kalu kau tuh Ma,,” jelas jelas Ma bilang kalo Ma saat itu lagi ga laper, masa Ma ga bisa bedain laper atau ngga,, ga sopan banget ngomong kaya gitu, padahal ternyata dia dan yang laen juga banyak yang ga tau kalo tipes itu bisa bikin kaya gitu,, kan emang tipes itu lukanya di usus, di Plaque Payeri-nya, terus ada kumannya,, itu bahasa orang kampungnya emang koreng, kan tiap orang ga perlu ngegunain terminologi kedokteran terus, emang waktu Ma kelas 2 SMA ngerti artinya ulkus, ato perforasi,, makanya Mama bilangnya gitu,, bukan artinya kampungan ato ga ilmiah, tapi menyesuaikan,, dan FYI, Mama-Ma itu dokter,, udah 20 taun dia jadi dokter,, bener bener deh,,, emang kita ngomong sama pasien pake terminologi kedokteran,,?? ngga kan,, ngomong kan pake bahasa dia,, masa ngomong pipis atau kencing harus pake “urinnya gimana?” atau “BAKnya gimana?” mana ngerti orang,,

Kayanya Ma ngerti mereka capek gara gara jaga atau mau case atau cape aja,, tapi, tetep aja,, pake aja waktunya buat tidur ato makan aja kalo cape,, hehehehehe,,, kalo makan sih ide dari Ma yang dilandaskan akan hobiku,, ^^

Aduhh,,, manusia,, manusia,,
Nb,,

Ini ma dapet definisi dari typhoid fever

serious infection marked by intestinal inflammation and ulceration; caused by Salmonella typhosa ingested with food or water

tuh,, itu bahasa yang keren keren,, artinya,, ususnya luka,, dan koreng!!!!! ^^

Iklan

2 Responses to “Permasalahan ‘ga ilmiah’!!”


  1. 1 mina April 13, 2007 pukul 3:46 pm

    setuju, Ma (btw, your name siapa sih…. kok rasa manggil my mom hehehehe)! dalam komunikasi dokter-pasien, kita pake bahasa gaul, eh maksudnya bahasa yang dimengerti pasien. kalo pasiennya menunjukkan dia ngerti (model pasien gini biasanya pertanyaannya disengaja pake istilah2 medis), baru kita ngomongnya medis 🙂 gak usah dipikirin Ma orang itu, asal kita jangan ikutan gitu.

  2. 2 Rizma Adlia April 13, 2007 pukul 4:03 pm

    Namanya Rizma,, tapi biasanya dipanggil dan memanggil diri sendiri Ma,, hehe,, 🙂

    Tau tuh,, padahal malah harus ngerti bahasa-entah-apaan-itu biar bisa nangkep anamnesisnya,, mau nanya BAB, Urin,,?? bisa digigit sama keluarga pasien ntar Ma,, 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat datang!!

Rizma Adlia Syakurah,

Ini semua tentang Ma dan hal hal yang berputar disekeliling Ma.
tentang seorang Ma.

Mau nge-OOT, sini aja.

Kumpulan Foto,,

Quote yang Ma suka!

Blog fave-nya Ma!!

Kategori!!

Kumpulan cerita Ma,,

Hasil ronde,,

Edan banget, yet, I Love it,,!!

web stats

Makasih banget buat

  • 820,161 orang

Just an encouragement,,

Hindari rokok sebisanya. Sudah merokok? Merokoklah dengan manusiawi.
Di sini anti rokok mas/mbak,,
mari dimatikan rokoknya,,

Berdiskusilah secara dewasa...
Ga terima ad Hominem!
terimanya duit dan makanan,,

Lembar Verifikasi?